Logo Morula
Kembali

Persiapan Psikis dalam Menjalani Program IVF

/media/images/2017/10/09/ARTIKEL ARINA.jpg

Persiapan Psikis dalam Menjalani Program IVF

 

Program IVF merupakan perjalanan yang panjang. Prosedur umumnya berkisar antara 2-4 minggu satu kali siklus. Walaupun begitu, hal ini tergantung dari kondisi pasien. Persiapan yang matang secara fisik dan psikis diperlukan untuk mengikuti program IVF. Pasangan biasanya mempersiapkan fisiknya sebaik mungkin, namun kesiapan secara psikis seringkali terlupakan atau tidak terpikirkan. Apa saja yang perlu disiapkan dalam menjalani program IVF? Yuk kita simak.

  1. Sebelum memulai, Anda bisa saja masih kaget dengan hasil pemeriksaan mengenai kondisi sel telur maupun sperma. Perasaan tidak terima, marah, cemas, maupun putus asa di awal sangat wajar dan normal Anda rasakan. Penting untuk tidak membiarkan perasaan-perasaan itu terjadi terlalu lama dan berlarut-larut, apalagi bila sampai mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Belajar untuk memahami dan mengelola perasaan-perasaan Anda, kemudian fokus merencanakan langkah yang dapat Anda ambil untuk memulai program kehamilan.
  2. Cari sebanyak-banyaknya informasi mengenai program dan pengalaman orang-orang yang sudah pernah menjalaninya. Anda juga bisa mencari informasi kepada dokter maupun perawat yang Anda percaya di klinik untuk mendapat infromasi yang lebih akurat. Mengetahui apa yang Anda akan jalani membantu Anda lebih siap secara mental dan percaya diri untuk menghadapi program. Anda menjadi lebih merasa memiliki kontrol terhadap apa yang akan Anda hadapi dalam program.
  3. Jalin komunikasi yang terbuka dan saling mendukung dengan pasangan. Diskusikan bagaimana Anda dan pasangan akan menjalani program ini dan sejauh apa informasi mengenai program yang akan Anda beritahukan kepada keluarga maupun kerabat sekitar. Selain itu, bicarakan dukungan seperti apa yang Anda harapkan dari pasangan Anda. Hal ini penting supaya Anda dan pasangan Anda mengetahui ekspektasi dukungan dan perlakuan seperti apa yang diinginkan oleh lawan pasangan. Selain membuat Anda dan pasangan lebih nyaman, hal ini juga dapat mengurangi konflik yang mungkin terjadi selama program.
  4. Mengumpulkan sumber dukungan lain dari orang-orang sekitar yang dapat membantu Anda melewati masa-masa program Anda. Anda dapat mengenali karakteristik orang-orang di sekitar Anda. Pilihlah orang-orang yang Anda anggap dapat menemani Anda dikala Anda membutuhkan dukungan dan tentukan seberapa besar informasi yang Anda akan berikan kepada mereka. Anda juga bisa menjauhkan diri Anda sementara dari orang-orang yang Anda anggap memberikan tekanan bagi Anda selama program.
  5. Fokuskan diri Anda dengan apa yang Anda saat ini jalani dalam program, apapun hasil yang akan Anda dapatkan nantinya. Terlalu memikirkan hasil akan membuat Anda cemas. Ada baiknya Anda berjuang melakukan semua yang dapat Anda lakukan saat ini, sambil tetap berserah diri dan berpasrah untuk hasil akhirnya. Untuk beberapa orang, mendekatkan diri kepada Tuhan dapat menguatkan mereka.
  6. Kelola sumber-sumber stress yang mungkin mengganggu selama program. Kenali hal-hal apa saja yang dapat membuat Anda stress dan banyak pikiran selama program. Kenali juga cara-cara yang Anda bisa lakukan untuk mengurangi dampaknya pada diri Anda. Untuk mengurangi stress yang Anda alami selama program, Anda dapat melakukan hal-hal yang menenangkan dan menyenangkan untuk Anda. Kegiatan yang Anda dapat lakukan antara lain olahraga ringan, relaksasi, mencari hal-hal humor, maupun kegiatan lain yang Anda senangi.
  7. Konsultasikan masalah yang tidak bisa Anda tangani. Perasaan-perasaan sulit selama menjalani program IVF adalah hal yang normal Anda alami, namun Anda perlu mengelolanya dengan baik supaya tidak memengaruhi perjalanan program Anda. Bila Anda menemui kesulitan dalam mengelola emosi, stress, maupun keadaan psikis diri Anda, Morula IVF Jakarta memiliki Konselor Dukungan Nonmedis yang dapat membantu Anda menghadapi isu-isu tersebut.

 

Penulis: Arina M. Budiani., M.Psi., Psikolog

 

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi