bolehkah ibu hamil makan nangka

Bolehkah ibu hamil makan nangka? Bagi ibu hamil, pertanyaan seperti ini tentunya tak asing lagi terdengar di telinga kita. Buah nangka memiliki cita rasa yang manis dan lezat, maka tak heran jika banyak orang yang menyukai buah ini bahkan dimasak menjadi berbagai macam olahan seperti sup nangka, muffin nangka, juga pudding nangka. 

Lalu apakah nangka bisa dikonsumsi oleh semua kalangan? Bolehkah seorang ibu hamil mengkonsumsi buah nangka? Apakah aman? Ayo cari tau bolehkah ibu hamil makan buah nangka secara lengkapnya di laman berikut.

Manfaat Nangka bagi Ibu Hamil

Sebelumnya, perlu Anda pahami juga bahwa nangka menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Inilah beberapa manfaat dari buah nangka: 

1. Menjaga Kesehatan Tulang Ibu dan Janin

bolehkah ibu hamil makan nangka

Sumber kalsium dan magnesium dapat ditemukan pada buah nangka. Kalsium dan magnesium adalah salah satu nutrisi yang membantu pembentukan tulang pada janin dan juga mampu menjaga kesehatan tulang dimana dapat mencegah terjadinya osteoporosis pada bumil.

2. Mengontrol Gula Darah

Salah satu jenis buah yang memiliki indeks glikemik (IG) rendah yaitu nangka. Kandungan anti diabetik dalam nangka mampu mengontrol gula darah ibu hamil agar tetap normal. 

3. Melancarkan Pencernaan

bolehkah ibu hamil makan nangka

Meningkatnya hormon progesteron pada ibu hamil menyebabkan gerak peristaltik berjalan lambat sehingga bumil sering mengalami keluhan sembelit. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa disiasati dengan memakan makanan yang mengandung banyak serat. Buah nangka merupakan buah yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga apabila dikonsumsi akan memperlancar proses pencernaan.

4. Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah (anemia) dapat disebabkan karena kadar zat besi yang ada di dalam tubuh tidak tercukupi. Anemia sangat beresiko pada ibu hamil, sehingga para bumil dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi zat besi. Zat besi tersebut dapat ditemukan dalam buah nangka sehingga jenis buah ini merupakan salah satu asupan nutrisi yang baik bagi bumil.

Resiko Konsumsi Nangka Berlebihan 

bolehkah ibu hamil makan nangka

Namun di samping kandungan buah nangka yang memiliki banyak manfaat tersebut, jika dikonsumsi berlebihan akan membawa malapetaka. Berikut ini merupakan resiko yang terjadi apabila seorang bumil memakan buah nangka secara berlebihan.

1. Koagulasi Darah

Seorang bumil yang memiliki kelainan darah tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nangka karena buah ini mengandung zat yang memicu pengentalan darah dimana hal tersebut akan berbahaya bagi ibu hamil.

2. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Karena buah nangka merupakan salah satu sumber gula alami, maka konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh yang tentunya akan membahayakan kondisi ibu hamil.

3. Menimbulkan Gangguan Pencernaan

Buah nangka memiliki banyak serat sehingga ketika dikonsumsi berlebihan justru akan membuat pencernaan terganggu dan mengalami keluhan seperti diare.

4. Alergi

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi nangka yakni membersihkan getahnya. Apabila getah tidak dibuang sampai bersih maka akan menyebabkan beberapa macam alergi misalnya gatal – gatal. Selain itu juga dapat menimbulkan alergi yang lebih parah seperti kerongkongan gatal, napas terengah – engah, mata merah dan berair, batuk dan juga bersin.

Seperti itulah manfaat dan resiko pada ibu hamil ketika mengkonsumsi nangka. Jadi bolehkah ibu hamil makan nangka? Sebenarnya buah nangka memiliki kandungan nutrisi yang baik dan akan bermanfaat bagi tubuh apabila dimakan dengan takaran gizi yang seimbang. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan kondisi yang fatal khususnya bagi ibu hamil. 

Ketika mengandung hendaknya bumil selalu menjaga pola makan yang seimbang dengan memperhatikan takaran gizi yang baik. Sesuatu yang berlebihan tidaklah baik bagi tubuh kita, oleh karena itu makanlah dengan porsi sewajarnya dengan mengkombinasikan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.