Cara Memperbanyak ASI

Dengan berbagai manfaat ASI bagi bayi, banyak ibu menyusui yang mencari bagaimana cara memperbanyak ASI. Sebab pada beberapa kasus, memang ada ibu yang tidak langsung memiliki produksi ASI melimpah. Padahal, peran ASI untuk kebutuhan buah hati dari usia nol sampai 6 bulan sangat besar, sehingga jumlah ASI harus senantiasa cukup. Lalu, bagaimana cara agar kuantitas ASI bisa ditingkatkan secara alami?

Cara Memperbanyak ASI Secara Alami 

cara memperbanyak asi

Bagi ibu menyusui sangat penting memperhatikan kebutuhan ASI anak agar bisa terpenuhi dan tercukupi. Bayi yang full ASI terutama sejak lahir hingga usia 6 bulan, sangat rendah sekali resiko terkena infeksi dan penyakit. Nah, langsung saja intip cara meningkatkan asi berikut ini.

1. Berikan ASI Sesering Mungkin

Untuk beberapa hari atau beberapa minggu setelah proses persalinan, pemberian ASI pada bayi belum bisa teratur. Saat bayi membutuhkan harus langsung diberikan ASI tersebut. Biasanya bayi akan minta menyusu setiap 2 hingga 3 jam sekali. Hal ini karena bayi baru lahir ini menyusu sedikitnya 8 sampai 12 kali dalam satu hari. 

Bila bayi tidak bangun untuk menyusu harus dibangunkan apalagi jika sudah lebih dari dua jam. Nanti produksi asi secara alami akan bertambah lebih banyak sesuai dengan permintaan bayi. Semakin sering diberikan maka hormone prolaktin akan bekerja merangsang produksi ASI pada sang ibu jadi volumenya bisa semakin banyak lagi.

2. Istirahat Cukup

Cara memperbanyak ASI selanjutnya adalah dengan mengatur waktu istirahat jangan sampai kurang. Mengatur jadwal tidur itu sangat penting. Usahakan jika bayi tidur, ikutlah tidur. Kurangi kegiatan di luar rumah dan perbanyak bersantai di dalam rumah bersama bayi. Stop konsumsi rokok dan minuman beralkohol sebab dua benda tersebut bisa membuat produksi ASI berkurang.

3. Mengontrol Kondisi Mental

Ibu menyusui harus bisa mengatur mood-nya. Jangan sampai merasa cemas atau tertekan. Kondisi mental sangat berpengaruh pada produksi ASI. Jika ibu menyusui merasa bahagia atau tenang maka produksi ASI bisa berlimpah. Namun saat ibu menyusui dalam pikiran yang tertekan atau sedang mencemaskan sesuatu, asi yang diproduksi akan langsung menurun drastis.

Mengelola stress dengan baik itu sangat penting untuk ibu hamil. Produksi ASI bisa terganggu jika ibu menyusui stress atau tertekan. Jika sudah mencapai titik ini mungkin kondisi ibu sedang lelah lahir dan batin karena masih beradaptasi dengan bayi baru. Saat ini yang perlu dilakukan adalah dengan meminta bantuan suami atau anggota keluarga yang lain agar bisa memiliki waktu untuk beristirahat.

4. Sharing dengan Sesama Ibu Menyusui

Bertukar pikiran dengan sesama ibu menyusui juga sangat bagus untuk menjaga ibu menyusui terhindar dari stress sehingga produksi asi tidak sampai terganggu. Saling memberikan semangat agar bisa sukses menyusui buah hati masing-masing menjadi salah satu support system yang bagus untuk ibu menyusui sehingga produksi ASI bisa meningkat. 

5. Pastikan Cairan Tubuh Terpenuhi dengan Baik

Selama menyusui cairan adalah adalah salah satu hal yang harus selalu tercukupi untuk para ibu menyusui. Ini adalah cara memperbanyak ASI yang tidak boleh ketinggalan. Selalu sediakan air putih agar tidak sampai kekurangan cairan. Tanda tubuh kurang cairan adalah warna urine yang terlihat keruh, Jika warna urine terang tandanya tubuh terhidrasi dengan baik.

6. Konsumsi Vitamin

Cara lain untuk bisa meningkatkan produksi asi adalah mengkonsumsi vitamin khusus ibu hamil. Ini menjadi salah satu cara yang banyak dipilih ibu menyusui untuk bisa meningkatkan produksi asi. Vitamin yang dijual bebas ada banyak namun akan lebih aman jika konsultasi dengan dokter kandungan atau dokter spesialis anak sehingga tidak asal minum vitamin.

Itulah beberapa cara memperbanyak ASI secara alami. Berbagai cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah, intinya adalah menjaga kesehatan fisik dan mental dengan baik. Bulatkan tekad untuk bisa lulus menyusui anak secara eksklusif hingga usia 6 bulan, dan berlanjut sampai anak berusia 2 tahun.