rasa sakit saat berhubungan seksual

Pernahkah Anda dan pasangan merasakan sesuatu yang tidak mengenakan saat berhubungan intim? Sakit saat berhubungan, seperti ada yang mengganjal, perih, tidak nyaman, dan sebagainya.

Ini pasti akan mengganggu aktivitas seksual Anda dan pasangan. Tapi, tahukah Anda apa penyebabnya dan kenapa itu bisa terjadi? Apakah sakit saat berhubungan seperti ada yang mengganjal itu berbahaya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Rasa Sakit saat Berhubungan Intim seperti Ada yang Mengganjal

Saat melakukan hubungan intim dengan pasangan, rasa sakit yang ditimbulkan bisa saja hal yang wajar asalkan nyeri tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas tersebut. Jika sudah mengganggu dan terasa ada yang mengganjal segera periksa ke dokter.

Secara umum, ada beberapa penyebab kenapa Anda merasakan sakit saat berhubungan seperti ada yang mengganjal. Apakah itu? Yuk kenali penyebabnya.

Beberapa penyebab di bawah ini mungkin Anda alami sehingga menyebabkan rasa sakit seperti ada yang mengganjal saat berhubungan intim, berikut diantaranya.

1. Lubrikasi pada Vagina

Penyebab rasa sakit pada saat berhubungan seperti ada yang mengganjal pertama adalah kurangnya lubrikasi yang cukup pada vagina. Organ reproduksi Anda kurang dilumasi atau sedang dalam keadaan kering. Keadaan ini bisa saja karena kurangnya rangsangan yang dirasakan.

Rasa sakit saat berhubungan seperti ada yang mengganjal ini biasanya dirasakan oleh Anda pasca melahirkan. 

Selain itu, perasaan gugup dan tegang bisa menjadi salah satu penyebab keringnya organ reproduksi. Ini dikarenakan perasaan tersebut membuat penetrasi menjadi susah dilakukan.

Baca juga: Berhubungan Pada Masa Nifas Apakah Bisa Hamil? Ini Penjelasannya!

2. Vaginismus

Faktor selanjutnya adalah vaginismus. Apa itu vaginismus? Ini merupakan sebuah kondisi di mana otot organ reproduksi anda tertutup saat pada saat melakukan hubungan seksual.

Kondisi ini mengakibatkan susahnya penis pasangan Anda untuk melakukan penetrasi untuk melakukan hubungan intim.

3. Hubungan Seksual Pertama

Penyebab rasa sakit saat berhubungan seperti ada yang mengganjal berikutnya merupakan hubungan seksual pertama Anda. 

Biasanya, selaput dara akan sulit untuk meregang untuk Anda yang baru pertama kali melakukan hubungan intim, sehingga miss V akan terasa seperti ada yang mengganjal dan merasakan sakit saat berhubungan.

4. Psikologis

Faktor ini sangat berpengaruh terhadap Anda yang ingin melakukan hubungan intim. Kondisi-kondisi seperti lelah, stres, serta sedang tidak berselera bisa membuat organ reproduksi anda menegang. 

Kondisi tersebut membuat vagina anda kering akan menyulitkan proses penetrasi pada hubungan seksual. 

Untuk masalah ini, rileks dan berkomunikasi bisa menjadi senjata ampuh bagi Anda dan pasangan.

5. Memiliki Polip pada Rahim

Polip rahim adalah sebuah kondisi pertumbuhan jaringan yang tumbuh tidak normal pada lapisan dinding rahim (endometrium). Kondisi ini yang awalnya jinak, bisa menjadi ganas atau kanker.

Oleh karena itu, sangat direkomendasikan bila merasakan faktor-faktor rasa sakit  berhubungan seperti ada yang mengganjal ini, untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan terpercaya.

Baca juga: 11 Penyebab Bagian Atas Miss V Nyeri yang Perlu Diwaspadai

Jenis Sakit Saat Berhubungan yang Dirasakan Wanita

Selain itu, ada juga beberapa rasa sakit yang mengganjal lainnya pada saat berhubungan yang diderita para wanita, seperti sakit dibagian perut bawah dan sakit saat hamil. Yuk kita bahas satu persatu. 

