bolehkah ibu hamil makan kerang hijau

Bolehkah ibu hamil makan kerang hijau? Apa berpengaruh kepada janin? Saat hamil, seorang perempuan harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan demi menjaga kesehatan diri dan janinnya. Banyak sekali berbagai pantangan makanan, bahkan termasuk makanan kesukaan. Sebagai contoh, kerang hijau adalah makanan yang sangat Anda sukai, namun, saat hamil Anda harus meninjau kembali “apakah kerang hijau aman dikonsumsi ibu hamil? Bolehkah ibu hamil makan kerang hijau?”. Inilah informasi lengkapnya. 

Kandungan Pada Kerang Hijau 

bolehkah ibu hamil makan kerang hijau

Berbicara mengenai kerang hijau, terdapat beberapa kandungan bermanfaat. Beberapa di antaranya adalah protein, asam lemak omega–3, lemak, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, kalium, serta kalori. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari kandungan tersebut yaitu dapat mencegah ibu hamil terserang anemia, lebih tepatnya karena kandungan zat besi di dalamnya.

Selain kandungan nutrisi yang telah disebutkan di atas, ternyata kerang hijau juga mengandung racun yang lebih berbahaya dibanding dengan sianida. Hal itu diungkap oleh dr. Verawati Sudarma, SpGK yang merupakan ahli gizi. Ia meneruskan bahwa di Indonesia ini kerang hijau lebih beracun terutama yang berasal dari Teluk Jakarta. 

Namun, ia menjelaskan kembali bahwa kandungan racun dalam kerang hijau tergolong sangat sedikit meski lebih berbahaya dari sianida dan hanya berdampak jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, kerang hijau boleh dimakan ibu hamil selama dalam batas wajar. Lantas seberapa batas wajar mengkonsumsi kerang hijau bagi ibu hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang Hijau?

bolehkah ibu hamil makan kerang hijau

Jadi, bolehkah ibu hamil makan kerang hijau? Jawabannya adalah boleh namun ada batas wajarnya. Etty Riani yang merupakan Guru Besar Bidang Ekobiologi dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan bahwa kerang hijau yang berasal dari Teluk Jakarta kurang aman dikonsumsi karena kandungan logam berbahaya di dalamnya. Beberapa jenis kandungan logam berbahaya di antaranya adalah Pb (timbal), Hg (merkuri), Cr (krom), dan Sn (timah). 

Kandungan berbahaya tersebut dapat memicu penyakit kanker dan degeneratif non-kanker jika dikonsumsi berlebihan. Oleh sebab itu, ia membuat batasan jika ibu hamil ingin mengkonsumsi kerang hijau yang berasal dari Teluk Jakarta maupun tempat lain yang terpapar logam berbahaya. 

  • Untuk anak-anak disarankan maksimal hanya boleh memakan sebanyak 0,002 kg per minggu dilihat dari kandungan logam Pb (timbal).
  • Jika mengacu pada kandungan Hg (merkuri), batas maksimal mengkonsumsi kerang hijau sebanyak 0,002 kg per minggu.
  • Paling banyak dilihat dari kandungan Cd (kadmium) boleh makan hingga 0,024 kg per minggu.

Batasan-batasan yang dicetuskan Etty di atas tentu memberi gambaran ibu hamil dalam mengkonsumsi kerang hijau. Pasalnya, ia tidak makan kerang hijau sebagai orang dewasa saja. Namun, janin yang ada di dalam kandungannya juga turut merasakan makanan yang dimakan ibunya. Oleh sebab itu, ibu hamil juga harus memperhatikan asal kerang hijau sebelum mengkonsumsinya. Etty menambahkan bahwa masih ada kerang hijau yang tidak mengandung banyak logam seperti kerang hijau yang berasal dari Cirebon.

Tips Agar Kerang Hijau Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

bolehkah ibu hamil makan kerang hijau

Setelah tau jawaban dari bolehkah ibu hamil makan kerang hijau, maka Anda bisa mengikuti aturannya. Jika Anda terlalu ribet untuk mencari asal kerang hijau yang akan Anda konsumsi, Anda bisa menyiasatinya dengan tips berikut ini.

1. Mengikuti Aturan Batas Konsumsi Kerang Hijau Bagi Ibu Hamil

Selain aturan yang telah dijelaskan Etty di atas, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat merekomendasikan bahwa ibu hamil hanya bisa mengkonsumsi kerang hijau sebanyak 8–12 ons per minggu.

2. Memilih Kerang Hijau yang Berkualitas

Poin kedua ini sangat berhubungan dengan penjelasan-penjelasan sebelumnya mengenai asal kerang hijau yang berbahaya. Nah, untuk menyiasati hal ini agar tidak terlalu repot, Anda bisa mencari di supermarket yang terjaga kebersihannya agar mendapat kerang hijau yang berkualitas baik. Masukkan freezer jika Anda tak segera memasaknya.

3. Memasak Kerang Hijau Sampai Matang Sempurna

Memasak kerang hijau sampai matang sempurna adalah hal wajib yang harus dilakukan ibu hamil. Jika kurang matang hanya akan menimbulkan dampak negatif karena virus dan bakteri yang ada di dalamnya tidak akan mati. Sebaliknya, jika Anda memasaknya dengan matang sempurna, virus maupun bakteri yang ada di dalamnya akan mati.

Anda bisa memasak kerang hijau hingga suhu internal mencapai 63 derajat celcius. Masak hingga cangkangnya terbuka. Bila perlu, buka cangkang sebelum memasaknya agar kematangan bisa lebih sempurna.

Lalu, kesimpulannya bolehkah ibu hamil makan kerang hijau? Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ibu hamil boleh makan kerang hijau dengan catatan dikonsumsi dalam jumlah wajar, dimasak dengan sempurna, serta berkualitas tinggi. Hal ini disebabkan oleh bakteri maupun virus yang ada di dalamnya dapat menimbulkan toksin. Meskipun telah dimasak sempurna, toksin tidak seratus persen hilang. Oleh sebab itu sangat dianjurkan agar benar-benar selektif memilih kerang hijau yang berasal dari perairan yang jerin dan tidak terkontaminasi polusi industri.