aturan minum air kelapa saat hamil

Saat masa kehamilan, seorang wanita harus benar-benar menjaga asupan nutrisi yang masuk dalam tubuhnya termasuk aturan minum air kelapa saat hamil. Meskipun air kelapa memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, akan tetapi terdapat aturan minum air kelapa yang aman dan penting untuk diketahui.

Air kelapa memiliki manfaat yang beragam untuk ibu hamil. Namun ada aturan cara mengkonsumsinya supaya manfaatnya tidak menjadi dampak buruk bagi ibu serta janin dalam kandungan. Nah, untuk memperdalam pengetahuan mengenai aturan aman minum air kelapa saat hamil, simak manfaat serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meminum air kelapa berikut ini.

Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

aturan minum air kelapa saat hamil

Biar bagaimanapun air kelapa memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi selama masa kehamilan. Adapun manfaat yang didapat dari minum air kelapa bagi ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Kandungan vitamin serta antioksidan dalam air kelapa dapat meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Kandungan serat pada air kelapa dapat membantu mengatasi masalah sembelit saat masa kehamilan.
  • Membantu mengganti kadar elektrolit yang hilang dalam tubuh akibat morning sickness yang terjadi secara intens di trimester pertama.
  • Air kelapa dapat membantu memenuhi asupan cairan dalam tubuh supaya ibu hamil terhindar dari dehidrasi.
  • Air kelapa dipercaya sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil terhindar dari infeksi saluran kemih yang umum terjadi selama masa kehamilan. Sehingga ibu hamil dapat lebih mudah mengeluarkan urine.
  • Kandungan kalium dalam air kelapa dipercaya dapat mengontrol serta menurunkan gula darah. Akan tetapi air kelapa tidak dianjurkan dimanfaatkan sebagai pengobatan hipertensi atau preeklampsia pada ibu hamil.
  • Kalsium yang terkandung dalam air kelapa memiliki manfaat penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin, serta menjaga kepadatan tulang ibu hamil.
  • Dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit karena air kelapa menghidrasi tubuh secara keseluruhan.
  • Mengkonsumsi air kelapa di trimester ketiga dapat menambah volume air ketuban dan volume darah.

5 Aturan Aman Minum Air Kelapa saat Hamil

aturan minum air kelapa saat hamil

Meskipun memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil, akan tetapi ada larangan untuk tidak meminum air kelapa secara berlebihan. Hal ini dikarenakan akan muncul efek samping yang justru membahayakan ibu hamil. Salah satunya karena air kelapa dapat menurunkan tekanan darah, oleh karena itu ibu hamil yang memiliki masalah tekanan darah harus berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi air kelapa.

Supaya manfaat air kelapa benar-benar dirasakan oleh tubuh, ibu hamil harus mengetahui aturan untuk mengkonsumsi air kelapa secara aman sebagai berikut.

  1. Jumlah maksimal mengkonsumsi air kelapa dalam sehari adalah tidak lebih dari 2 gelas. Hal ini bertujuan supaya ibu hamil tidak mengalami kelebihan natrium dan kalium dalam tubuh.
  2. Air kelapa yang dikonsumsi sebaiknya merupakan air kelapa murni tanpa tambahan pemanis apapun. Hindari mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan, pilihlah air kelapa yang baru dipotong.
  3. Jangan konsumsi air kelapa bersamaan dengan asupan atau minuman lain yang mengandung kalium atau natrium tinggi. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit.
  4. Jangan menjadikan air kelapa sebagai pengganti air putih, biar bagaimanapun air putih tetap menjadi asupan yang paling menghidrasi tubuh.
  5. Hindari konsumsi air kelapa 2 minggu sebelum melakukan persalinan melalui bedah caesar. Karena kandungan dalam air kelapa berpotensi mengganggu kestabilan tekanan darah sebelum dan sesudah operasi.
aturan minum air kelapa saat hamil

Itulah 5 aturan minum air kelapa saat hamil serta manfaat air kelapa bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.