BAHASA | ENGLISH | 中国
PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN

Apakah yang dimaksud dengan tidak subur ?


Menurut kamus kedokteran Merriam Webster bahwa ketidak-suburan diartikan sebagai ketidak mampuan pasangan suami istri mencapai kehamilan setelah selama 1 tahun lebih berhubungan secara alami tanpa penggunaan alat kontrasepsi. Wanita yang berhasil hamil namun kemudian mengalami keguguran dapat juga digolongkan tidak subur. Hal ini disebabkan organ reproduksi tidak berfungsi secara normal. Pada pria hal ini dapat disebabkan karena minimnya kuantitas dan kualitas sperma, sedangkan pada wanita dapat disebabkan tersumbatnya saluran rahim atau dikarenakan jumlah dan kualitas sel telur yang dihasilkan.

 

Apakah penyebab ketidaksuburan ?


Data statistik menyebutkan bahwa:

  • Sepertiga kasus ketidaksuburan berasal dari pihak wanita, misalnya disebabkan tidak teraturnya siklus haid atau dikarenakan penyumbatan pada saluran ovarium menuju rahim.
  • Sepertiga kasus berasal dari pihak pria, sebagai contoh disebabkan kualitas sperma yang tidak baik dalam bentuk dan kelincahan pergerakan, sedikitnya jumlah atau tidak ada sama sekali sperma, dan disfungsi ereksi.
  • Sepertiga kasus disebabkan oleh kombinasi antara yang dialami oleh pria dan wanita yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya lebih lanjut.

Terdapat juga kondisi yang disebut sebagai infertilitas sekunder, dimana pasien mengalami kesulitan untuk hamil untuk kedua kalinya, kendati pasien sudah memiliki anak dari kehamilan sebelumnya.

 

Apakah penyebab ketidaksuburan pada wanita ?


Ketidaksuburan pada wanita dapat berhubungan dengan masalah ovulasi, hambatan saat konsepsi antara sel telur dengan sel sperma, kesulitan pada tahap pembuahan, sedikitnya hormon yang diperlukan untuk terjadinya konsepsi, penyimpangan sistem hormon, atau kombinasi dari hal tersebut diatas. Diperlukan diagnosa mendalam untuk menentukan faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksuburan.

 

Bagaimana faktor usia dapat mempengaruhi kesuburan ?


Sejalan dengan bertambahnya usia, derajat kesuburan seseorang justru sebaliknya cenderung disebabkan faktor kekuatan fisik. Ketika seorang wanita memasuki usia menopause, secara normal kehamilan sangat sulit terjadi terkecuali dengan mungkin bantuan perawatan kesuburan. Memasuki masa menopause, ovarium mulai berhenti memproduksi sel telur hingga kemudian berhenti sama sekali.
Beberapa hal yang mungkin terjadi pada wanita seiring bertambah usianya:

  • Semakin sedikit jumlah sel telur yang dihasilkan, hingga sama sekali nol produksi
  • Kualitas sel telur dalam ovaruim menurun.
  • Kemampuan telur untuk dibuahi menurun, sehinga memperkecil peluang terjadinya pembuahan. Hal ini kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya infeksi panggul, rahim fibroid atau polip.
  • Perubahan hormon yang menyebabkan sulit terjadinya untuk ovulasi.
  • Meningkatnya kemungkinan keguguran pada kehamilan.
  • Kondisi kesehatan secara umum juga menurun. Tekanan darah tinggi dan diabetes mempengaruhi kemampuan anda berhasil hamil, selama masa kehamilan, atau untuk mendapatkan status kehamilan yang sehat.

 

Kapan pasangan suami istri harus menemui dokter spesialis ?


Usia jauh dibawah 35 tahun, dan tidak mempunyai masalah kesehatan yang mempengaruhi kesuburan, seharusnya menjadi waktu yang terbaik untuk bertemu dengan seorang dokter konsultan kesuburan, disebut juga sebagai ahli endokrinologi reproduksi, untuk mengikuti pengobatan ketidaksuburan yang dialami.

Jika usia anda diatas 35 tahun dan memilki pengetahuan medis, segera temui dokter Morula IVF Jakarta jika anda tidak berhasil hamil juga kendati telah melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi selama enam bulan lebih.

TESTIMONIAL

5th yll sempet minder blm dikasi keturunan, lgs fokus cari tau Αϑα apa dg reproduksi αкυ ϑάn suami, tentunya cari info dok yg sekiranya oke jg dong. Tanpa pikir panjang, lgs ke BIC (dr ivan) mll proses periksa bertahap, αкυ suami putuskan  ikut ivf. Dengan pantauan team dokter suster handal, sabar, komunikatif, ϑάn  kami  bismillah, yakin, sabar, bdoa, ikhtiar, ikhlas Alhamdulilah, اللّهَُ kasih jalan, ivf kami berhasil, kehamilan kembar tripet. . Alhamdulillah semua tumbuh sehat, .. ♔τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ч̲̅o̲̅u̲̅♔ team BIC  ({})

Setelah lebih dari 10 tahun saya & suami mencoba u/ memiliki anak, Morula menjadi tempat dimana kami dapat mewujudkan harapan. Di Klinik Morula kami mendapatkan pelayanan dan konsultasi yg profesional, tanpa mengalami kendala berarti, dua bulan setelah mengikuti proses awal IVF, saya dinyatakan hamil.Kebahagian bertambah dibulan berikutnya dengan adanya kabar bahwa saya hamil triplet. Rasa bahagia dan syukur yg mendalam atas keberhasilan program IVF yg kami jalankan. Thanks to Dr. Indra Anwar dan Dr. Agustin serta seluruh perawat yg terlibat dlm keberhasilan program IVF. Keep the good work!

Tidak pernah terbayang, bila kini hari hariku dan suami, ramai oleh riuh rendah suara anak-anak dan segala perabotannya. Dalam waktu 2 tahun setelah 9 tahun kosong, triplet ( Raina, dan adiknya rayya terlahir mengisi kehidupan kami. Thanks to God, dr ivan and morula, harapan itu bisa menjadi kenyataan. Aku bisa memeluk, mencium dan bermain bersama keempat buah hatiku. Lengkap sudah rasanya .. life is miracle. Morula is a miracle ..

‎Mimpi 11 thn pernikahan saya terwujud ditahun 2014 dengan kelahiran baby Gwen Shania Ivanikarmel Sinaga melalui program ivf di Morula Jakarta..saya mengucapkan trimakasih buat dr Ivan Sini SpOG yang sudah sabar membantu proses bayi tabung dan proses kelahiran baby Gwen ke dunia ini.. 

Semua testimoni
GALERI
  • unnamed
  • 14692061_1147553608656647_1880102189472884558_o
  • IMG-20160408-WA0043(1)
  • 10522767_923472937731383_597399852056795438_n
  • aktivitas-morula-2
  • baby6-w
  • Morula IVF 1
  • keluarga 6
  • foto2-morula10
  • foto2-morula45
  • foto2-morula61