cara mencegah penyakit autoimun

Cara mencegah penyakit autoimun sejak dini sangat penting untuk diperhatikan supaya bisa menghindari gangguan kesehatan ini. Autoimun merupakan keadaan dimana antibodi yang dilepaskan oleh tubuh, menyerang sel sehat yang ada di tubuh itu sendiri karena dianggap layaknya benda asing. Contohnya seperti kuman, virus, atau bakteri. 

Beberapa mungkin telah mengetahui, bahwa autoimun menjadi salah satu kondisi penyakit yang belum bisa dipastikan sembuh, namun memang dapat dikendalikan agar kondisinya tak makin parah. Mengingat hal tersebut, penting bagi kita untuk melakukan tindakan preventif dengan melakukan berbagai cara yang dianggap dapat menjadi cara mencegah penyakit autoimun tersebut sejak dini. Langkah apa saja yang sebaiknya kita lakukan?

Cara Mencegah Penyakit Autoimun yang Bisa Dilakukan 

Penyakit autoimun ini dapat menyerang siapapun, termasuk mulai dari anak-anak. Untuk itu, mari terapkan serangkaian pola hidup sehat dalam keluarga untuk pencegahannya, seperti:

1. Konsumsi Asupan yang Sehat

cara mencegah penyakit autoimun

Di bawah ini merupakan beberapa jenis makanan yang dianggap mampu meminimalisir resiko kita terkena penyakit autoimun, diantaranya:

a. Makanan Mengandung vitamin D

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa salah satu hal yang dapat menyebabkan autoimun adalah kurangnya asupan vitamin D, untuk itu kita bisa bantu penuhi kebutuhan vitamin tersebut dengan mengkonsumsi makanan, seperti: ikan berlemak yang mengandung omega-3 tinggi (contoh: salmon tuna), produk olahan kedelai (tahu, tempe), susu dan olahannya, telur, jamur dan hati sapi.

b. Sayuran Bewarna Hijau

Dalam sayuran ini terkandung beragam nutrisi baik seperti vitamin A, C, E dan K serta beberapa vitamin B yang dipercaya dapat meredakan peradangan.

c. Jamur

Jamur merupakan salah satu makanan yang dikenal mampu meminimalisir risiko alergi serta berfungsi sebagai anti inflamasi untuk menekan penyakit autoimun.

d. Kunyit

Selain jamur, kunyit pun menjadi salah satu bahan dengan fungsi anti inflamasi serta memiliki efek modulasi kekebalan yang kuat, supaya tidak mudah terserang penyakit.

e. Lobak

Sayuran yang kaya antioksidan zinc dan zat besi ini dipercaya dapat mencegah kita dari penyakit autoimun.

2. Diet Gluten Free

Melakukan diet gluten free ini dianggap baik untuk mencegah sekaligus meminimalisir kondisi autoimun yang lebih parah. Dengan kita menghilangkan konsumsi gluten, maka kemudian secara otomatis dapat mengobati kondisi autoimun serta  mengurangi peradangan usus dan leaky gut.

3. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

cara mencegah penyakit autoimunSeperti yang telah diulas sebelumnya bahwa autoimun ini dapat disebabkan oleh kurangnya vitamin D. Salah satu cara mendapatkannya adalah bisa dari sinar matahari yang dapat meningkatkan kekuatan tulang serta menjaga kekebalan tubuh.

4. Rutin Olahraga dan Kelola Stress

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dengan bergerak aktif atau olahraga secara rutin dapat menjaga tubuh kita tetap dalam kondisi fit,  memperkuat sistem imun tubuh, mengatur sistem hormon serta mengoptimalkan sel-sel tubuh. Tidak hanya itu, perlu Anda pahami bahwa sakit pun bisa datang dari pikiran. 

Kondisi stress dapat berpengaruh pada fisik serta mental seseorang, termasuk pada sistem imunnya. Bahkan, dalam sebuah studi Harvard Medical School menyatakan bahwa stres dapat menjadi pemicu penyakit autoimun, seperti lupus atau rheumatoid arthritis. Dalam studi tersebut dipaparkan bahwa kondisi penyakit autoimun lebih tinggi pada orang-orang yang sebelumnya di diagnosis Post Traumatic Stress Disorder (PTSD/ gangguan stres pasca trauma).

5. Melakukan Pemeriksaan Berbasis Gen

cara mencegah penyakit autoimun

Salah satu pencegahan autoimun pun dapat dilakukan dengan pemeriksaan berbasis gen untuk mengetahui kondisi sistem imun (Immunerisk). Dengan pemeriksaan yang menyeluruh, maka kondisi autoimun bisa lebih dicegah dengan optimal. 

Itulah berbagai cara mencegah penyakit autoimun. Baiknya pula kita berkonsultasi pada dokter terkait langkah yang lebih tepatnya. Seperti halnya berkonsultasi perihal persiapan kehamilan pada morulaivf.co.id.