cara memancing kehamilan

Untuk pasangan yang sedang menantikan momongan tentu ingin tahu cara memancing kehamilan. Pada dasarnya kehamilan ini bisa terjadi jika kedua pihak dari pasangan memiliki tingkat kesuburan yang bagus. Ada penelitian yang menyatakan kalau berhubungan seks yang intens peluang kehamilannya tinggi. Kunci utama dari kehamilan tentu adalah berhubungan badan, namun ada beberapa faktor yang juga perlu diperhatikan agar meningkatkan peluang hamil. Seperti memperhatikan masa subur, posisi, atau kesehatan dan kesuburan masing-masing pihak.

Bagaimana Cara Untuk Memancing Kehamilan?

Cara untuk memancing kehamilan ini bisa dilakukan sendiri di rumah bersama pasangan. Ada beberapa cara yang patut dicoba untuk meningkatkan peluang hamil. Selain melakukan hubungan intim secara rutin dan sesering mungkin, ada cara lain yang bisa mendukung program hamil bisa sukses.

1. Tetap di Atas Tempat Tidur Setelah Berhubungan

cara memancing kehamilan

Cara yang pertama ini pasti sudah sering didengar. Mungkin ada sebagian orang yang menganggap ini mitos apalagi jika saat berbaring harus mengangkat kaki di udara untuk memancing kehamilan. Namun pada dasarnya cara ini memang ternyata bisa membantu meningkatkan peluang kehamilan.

Setelah berhubungan baiknya tetaplah berbaring di tempat tidur selama 10 hingga 15 menit tanpa mengangkat kaki ke udara. Usahakan untuk tidak ke kamar mandi sampai 10 menit setelah berhubungan. Hal ini tujuannya membuat sperma bisa masuk ke serviks dengan baik.

2. Tak Perlu Bingung dengan Posisi Terbaik

Mitos seputar kehamilan memang banyak. Salah satunya adalah mitos dimana posisi misionaris bisa membuat peluang hamil lebih tinggi. Pada kenyataannya posisi saat berhubungan badan tidak membuat perbedaan pada peluang hamil. Lebih baik lakukan saja secara rutin dan tanpa beban saat berhubungan, agar bisa lebih berkualitas dan bisa meningkatkan peluang hamil.

3. Jaga Berat Badan

cara memancing kehamilan

Tubuh terlalu gemuk biasanya memang akan sulit untuk hamil, tubuh terlalu kurus pun sama saja. Sebaiknya jaga berat badan untuk berada di angka ideal karena ini bisa mempengaruhi kesuburan pada wanita. Ada penelitian yang menyatakan kalau wanita obesitas butuh waktu dua kali lebih lama untuk hamil, sementara untuk wanita terlalu kurus justru membutuhkan 4 kali lebih lama untuk hamil.

Lemak tubuh yang berlebih bisa menghambat tubuh untuk memproduksi estrogen sehingga ovulasi dapat terganggu. Jadi sebaiknya jaga berat badan tetap ideal sehingga bisa meningkatkan kesuburan, baik pada wanita dan pria. Sementara untuk wanita yang terlalu kurus biasanya mengalami gangguan pada menstruasi bahkan bisa berhenti ovulasi.

4. Menjaga Pola Makan

Agar kesuburan bisa meningkat sebaiknya konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Hindari rokok dan alkohol agar bisa meningkatkan kesuburan baik pada wanita dan pria. Makanan yang sehat dan bergizi sangat dibutuhkan untuk memancing kehamilan. Nutrisi yang dibutuhkan sistem reproduksi harus dipenuhi dengan baik agar peluang tinggi.

5. Menjaga Pola Hidup Sehat

cara memancing kehamilan

Selain menjaga pola makan, pola hidup sehat juga perlu diterapkan sejak dini. Kondisi tubuh yang kelelahan bisa menghambat kehamilan, baiknya istirahat yang cukup dengan tidur yang berkualitas setiap harinya minimal 7 jam. 

Jaga juga kondisi psikis atau mental agar tidak terlalu stress karena hal tersebut juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh jadi susah untuk hamil. Tenangkan diri dan terus saja berusaha. Tanamkan pikiran yang positif agar tidak stress dan bisa meningkatkan peluang kehamilan. Intinya, cara memancing kehamilan adalah menjaga tubuh tetap sehat agar kesuburan pun bisa maksimal.