asam folat untuk ibu hamil

Asam folat untuk ibu hamil sangatlah penting. Bahkan bagi wanita yang baru merencanakan kehamilan sudah harus memenuhi kebutuhan asam folat dengan baik. Asam folat sendiri merupakan bentuk dari pengembangan vitamin B. Peran penting yang dimiliki adalah memproduksi sel darah merah serta membantu perkembangan tabung saraf bayi yang mengarah ke otak dan sumsum tulang belakang. 

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil 

Asam folat adalah salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil dan janin. Asam folat untuk ibu hamil memiliki peran penting di masa kehamilan, antara lain:

1. Mencegah Anemia

asam folat untuk ibu hamil

Salah satu fungsi asam folat adalah memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Jika sampai kekurangan nutrisi ini tentu ibu hamil akan kekurangan sel darah merah sehingga anemia bisa menyerang kapan saja. Ibu hamil sangat membutuhkan asam folat karena kebutuhan sel dara merah meningkat selama hamil.

2. Menekan Resiko Cacat Lahir

Asam folat bagi janin adalah pendukung tumbuh kembang otak dan sumsum tulang belakang. Jika dipenuhi dengan baik maka bayi akan terhindar dari resiko cacat lahir. Syaraf bisa terbentuk sempurna selama asam folat tercukupi selama masa kehamilan.

3. Mengoptimalkan Pembentukan Sel

asam folat untuk ibu hamil

Sel dalam tubuh jadi bisa tumbuh lebih maksimal. Hal ini karena asam folat bisa membangun pondasi dalam tubuh yang nanti menjadi informasi genetik seseorang. DNA pun terbentuk dengan adanya asam folat, maka dari itu kenapa asam folat bagi ibu hamil sangat penting.

5 Makanan yang Menjadi Sumber Asam Folat

asam folat untuk ibu hamil

Asam Folat ini juga dikenal dengan vitamin B9. Selain bagus untuk perkembangan otak dan tulang belakang, manfaat asam folat ini masih ada lagi yang lain, seperti memperbaiki DNA, mencegah anemia, dan mengoptimalkan pembuatan sel darah merah. 

Asam folat untuk ibu hamil sama pentingnya dengan kalsium serta zat besi. Efek yang akan dirasakan jika ibu hamil kekurangan asam folat adalah perkembangan otak anak janin yang kurang maksimal sehingga besar kemungkinan mengalami cacat lahir. Berikut ini adalah makanan sumber asam folat:

1. Asparagus

Asparagus adalah salah satu jenis sayur yang kandungan asam folatnya tinggi. Asparagus ini sangat enak dijadikan sayur sup. Coba berikan kaldu daging sapi atau ayam lalu masak asparagus menjadi sayur sop. Itu bisa menjadi makanan super sehat untuk ibu hamil. Tak hanya asam folat, ada kandungan lain yang juga penting seperti vitamin A, C dan K. Semua itu sangat bagus untuk perkembangan janin dalam kandungan ibu. 

2. Brokoli

Brokoli juga sangat enak dijadikan sayur sup. Bisa juga diolah dengan cara ditumis bersama bahan lain. Kandungan asam folat di dalam brokoli bisa membantu ibu hamil mengoptimalkan pertumbuhan otak si kecil. 

3. Bayam

Kaya akan kalsium, bayam juga tinggi asam folat. Sayur ini pun dikenal sebagai sumber zat besi. Sayur ini bisa diolah sebagai salad maupun sayur bening yang segar. Asam folat di dalam bayam pun tak kalah tinggi dengan sayur lain. Jadi bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi bayam ini.

4. Kacang-Kacangan

Sumber asam folat yang baik adalah kacang-kacangan. Tak hanya asam folat kacang-kacangan juga banyak mengandung serta, karbohidrat, serta zat besi. Asam folat untuk ibu hamil bisa dipenuhi dengan cara mengkonsumsi kacang-kacangan ini. BIsa dijadikan cemilan atau pelengkap pada sebuah menu makanan. 

5.Suplemen

Selain dari bahan makanan yang alami, ibu hamil juga bisa mendapatkan asam folat dengan cara mengkonsumsi suplemen asam folat. Biasanya saat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan akan diberikan suplemen asam folat dengan tujuan menghindari cacat lahir nantinya. 

Itu dia beberapa manfaat dan sumber asam folat untuk ibu hamil. Selain lebih menyehatkan, tentu sumber makanan kaya nutrisi bisa menjaga kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan. Banyaknya ragam sumber makanan yang mengandung asam folat, bisa divariasikan setiap harinya sehingga bisa meningkatkan nafsu makan juga.