Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Makanan yang dikonsumsi untuk ibu hamil harus diperhatikan dengan baik dan hati-hati. Buah yang bagus untuk ibu hamil bisa menjadi salah satu makanan kaya vitamin dan nutrisi yang bisa memaksimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan. Sang ibu pun bisa jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit jika mengkonsumsi buah-buahan tersebut. Lalu, apa saja jenis buah tersebut?

Ragam Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil 

buah yang bagus untuk ibu hamil

Asupan nutrisi yang masuk pada tubuh ibu hamil sangat menentukan kesehatan si ibu dan janin yang dikandungnya. Buah-buahan adalah sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Inilah beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu hamil:

1. Jeruk

Buah yang bagus untuk ibu hamil pertama adalah jeruk. Ini adalah buah yang mengandung asam folat, vitamin C, dan air yang cukup banyak. Bagus sekali untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil agar terhindar dari dehidrasi. Vitamin C sendiri bagus untuk menjadi antioksidan sehingga bisa mencegah terjadinya kerusakan sel serta mengoptimalkan tubuh menyerap zat besi dengan baik.

Asam folat sangat bermanfaat untuk mencegah janin nanti lahir dengan kondisi cacat terutama pada bagian saraf khususnya pertumbuhan tulang sumsum yang tidak optimal. Sebab itulah jeruk menjadi salah satu buah terbaik untuk ibu hamil.

2. Mangga

Kedua ada mangga yang rasanya enak dan juga kaya akan vitamin A dan C. Jika vitamin A tercukupi maka janin akan memiliki kekebalan tubuh yang baik dan terhindar dari resiko terserang infeksi pernapasan. Vitamin C sendiri sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit bayi selama berada di dalam kandungan sang ibu.

3. Pir

Buah pir juga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil karena ada nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil dalam buah pir. Satu buah pir mengandung nutrisi yang cukup komplit. Ada serat, kalium, dan folat yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil. Buah ini pun bisa mengatasi sembelit yang biasa dirasakan pada ibu hamil. Kalium yang terdapat dalam buah ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung ibu dan bayinya.

4. Alpukat

Selanjutnya ada buah alpukat yang banyak sekali mengandung vitamin penting untuk tubuh. Ada vitamin B, C, E, dan K serta asam lemak tak jenuh, tembaga dan juga tinggi serat. Cocok untuk ibu hamil yang sembelit dan ingin mencegah janin lahir cacat pada tabung saraf. Alpukat ini sangat bagus untuk ibu hamil jadi cocok sekali dijadikan waktu luang.

5. Jambu Biji

Buah jambu biji juga sangat bagus untuk ibu hamil. Jambu biji mengandung banyak vitamin C dan E, polifenol, folat, dan karotenoid. Semua kandungan nutrisi itu sangat bermanfaat untuk ibu hamil, Bisa membantu mengendurkan otot serta membantu sistem pencernaan agar tidak sembelit.

6. Pisang

Buah yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil salah satunya pisang. Dalam pisang ada kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin B6 dan serat juga ada pada pisang ini. Jadi selain bisa menjadi antioksidan bisa juga menjadi obat sembelit pada ibu hamil. Tak hanya itu pisang juga tinggi kalsium jadi janin bisa mendapatkan cukup kalsium untuk tumbuh kembangnya di dalam kandungan.

7. Anggur

Anggur juga menjadi salah satu buah yang cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan K, serat, pektin, dan folat. Kandungan dalam anggur ini bisa membantu ibu hamil meningkatkan imun tubuh serta mencegah terjadinya infeksi pada tubuh ibu hamil.

Itulah berbagai buah yang bagus untuk ibu hamil. Pada dasarnya, ada banyak sekali ragam buah yang penuh nutrisi, dan semua buah tersebut bisa dijadikan sebagai cemilan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si ibu dan janin. Jadi, bagi ibu hamil jangan sampai melewatkan konsumsi buah-buahan di masa kehamilannya ya!