cara menambah nafsu makan ibu hamil

Gejala yang sering terjadi pada trimester awal ibu hamil adalah kehilangan nafsu makan. Baik makanan yang sebelum hamil merupakan makanan favorit maupun tidak. Beberapa sebab kehilangan nafsu makan antara lain morning sickness, perubahan hormon, dan stres. Meskipun kondisi ini wajar pada ibu hamil, namun tidak baik jika berlarut. Hal itu akan membahayakan diri dan janinnya. Maka dari itu perlu melakukan beberapa cara menambah nafsu makan ibu hamil yang baik dan benar

Cara Menambah Nafsu Makan pada Ibu Hamil

Berat badan ideal ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat bertambah 11-16 kg dari berat badan sebelumnya. Jika berat badan ibu hamil malah semakin turun, maka akan rentan terkena risiko kelahiran prematur dan berbagai penyakit. Salah satu pemicu hal ini adalah kurang nafsu makan sehingga berat badan turun. Oleh sebab itu simak 5 cara menambah nafsu makan pada ibu hamil yang efektif di bawah ini.

1. Mengonsumsi Makanan Dalam Kondisi Dingin

cara menambah nafsu makan ibu hamil

Aroma dari makanan hangat biasanya lebih terasa daripada makanan dingin. Kerapkali ibu hamil kehilangan selera makan sebab hanya mencium aroma makanan saja. Akhirnya ia merasa mual dan kehilangan nafsu makan.

Anda bisa mendiamkan makanan panas terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Tunggu sampai dingin dan aroma tidak keluar begitu menyengat. Setelah itu, anda boleh mengkonsumsinya. Anda juga bisa memilih alternatif makanan dingin yang lain seperti roti dan salad.

2. Mengolah Makanan yang Bervariasi

Makanan yang sama setiap hari bisa membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan, sehingga ia merasa bosan untuk makan. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa membuat santapan yang beragam. Namun tetap perlu diingat untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.

Makanan yang kaya nutrisi terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Anda bisa mengolah keduanya dengan olahan yang berbeda. Misalnya, Anda bosan dengan olahan buah menjadi salad, Anda bisa mengganti olahan tersebut menjadi jus atau yang lainnya.

3. Mencari Alternatif Makanan

cara menambah nafsu makan ibu hamil

Alternatif makanan bagi ibu hamil sangat banyak. Jika Anda merasa bosan terhadap satu jenis makanan, maka Anda bisa mencari alternatif makanan lain sebagai gantinya. Tentu perlu diperhatikan juga kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan alternatif. 

Pastikan kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Misalnya Anda tidak berselera makan daging karena bosan padahal daging mengandung protein yang dibutuhkan ibu hamil, Anda bisa mengganti daging dengan kacang-kacangan yang tinggi kandungan proteinnya.

4. Mengkonsumsi Vitamin Prenatal

Dokter biasanya menganjurkan untuk mengkonsumsi vitamin prenatal bagi ibu hamil yang kehilangan nafsu makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anda bisa mengkonsumsi vitamin ini dalam bentuk tablet maupun cair. Jika merasa mual dengan konsumsi tablet, Anda bisa memilih vitamin ini dalam bentuk cair, sebaliknya.

5. Tidur yang Cukup

cara menambah nafsu makan ibu hamil

Tidur yang cukup dipercaya dapat menambah nafsu makan. Waktu ideal ibu hamil tidur malam adalah selama 7–8 jam. Apabila ada waktu kosong saat siang sampai sore, ibu hamil bisa tidur selama 30–60 menit di antara pukul 14.00–16.00 WIB. Anda bisa menyesuaikan tidur siang ini, namun untuk tidur malam usahakan waktu tidur cukup.

Itulah 5 cara menambah nafsu makan ibu hamil yang efektif. Anda bisa mempraktikkan dengan mudah di rumah. Selain itu, Anda disarankan untuk mengurangi stres saat hamil sebab bisa juga menjadi pemicu kehilangan nafsu makan. Berbagilah pikiran dan perasaan dengan suami atau orang terdekat untuk mengurangi stres hamil.

Adapun gangguan seperti hiperemesis gravidarum atau gangguan tiroid bisa menimpa ibu hamil jika berat badan terus berkurang. Oleh sebab itu, jika Anda terus kehilangan nafsu makan yang berakibat turunnya berat badan, segera konsultasikan kepada dokter kandungan. Tujuan dari hal itu adalah untuk mengetahui penanganan yang Anda butuhkan dari permasalahan tersebut.