bolehkah ibu hamil makan ketan hitam

Bolehkah ibu hamil makan bubur ketan hitam? Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat mengenai pantangan-pantangan pada ibu hamil termasuk mengkonsumsi bubur ketan hitam. Bubur ketan hitam memiliki citra rasa yang lezat dan banyak diminati oleh berbagai kalangan. Lalu sebenarnya, apakah boleh ibu hamil mengkonsumsi ketan hitam?

Manfaat Bubur Ketan Hitam bagi Ibu Hamil

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa ketan hitam memiliki beberapa manfaat untuk ibu hamil. Diantaranya adalah:

1. Mengurangi Resiko Diabetes

bolehkah ibu hamil makan ketan hitam

Ibu hamil yang memiliki gula darah yang terjaga akan berpengaruh baik pada kesehatan bayi, seperti kelahiran prematur, mencegah makrosomia, mencegah sakit kuning, serta masih banyak pengaruh baik lainnya. Bubur ketan hitam mengandung antocyanin dimana senyawa ini dapat mencegah terjadinya resiko pada ibu hamil.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Dedak ketan hitam memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya perkembangan sel kanker karena mengandung vitamin E dan juga anthocyanin. Vitamin E memiliki kemampuan untuk menjaga kualitas daya tahan tubuh. Vitamin E juga mampu mencegah terbentuknya sel – sel abnormal sehingga meminimalisir gangguan penyakit.

3. Menjaga Kadar Kolesterol pada Tubuh

Memasuki trimester kedua dan ketiga usia kehamilan, kadar kolesterol dalam darah akan mudah mengalami peningkatan. Tentunya hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan. Untuk mencegah resiko terjadinya kolesterol, bisa diantisipasi dengan mengkonsumsi ketan hitam yang memiliki kandungan fenol karena senyawa ini  dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada dalam tubuh.

4. Mendukung Pertumbuhan Janin

bolehkah ibu hamil makan ketan hitam

 

Nutrisi berupa protein dapat ditemukan melalui ketan hitam. Asupan protein dalam makanan ini tergolong tinggi, yakni 8,89 gram protein dapat ditemukan dari 100 gram ketan hitam. Ibu yang sedang mengandung sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dimana bila asupan protein tidak tercukupi maka akan beresiko terhadap keguguran serta terhambatnya pertumbuhan sang buah hati.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh

Selalu menjaga kekebalan tubuh sangat berguna untuk menunjang aktivitas sehari – hari khususnya bagi bumil. Memasuki masa mengandung, biasanya bumil akan mudah lelah dalam beraktivitas. Oleh karena itu dibutuhkan nutrisi berupa antioksidan yang didapatkan dari anthocyanin yang diperoleh dari ketan hitam. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan akibat radikal bebas.

6. Mencegah Terjadinya Anemia

bolehkah ibu hamil makan ketan hitam

Ketan hitam memiliki kandungan zat besi yang mampu mencegah terjadinya anemia. Seperti yang kita tahu bahwa gangguan kesehatan berupa anemia akan menyebabkan berbagai resiko bagi ibu hamil seperti kelahiran bayi prematur. Sehingga perlunya konsumsi protein bagi ibu hamil sangat penting sekali.

7. Membentuk Sel dan Jaringan

Ketan hitam merupakan salah satu alternatif apabila ingin mendapatkan sumber protein nabati. Protein nabati sangat berguna untuk pembentukan sel dan jaringan tubuh. Jaringan kulit dan tulang akan terbentuk melalui nutrisi yang terserap dari protein yang dihasilkan oleh ketan hitam.

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang dihasilkan ketika mengkonsumsi ketan hitam tersebut, dapat disimpulkan bahwa ketan adalah makanan yang berkhasiat. Jadi bolehkah ibu hamil makan bubur ketan hitam? Sebenarnya tidak ada pantangan akan hal tersebut, namun tetap disarankan untuk mengkonsumsinya secara seimbang dan tidak perlu berlebihan. 

Pengkonsumsian yang berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan misalnya perut mulas. Hendaknya ketika mengkonsumsi makanan tetap memperhatikan empat sehat lima sempurna agar kombinasi nutrisi dapat terserap secara optimal oleh tubuh. Selain itu juga dianjurkan untuk memperhatikan cara pengolahan agar kualitasnya tetap terjaga.