cara membedakan sperma subur dan tidak

Cara membedakan sperma subur dan tidak salah satunya dengan melihat kekentalan air mani. Seperti halnya wanita, pria juga memiliki masalah kesuburan. Salah satu masalah kesuburan pria terletak pada spermanya karena merupakan elemen penting dalam reproduksi manusia. Jika sperma tidak subur, proses pembuahan akan sulit terjadi yang menyebabkan pasangan tak kunjung hamil. Cara membedakan sperma yang subur atau tidak bisa dilihat dari kekentalan air mani, bentuk, jumlah, warna air mani, dan pergerakan sperma. Berikut ini 5 cara membedakan sperma yang subur atau tidak.

Tips Membedakan Sperma Subur dan Tidak

1. Kekentalan Air Mani

cara membedakan sperma subur dan tidak

Air mani yang kental merupakan salah satu kemungkinan suburnya sel sperma. Sementara air mani yang encer lebih mungkin pertanda sel sperma yang tidak subur karena air maninya juga tidak lengket. Hal yang perlu digaris bawahi di sini bahwa air mani yang encer bukan patokan final yang menandakan sperma tidak subur. Namun, apabila air mani selalu encer, segera periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Jumlah Sperma

Cara membedakan sperma yang subur dan tidak selanjutnya adalah dengan melihat jumlah sel sperma yang terdapat pada air mani saat seorang pria ejakulasi. Jumlah sel sperma yang subur sejumlah 15 juta per milliliter air mani. Jumlah sel sperma yang dihasilkan dapat diketahui melalui tes kesuburan. Apabila hasil dari tes tersebut menunjukkan angka di bawah 15 juta maka sperma dianggap tidak subur.

3. Bentuk Sperma

cara membedakan sperma subur dan tidak

Bentuk sperma yang subur memiliki bentuk kepala oval dan ekor yang panjang. Sebaliknya, sperma yang tidak subur terkadang memiliki kepala yang tidak oval dan ekor yang lebih pendek dibanding sperma subur. Untuk melihat bentuk sperma juga harus memeriksakan ke laboratorium sebab tidak bisa dilihat langsung oleh mata.

4. Memerhatikan Pergerakan Sperma

Pergerakan sperma biasa disebut juga dengan motilitas. Pergerakan sperma yang lincah merupakan tanda dari sperma yang subur. Sperma yang lincah akan melesat cepat mencapai sel telur untuk proses pembuahan. Sementara sperma yang buruk memiliki motilitas yang buruk pula. Untuk mengetahui pergerakan sperma, Anda harus memeriksa ke laboratorium juga karena tidak dapat dilihat dengan kasat mata.

5. Melihat Warna Air Mani

cara membedakan sperma subur dan tidak

Warna air mani sperma yang subur adalah putih keabuan seperti ingus kental saat seorang pria ejakulasi. Sementara warna yang cenderung bening bisa dijadikan tanda sebaliknya. Meskipun bisa dilihat dengan kasat mata, untuk menentukan sperma subur atau tidak agar lebih akurat harus memeriksakan diri ke dokter spesialis andrologi.

Penyebab Sperma Tidak Subur

Proses pembentukan sperma bergantung pada tiga faktor yakni testis, hipotalamus, dan kelenjar pituitari di otak. Ketiga faktor tersebut harus dalam kondisi baik sehingga sperma yang dihasilkan juga sehat dan subur. Apabila salah satu dari ketiga tersebut mengalami masalah, maka sperma yang dihasilkan juga tidak akan subur. Selain itu, beberapa ahli juga mengemukakan bahwa penyebab sperma tidak subur bisa disebabkan oleh gangguan medis, pengaruh penggunaan obat-obatan, paparan zat kimia, gaya hidup, riwayat operasi organ reproduksi pria, serta suhu testis panas.

Mengetahui cara membedakan sperma subur dan tidak sehat merupakan hal yang perlu diketahui terutama bagi pasangan yang ingin memiliki buah hati. Hal tersebut bisa dijadikan acuan untuk proses reproduksi agar segera memiliki momongan. Nah, menjaga pola hidup sehat merupakan salah satu cara menjaga agar sperma tetap sehat dan subur sehingga proses pembuahan cepat terjadi. Untuk menjaga kesuburan sperma Anda harus makan makanan bergizi, olahraga teratur, menjaga suhu testis, membatasi minum yang memiliki kandungan alkohol dan kafein, dan mengonsumsi suplemen penyubur. Dengan begitu, sperma Anda tetap sehat dan semakin subur.