cara konsumsi buah bit untuk ibu hamil

Tidak sedikit orang belum mengetahui buah bit. Padahal buah ini memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Ketidakfamiliarannya ini membuat banyak orang yang bingung mengenai cara konsumsi buah bit untuk ibu hamil yang benar.

Buah bit ini menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena bermanfaat untuk ibu hamil dan bayi. Namun, bagaimana cara konsumsi buah bit bagi ibu hamil? Dan apa saja manfaat buah bit untuk ibu hamil dan sang bayi? Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Bayi

cara konsumsi buah bit untuk ibu hamil

Meskipun buah bit kurang familiar di masyarakat, namun buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Terutama bagi ibu hamil yang membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak karena memiliki satu makhluk hidup yang ada di dalam perutnya. Sebelum membahas tentang bagaimana cara konsumsi buah bit untuk ibu hamil, akan dibahas terlebih dahulu tentang apa saja manfaat buah bit untuk ibu hamil sang bayi? Berikut ini pembahasannya.

1. Mengurangi Risiko Cacat pada Janin

Buah bibit mengandung asam folat yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama bagian tulang sumsumnya. Mengonsumsi buah bit secara rutin dapat membantu mengurangi kelainan atau risiko cacat pada janin.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ibu hamil memerlukan ketahanan tubuh yang baik agar terhindar dari berbagai penyakit. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ibu hamil dapat mengonsumsi buah bit karena buah ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu meminimalisir risiko infeksi pada ibu hamil.

3. Janin Berkembang dengan Baik

Buah bit mengandung vitamin A dan vitamin E yang bermanfaat untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan. Mengonsumsi buah bit bisa menjadi salah satu cara untuk membantu perkembangan janin agar berkembang dengan optimal dan sesuai milestone.

4. Mengurangi Pembengkakan

Biasanya ibu hamil mengalami pembengkakan dan nyeri sendi. Hal ini adalah hal yang normal terjadi, namun untuk mengurangi risiko ini ibu hamil bisa mengonsumsi buah bit. Buah bit mengandung betaine yang bisa memberikan efek anti-inflamasi pada tubuh.

5. Sumber Zat Besi

Salah satu zat yang dibutuhkan ibu hamil adalah zat besi. Ketika ibu hamil kekurangan zat besi, maka dapat menyebabkan anemia yang tidak baik untuk perkembangan janin. Untuk memenuhi asupan zat besi, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah bit secara rutin.

Cara Konsumsi Buah Bit untuk Ibu Hamil dengan Benar

cara konsumsi buah bit untuk ibu hamil

Buah bit memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan sang bayi, namun bagaimana cara mengolahnya? Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi jenis buah yang kurang familiar ini. Pada dasarnya, buah bit dapat dikonsumsi atau diolah dengan cara direbus, dipanggang, dikukus, bahkan diolah mentah-mentah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara konsumsi buah bit dengan benar.

1. Direbus

Buah bit dapat diolah dengan cara direbus. Rebus buah bit kurang lebih selama 30 menit. Tips agar warna buah bit tidak luntur secara berlebihan antara lain jangan potong buah bit (pertahankan batang bit setidaknya 5 cm), jangan mengupas kulit buah bit yang akan direbus, dan tambahkan sedikit cuka ke dalam rebusan.

2. Dikukus

Cara konsumsi buah bit untuk ibu hamil selain dijadikan sebagai olahan dengan direbus, buah bit juga bisa diolah dengan cara dikukus. Dalam segi mempertahankan pigmen dan nutrisi, pengolahan dengan cara dikukus lebih baik dibandingkan dengan direbus.

3. Dipanggang

Buah bit juga bisa diolah dengan cara dipanggang, baik dipanggang secara utuh atau diiris terlebih dahulu. Dalam pengolahannya, buah bit yang sudah dipanggang bisa diolah menjadi keripik, pelengkap roti, isian pastry, atau isian pie.

4. Diolah Mentah-Mentah

Cara terakhir untuk mengolah buah bit adalah dengan cara diolah mentah-mentah. Buah bit yang diolah mentah-mentah mampu menjaga kandungan nutrisi di dalamnya. Olahan ini bisa dalam bentuk acar, salad, dan jus.

Demikianlah informasi mengenai cara konsumsi buah bit untuk ibu hamil. Dari keempat cara di atas, metode merebus adalah metode yang paling tidak disarankan karena dapat menghilangkan banyak nutrisi dalam buah bit.