bahaya kopi untuk ibu hamil

Bahaya kopi untuk ibu hamil salah satunya dapat menimbulkan kecemasan. Bagi pecinta kopi, tentu tiada hari tanpa kopi. Sayangnya, jika Anda tengah hamil minuman ini dapat membahayakan kandungan saat dikonsumsi berlebihan. Hal itu disebabkan oleh beberapa kandungan yang ada di dalamnya. Apa saja bahaya kopi untuk kesehatan ibu hamil? Berikut penjelasanya.

Bahaya Kopi untuk Ibu Hamil yang Harus Diwaspadai 

1. Menimbulkan Kecemasan

bahaya kopi untuk ibu hamil

Bahaya kopi pada ibu hamil salah satunya adalah menyebabkan cemas karena kandungan kafein yang ada di dalamnya. Jika kafein yang dikonsumsi berlebihan, maka sensitivitas mental meningkat sehingga dapat memicu rasa cemas dan dapat mengarah ke serangan panik.

2. Lambung Bermasalah

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat menyebabkan asam lambung dan gerak usus meningkat. Hal ini tidak baik bagi ibu hamil karena dapat membahayakan kandungan dan memperparah gejala morning sickness.

3. Insomnia

Metabolisme kafein pada ibu hamil lebih lambat 1,5 hingga 3,5 yang dapat menyebabkan kafein berada lebih lama di dalam tubuh. Akibatnya, mengkonsumsi sedikit saja Anda dapat mengalami insomnia. Padahal, ibu hamil perlu waktu istirahat yang cukup agar bisa tetap produktif.

4. Anemia

bahaya kopi untuk ibu hamil

Salah satu pembentuk hemoglobin (Hb) adalah zat besi sehingga ketika tubuh kekurangan menyerap zat besi akan menimbulkan anemia. Minuman berkafein seperti kopi memiliki senyawa fenol yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Akibatnya, ibu hamil yang mengkonsumsi kopi berlebihan rentan terkena anemia.

5. Kesehatan Plasenta Terancam

American Pregnancy Association memaparkan bahwa kandungan kafein yang berasal dari kopi dapat menembus ke plasenta hingga tersalur ke janin. Hal ini tentu membahayakan janin sebab ia belum bisa memetabolisme kafein yang memasuki tubuh kecilnya.

6. Rendah Berat Badan Janin Saat Lahir

Penelitian yang diterbitkan oleh PLOS ONE memaparkan bahwa jika ibu hamil mengkonsumsi kopi dengan kandungan kafein di atas 100 mg setiap hari dapat meningkatkan risiko bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

7. Cacat Lahir

Efek samping meminum kopi berlebihan bagi ibu hamil selanjutnya adalah cacat lahir. Lagi-lagi dari kandungan kafein yang dapat melintas menuju plasenta, hal itu membuat organ janin yang sedang dalam masa tumbuh kembang mengalami kerusakan karena janin yang belum mampu memetabolisme kafein yang masuk ke tubuhnya.

8. Keguguran

bahaya kopi untuk ibu hamil

American Journal of Obstetrics and Gynecology memuat penelitian bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi 200 mg atau lebih kafein per hari meningkatkan dua kali lebih tinggi risiko keguguran daripada mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

Takaran Kopi yang Pas untuk Ibu Hamil

Membatasi takaran kopi pada ibu hamil adalah hal yang perlu dilakukan terlebih lagi pada pecinta kopi. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kafein lebih dari 100 mg setiap hari. Artinya, kandungan kafein yang terdapat pada kopi lah yang terutama membahayakan kesehatan janin. Oleh sebab itu, yang perlu dibatasi sebenarnya tidak hanya kopi, namun minuman atau makanan yang mengandung banyak kafein.

Berikut ini informasi mengenai beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein.

  • Satu cangkir kopi instan memiliki kandungan kurang lebih 100 mg kafein.
  • Satu cangkir teh memiliki kandungan kurang lebih 75 mg kafein.
  • Satu kemasan minuman soda memiliki kandungan kurang lebih 40 mg kafein.
  • Cokelat seberat 50 gr memiliki kandungan kurang lebih 25 – 50 mg kafein.

Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah bahwa meminum kopi bagi ibu hamil tidak apa-apa, namun harus dengan takaran yang rendah kafein. Apabila ibu hamil meminum atau memakan yang mengandung kafein secara berlebihan bukan tidak mungkin bahaya kopi untuk ibu hamil di atas dapat terjadi. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan demi buah hati.