aktivitas penyebab keguguran

Banyak sekali aktivitas penyebab keguguran yang perlu diketahui para calon orang tua baru untuk menghindari terjadinya keguguran itu sendiri. Masa kehamilan itu sangat rentan dan perlu dijaga sebaik mungkin, agar ibu dan bayi bisa sehat sampai proses persalinan. Jika selama masa kehamilan aktivitas dan pola makan tidak dijaga dengan baik keguguran terjadi kapan saja. Berikut ini beberapa aktivitas yang harus dihindari ibu hamil.

Aktivitas yang Harus Dihindari Selama Hamil

Keguguran adalah salah satu hal yang sangat ditakuti oleh para ibu hamil, khususnya bagi yang baru merasakan proses kehamilan ini. Biasanya keguguran ini terjadi saat usia kandungan masuk minggu ke 4 sampai minggu ke 12. Trimester pertama memang sangat rawan terjadi keguguran.  Faktor yang bisa menyebabkan keguguran sendiri ada beraga,. Bisa dari kondisi janin,riwayat kesehatan si ibu, atau gaya hidup yang dijalani oleh si ibu. Agar bisa menekan resiko terjadinya keguguran tersebut, bisa menghindari beberapa hal ini selama masa kehamilan.

1. Merokok dan Minum Alkohol

aktivitas penyebab keguguran

Merokok dan mengkonsumsi alkohol adalah kebiasaan yang sangat buruk dan berdampak sangat buruk untuk kesehatan. Pada ibu hamil efek yang diberikan lebih membahayakan lagi yaitu keguguran. Hal ini dikarenakan secara tidak langsung sang ibu memberikan ratusan zat beracun pada janin yang ada di dalam kandungannya sendiri. Nikotin adalah zat beracun yang sangat berbahaya terutama untuk janin.

2. Olahraga Berat

Saat hamil melakukan aktivitas berat adalah pantangan apalagi usia kandungan yang masih sangat muda. Tanpa melakukan aktivitas berat pun ibu hamil cenderung mudah merasa lelah, jika dipaksakan tentu saja akan membahayakan diri sendiri dan juga janin dalam kandungan. Olahraga selama hamil tidak dilarang, namun sebaiknya pilihlah olahraga yang gerakannya tidak terlalu melelahkan seperti berenang atau senam hamil. Jika memilih olahraga yang gerakannya membutuhkan banyak tenaga ini akan memicu terjadinya keguguran.

3. Berkuda

aktivitas penyebab keguguran

Memiliki hobi berkuda boleh-boleh saja, tapi saat sedang hamil sebaiknya stop dulu melakukan hobi tersebut. Saat seseorang menunggang kuda tentu aka nada gerakan memantul saat kuda sedang melangkah, gerakan itu sangat berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran.

4. Wahana di Tempat Wisata

Berlibur memang hal yang menyenangkan dan bisa menghindarkan ibu hamil dari stress. Namun jika liburannya menaiki wahana bermain seperti roller coaster tentu ini sangat tidak disarankan. Roller coaster sama dengan pesawat terbang yang membutuhkan lepas landas serta pendaratan yang cukup kuat, hal itu tentu membahayakan ibu dan janin. Jadi sebaiknya hindari wahana bermain ekstrim agar tidak terjadi keguguran selama masa kehamilan.

5. Stres

aktivitas penyebab keguguran

Menjadi ibu hamil tak hanya menjaga kesehatan fisik saja namun harus pintar mengelola stress juga. Jika kondisi psikis terlalu banyak tekanan ini bisa berpengaruh langsung pada janin yang ada di dalam kandungan. Baiknya jangan memikirkan hal yang terlalu berat, bicarakan semua hal yang mengganjal dengan pasangan agar kondisi psikis bisa terjaga dan terhindar dari stress.

Usia kandungan yang masih sangat muda memang perlu penjagaan ekstra. Aktivitas yang berat mudah memicu terjadinya keguguran bahkan kondisi psikis yang terlalu banyak tekanan pun juga membahayakan janin dalam kandungan. 

Itulah penjelasan aktivitas penyebab keguguran pada ibu hamil. Ubah gaya hidup dan juga pola makan yang tidak baik. Janin di dalam kandungan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Ibu hamil juga tidak boleh kelelahan baik secara psikis maupun fisik agar bisa terus sehat hingga proses persalinan.