cara melancarkan haid

Permasalahan seputar haid yang tidak teratur selain membuat wanita merasa tidak nyaman, hal ini juga akan menimbulkan permasalahan baru bagi kesehatan seperti halnya tubuh pegal-pegal dan lain sebagainya. Hal tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja, mengetahui cara melancarkan haid agar siklus haid berjalan lancar setiap bulannya.

Macam-Macam Cara Membuat Haid Lancar

Cara untuk melancarkan haid sebenarnya lumayan banyak dan beragam. Hanya saja, biasanya wanita cenderung malas dan lebih suka menggunakan cara yang instan seperti mengkonsumsi obat kimia dan pergi ke dokter. Padahal, jika dilakukan secara terus-menerus, hal ini tidak baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, menggunakan cara alami lebih direkomendasikan.

1. Melakukan Latihan Yoga

cara melancarkan haid

Banyak cara untuk melancarkan haid mulai dari cara tradisional hingga yang menggunakan kemajuan teknologi. Salah satu caranya adalah Yoga. Gerakan-gerakan yoga yang rileks dipercaya mampu melancarkan siklus haid yang tidak teratur dengan cepat karena yoga dapat mengendalikan produksi hormon haid.

Yoga dapat dilakukan pada kelas yoga atau dilakukan sendiri di rumah jika memang sudah bisa mempraktekkan gerakannya dengan baik. Melakukan yoga selama kurun waktu 35-40 menit sangat disarankan setiap hari untuk mendapatkan haid yang lancar.

2. Banyak Mengonsumsi Vitamin D

Cara berikutnya yakni dengan mengonsumsi vitamin D. Vitamin ini mampu mengatur ovulasi agar terjadi secara teratur dan haid pun lancar. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur setiap pagi selama 15 hingga 20 menit.

Di samping itu, wanita juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti halnya ikan salmon, makanan olahan dari susu, ikan tuna, dan juga sereal. Konsumsi hal tersebut secara rutin dan dengan takaran yang pas.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

cara melancarkan haid

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu faktor kurang lancarnya haid yang dialami wanita. Oleh sebab itu, menjaga berat badan supaya tetap stabil merupakan salah satu alternatif penting untuk melancarkan haid. Jagalah berat badan agar tetap stabil sebagai ikhtiar untuk melancarkan haid dengan cara sebagai berikut:

  • Banyak mengonsumsi air putih.
  • Rutin berolahraga.
  • Tidak banyak mengonsumsi lemak.
  • Mengonsumsi buah dan sayur dengan cukup.

4. Mengganti Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi juga mempunyai peranan besar dalam kelancaran haid seorang wanita. Jika wanita tersebut sedang menggunakan alat kontrasepsi dan ternyata haidnya tidak lancar, maka bisa jadi tidak ada kecocokan antara alat tersebut dengan hormon haid. Solusinya adalah mengganti alat kontrasepsi yang sedang digunakan dengan jenis yang lain. Lebih direkomendasikan untuk mengganti alat kontrasepsi tanam atau spiral karena risiko haid tidak lancar lebih rendah.

5. Istirahat Cukup

cara melancarkan haid

Cara yang paling mudah untuk melancarkan haid yang tidak teratur adalah dengan istirahat cukup. Bisa jadi tubuh terlalu capek sehingga hormon yang ada di dalam tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal sehingga haid pun tidak lancar. Oleh sebab itu, istirahatlah dengan tidur cukup selama 6-7 jam dalam sehari semalam. Hal ini akan membuat tubuh lebih tenang dan sistem metabolisme di dalamnya bisa bekerja dengan sebaik mungkin.

Untuk membuat siklus haid semakin lancar, wanita harus telaten dalam menerapkan berbagai macam cara melancarkan haid tersebut. Cara tersebut dapat dilakukan sendiri di rumah dan pastinya aman karena menggunakan bahan-bahan alami serta harus dilakukan dengan mematuhi cara penggunaan yang ada.