bolehkah ibu hamil makan nanas

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan ibu hamil adalah bolehkah ibu hamil makan nanas? Sebab, banyak sekali kepercayaan yang berkembang di antara masyarakat bahwa nanas tidak baik untuk ibu hamil bahkan bisa menyebabkan keguguran. Lalu, apakah hal tersebut benar adanya? Simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

bolehkah ibu hamil makan nanas

Menurut data yang ada pada United States Department of Agriculture (USDA) buah nanas memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Terbukti terdapat 100% kandungan vitamin C harian yang dibutuhkan ibu hamil dalam secangkir nanas. Kandungan nutrisi lain dalam nanas yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah zat besi, asam folat, magnesium, tembaga, vitamin B1 dan B6.

Jika derinci secara detail, kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat sebagai berikut.

  • Kandungan Vitamin B1 pada nanas mampu menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf, baik pada ibu hamil maupun janin.
  • Kandungan Vitamin B6 dapat meminimalisir ibu hamil dari gejala kehamilan seperti morning sickness. Selain itu juga dapat membantu mencegah ibu hamil dari risiko anemia atau dapat meringankannya.
  • Vitamin C yang terkandung dalam nanas dapat memperkuat daya tahan tubuh ibu hamil.
  • Kandungan Mangan membantu untuk  menjaga kesehatan tulang ibu hamil.
  • Tembaga yang terkandung dalam nanas bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan mata.

Selain kandungan di atas, nanas juga terbukti memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil. Oleh sebab itu buah nanas boleh dikonsumsi ibu hamil asal tidak berlebihan. Hal itu disimpulkan berdasarkan kandungan buah nanas yang kaya manfaat serta belum ada penelitian pasti yang menunjukkan bahwa buah nanas dilarang keras dikonsumsi ibu hamil.

Dampak Makan Nanas Berlebihan Saat Hamil

Pada pembahasan sebelumnya dinyatakan bahwa boleh mengkonsumsi buah nanas saat hamil asal tidak berlebihan. Pasalnya, segala sesuatu memang tidak baik dilakukan secara berlebihan. Sama halnya dengan mengonsumsi buah nanas, jika dikonsumsi berlebihan dapat berdampak negatif bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Dampak makan nanas berlebihan saat hamil adalah sebagai berikut.

1. Nyeri Ulu Hati

bolehkah ibu hamil makan nanas

Nyeri ulu hati saat hamil dapat disebabkan oleh makan nanas secara berlebihan. Hal itu didapat dari kandungan asam dalam nanas yang dapat membuat produksi asam lambung meningkat sehingga memicu refluks asam lambung dan nyeri ulu hati. Kondisi ini kadang diikuti dengan diare.

2. Bayi Lahir Prematur atau Keguguran

Mengkonsumsi nanas secara berlebihan dapat menyebabkan efek bromelain. Efek ini dapat memicu ibu hamil mengalami kontraksi. Jika ibu hamil mengkonsumsi nanas secara berlebihan, efek ini akan muncul secara tiba-tiba sehingga meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau keguguran.

3. Bayi Mengalami Alergi Kulit

bolehkah ibu hamil makan nanas

Dampak buah nanas satu ini dapat terjadi apabila nanas disajikan saat panas. Ketika penyajian nanas dilakukan saat masih panas, buah tersebut dapat mengeluarkan zat beracun. Hal itu dapat menyebabkan dampak buruk pada kulit bayi seperti alergi.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan nanas?  Maka, kesimpulan yang dapat diambil adalah ibu hamil boleh makan nanas asal tidak berlebihan atau maksimal enam buah dalam sekali makan. Ketika mengonsumsi nanas, sebaiknya makan nanas segar. Tidak dianjurkan makan nanas dalam bentuk siap saji seperti minuman kaleng atau kemasan lain sebab enzim bromelain dalam nanas sudah rusak. 

Jika Anda masih ragu mengonsumsi nanas saat hamil, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter dahulu agar mendapat saran terbaik dari riwayat kesehatan Anda. Sementara itu, penuhi asupan nutrisi harian Anda dengan buah-buahan yang lebih sehat lainnya.