Sakit pada Perut saat Berhubungan Intim

Sakit perut pada saat berhubungan seperti ada yang mengganjal ini biasanya dirasakan dibagian bawah perut. Apakah penyebab sakit dibagian perut ini? Apakah lebih berbahaya? Berikut beberapa penyebabnya, antara lain:

1. Endometriosis

Faktor pertama adalah Endometriosis, adalah jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tetapi tumbuh bukan pada tempatnya atau biasanya di luar rahim. Jika jaringan ini tumbuh secara berlebihan di endometrium, bisa dipastikan Anda akan merasakan sakit seperti ada yang mengganjal, terutama di area perut bawah dan panggul ketika sedang berhubungan.

2. Kista Ovarium

Selanjutnya, sakit pada perut yang Anda rasakan bisa jadi merupakan sebuah kista yang tumbuh di ovarium. Kista pada Ovarium yang bersifat jinak biasanya berukuran kecil. Tetapi, kista yang bersifat ganas, berukuran besar dan menyebabkan rasa sakit pada perut saat berhubungan.

3. Penyakit Radang Panggul

Infeksi pada saluran genital bagian atas wanita termasuk rahim, saluran tuba, dan ovarium merupakan ciri dari penyakit radang panggul. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebar dari vagina atau leher rahim ke organ reproduksi yang lebih tinggi. Hal ini yang menyebabkan rasa nyeri pada perut bawah saat berhubungan seks.

4. Fibroid Rahim

Rahim juga tidak luput terasa sakit seperti ada yang mengganjal jika adanya gangguan. Gangguan ini bernama fibroid, yakni pertumbuhan sel abnormal yang jinak di dalam atau luar rahim. Gejala fibroid yang dialami wanita terasa mirip layaknya PMS atau pra menstruasi sindrom seperti nyeri pada saat menstruasi, nyeri perut bagian bawah dan hingga sakit pada saat melakukan hubungan seks.

5. Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih terjadi akibat infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi beberapa bagian tertentu di saluran kemih. Infeksi inilah yang bisa menyebabkan rasa sakit pada perut saat berhubungan.

6. Salah posisi

Faktor terakhir adalah posisi yang salah. Ada beberapa posisi seksual yang akan menyebabkan rasa tidak nyaman karena organ reproduksi pria akan masuk lebih dalam ke vagina.

Baca juga: 7 Posisi Bercinta Agar Cepat Hamil, Nomor 4 Paling Populer!

Sakit saat Berhubungan seperti Ada yang Mengganjal saat Hamil

Pernahkah Anda merasakan seperti ada yang mengganjal saat sedang hamil? Tahukah Anda apa saja penyebabnya? Mari kita simak beberapa penyebabnya, antara lain:

  • Perubahan bentuk tubuh
  • Adanya Infeksi
  • Cemas
  • Pertumbuhan pada rahim
  • Leher rahim yang lemah

Pada kondisi hamil, Anda akan banyak merasakan perubahan pada rahim saat berhubungan. Organ reproduksi pasangan Anda akan mempenetrasi leher rahim dengan maksimal sehingga menyebabkan ada yang mengganjal.

Saat Berhubungan Terasa seperti Mau BAB

Jangan panik jika hal ini terjadi kepada Anda saat hubungan intim sedang berlangsung, karena hal ini umum terjadi. Kebanyakan wanita yang mengalami hal ini adalah wanita yang baru menikah.

Ini disebabkan oleh tekanan yang dihasilkan penis pada usus besar wanita saat berhubungan seksual. Hal ini ada kaitannya dengan dekatnya jarak antara usus besar dan vagina wanita. 

Hal tersebut akan berkurang atau hilang dengan sendirinya, jika Anda dan pasangan berkomunikasi serta semakin paham akan posisi serta bagaimana melakukan hubungan intim.

Itulah beberapa kondisi dan penyebab yang bisa saja Anda rasakan, seperti rasa sakit saat berhubungan seperti ada yang mengganjal di bagian perut, saat hamil, dan mau BAB saat berhubungan. Segeralah memeriksakan diri ke dokter jika rasa sakit yang Anda derita mengganggu hubungan seksual serta keseharian Anda.