Logo Morula
Kembali

Ada yang Sedang Program Hamil?

/media/images/2017/11/03/artikel web 1.jpg

Ada yang Sedang Program Hamil? Untuk Calon Ibu, Jangan Sampai Kegemukan Ya

 

Ada satu hal yang penting diperhatikan para calon ibu yang hendak menjalani program hamil: turunkan berat badan. Pakar ungkap kegemukan saat hamil bisa menimbulkan risiko, baik bagi ibu maupun janin seperti diabetes dan hipertensi dalam kehamilan. Seperti disampaikan Prof Lesley Regan, dari Imperial College London, program hamil seringkali bisa menjadi terhambat jika calon ibu memiliki riwayat obesitas.

Selain menyulitkan program hamil, obesitas juga membuat ibu hamil berisiko mengalami keguguran dan diabetes gestasional. Risiko lainnya adalah bayi juga bisa menjadi kegemukan. "Sulit memang membicarakan masalah berat badan pada pasien, tapi ini harus. Mempertahankan berat badan dalam batas normal selama proses kehamilan sangat penting," tutur Regan, seperti dikutip dari Daily Mail. Menurut Regan, lemak yang menumpuk di tubuh wanita akibat obesitas dapat memengaruhi kualitas ovulasi, serta turut memengaruhi proses penempelan embrionya kelak. Oleh sebab itu, penurunan indeks massa tubuh dan pembakaran lemak pun dianggap menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Ketika seorang wanita kemudian terlanjur hamil dalam kondisi berat badan yang masih berlebihan, maka tak ada salahnya untuk tetap melakukan olahraga ringan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa rutin berolahraga selama kehamilan dapat menurunkan risiko persalinan operasi caesar. Aktivitas fisik secara teratur selama proses kehamilan juga mengurangi kemungkinan bayi lahir dengan kelebihan berat badan. The Royal College of Obstetricians dan Gynaecologists menyarankan wanita hamil untuk berolahraga rutin setidaknya 30 menit dalam sehari. Beberapa pilihan jenis latihan yang bisa dilakukan adalah berenang atau yoga. 

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi