Logo Morula
Kembali

Tips-tips Menjaga Kehangatan Hubungan dalam Infertilitas

media/images/2018/08/09/menjaga-kehangatan_1533780433.jpeg

Bagaimanasih Menjaga Kehangatan Hubungan dalam Infertilitas?


Infertilitas pada beberapa orang terasa melelahkan dan seringkali membuat stress. Tapi, jangan sampai infertilitas merusak hubungan Anda dengan pasangan ya. Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan loh untuk supaya hubungan dengan pasangan tetap terjaga dan terasa menyenangkan. Yuk simak!

 

Membuat agenda-agenda kecil namun bermakna untuk berdua, seperti mengusahakan “date” atau menetapkan hari tanpa membicarakan infertilitas. Di momen itu, bicarakan lah hal yang menyenangkan supaya hubungan dengan pasangan tetap terasa hangat.


Olahraga bersama. Selain membuat sehat dan membantu infertilitas Anda, olahraga bersama dapat membuat pasangan merasa diperhatikan dan saling peduli dengan keadaan masing-masing. Cari olahraga yang dapat dilakukan bersama, seperti berenang, jogging, bersepeda, dan yang lainnya.


Bicarakan dari hati ke hati bagaimana infertilitas ini memengaruhi Anda berdua dan bagaimana Anda berdua ingin menyikapi keadaan ini. Perbedaan mungkin akan terjadi, namun Anda dan pasangan adalah satu tim dalam menghadapi infertilitas ini. Sampaikan secara spesifik juga bagaimana Anda ingin pasangan memperlakukan Anda dan cari jalan tengah dari perbedaan yang ada. Jangan biarkan pasangan menerka-nerka, nanti bisa jadi salah menangkap maksud Anda loh. Bila Anda merasa canggung mengatakan langsung, menulis surat maupun notes untuk pasangan dapat menjadi opsi untuk menyampaikan di awal.


Buatlah hubungan seks terasa menyenangkan dan spontan. Infertilitas membuat pasangan selalu memikirkan bagaimana hubungan seksual dapat memberikan Anda kehamilan. Hal ini membuat Anda tidak rileks dan tegang dalam melakukannya. Lama-kelamaan, hubungan seks tidak lagi terasa menyenangkan. Coba menetapkan seks yang tidak diawali dengan dan diakhiri dengan pembicaraan tentang anak. Anda juga bisa mencari suasana maupun tempat baru untuk melakukannya. Pergi liburan maupun check-in di hotel pada waktu weekend dapat menjadi opsi. Diskusikan dengan pasangan opsi-opsi yang dapat Anda pilih.


Hubungan intim tidak juga selalu tentang seks. Rutinitias-rutinitas kecil dengan pasangan juga dapat menjadikan hubungan terasa hangat, seperti mencium kening istri saat hendak berangkat kerja, berpegangan tangan atau cuddling saat menonton TV bersama maupun sebelum tidur, dan lain sebagainya. Setiap pasangan punya gayanya masing-masing loh, jadi cari ya yang nyaman untuk Anda dan pasangan.


Jadikan setiap momenmu bersama pasangan tetap berharga dan hangat ya. 

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi