Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Banyak wanita yang mencari bagaimana cara mengatasi haid tidak teratur. Sebab, kondisi ini memang sering dialami banyak wanita. Umumnya, siklus menstruasi atau haid yang dialami wanita normal berkisar antara 21 – 35 hari dengan lama menstruasi 2 – 8 hari. Jika haid wanita terjadi lebih lambat, lebih cepat, flek-flek berkepanjangan atau bahkan berhenti selama beberapa bulan, maka kondisi tersebut tidak normal atau tidak teratur. 

Siklus haid yang tidak normal tersebut secara umum terjadi karena hormon estrogen dan progesterone tidak seimbang. Untuk mengatasi haid yang tidak teratur, terdapat cara-cara alami yang dapat dilakukan oleh wanita. Namun sebelum itu simak penyebab yang membuat haid tidak teratur berikut ini.

Penyebab Haid Tidak Teratur

cara mengatasi haid tidak teratur

Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah perubahan hormon. Secara umum terjadi ketika seseorang pertama kali mengalami haid saat pubertas dan menjelang masa menopause. Siklus haid yang dialami bisa lebih pendek atau panjang, dengan kuantitas terlalu sedikit atau lebih banyak dari biasa.

Faktor selanjutnya yang menyebabkan haid tidak teratur adalah gaya hidup. Seseorang dengan berat badan yang naik atau turun secara drastis adalah salah satunya. Hal ini biasanya dipicu oleh olahraga berlebihan atau gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia

Tidak hanya soal fisik, stres yang merupakan bagian dari gangguan psikis juga mempengaruhi gaya hidup yang berakibat haid tidak teratur. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti implan, pil, dan suntikan juga termasuk faktor yang menyebabkan haid tidak teratur. Selain itu, penderita PCOS (polycystic ovarian syndrome) juga mengalami haid yang tidak teratur. 

Cara Alami Mengatasi Siklus Haid Tidak Teratur

Jika Anda memiliki keluhan haid tidak teratur, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Inilah beberapa cara mengatasi haid tidak teratur tersebut: 

1. Olahraga Teratur

cara mengatasi haid tidak teratur dengan berolahraga

Olahraga teratur yang dimaksud di sini bukan merupakan olahraga yang berat. Jika Anda terbiasa melakukan olahraga berat, maka hentikan sementara jika siklus haid Anda tidak teratur karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa olahraga berat justru membuat haid tidak teratur. Olahraga cardio exercise seperti jogging, jalan cepat, dan bersepeda rutin selama 40 menit merupakan beberapa pilihan untuk menertibkan siklus haid kembali.

Lemak yang berlebih pada tubuh membuat hormon estrogen lebih banyak diproduksi dari jaringan lemak. Akibat dari hormon yang berlebih ini adalah lapisan rahim menjadi tebal sehingga darah lebih banyak menumpuk di paruh pertama siklus. Olahraga yang teratur dapat mengurangi lemak dalam tubuh. 

Lapisan rahim pun menjadi lebih tipis karena hormon estrogen lebih sedikit, sehingga aliran darah ke rahim terasa lancar dan lebih ringan. Selain itu, berolahraga dapat memicu produksi hormon bahagia yang meminimalisir stres.

2. Yoga

Penemuan studi tahun 2013 membuktikan bahwa melakukan yoga 35 – 40 menit secara berturut-turut dalam 5 hari seminggu selama 6 bulan dapat menurunkan kadar homon yang berhubungan dengan haid tidak teratur. Selain itu, pada saat haid, yoga berguna untuk mengurangi dismenore primer.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang bertambah secara drastis menjadi penyebab haid tidak teratur. Oleh sebab itu menurunkan berat badan supaya ideal merupakan upaya untuk membuat siklus haid kembali teratur. Hal itu juga untuk menjaga pendarahan dan rasa sakit yang lebih parah daripada seseorang dengan tubuh ideal. Berat badan yang kurang, juga tidak memberikan efek yang baik terhadap siklus haid, tetapi bukan berarti memperbanyak makanan lemak, harus tetap diperhatikan keseimbangan gizi dan jumlah asupan makanannya. Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa lemak adalah sumber dari estrogen.

4. Mengkonsumsi Jahe

Mengkonsumsi jahe diyakini sebagai obat alami untuk mengatasi haid tidak teratur. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang mengkonsumsi jahe seminggu sebelum haid dapat meredakan gangguan fisik, mood, dan premenstrual syndrome (PMS). Meski begitu diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

5. Kayu Manis

Mengkonsumsi kayu manis juga membantu mengatasi masalah siklus haid yang tidak teratur. Hal ini dikemukakan oleh sebuah studi tahun 2014, namun masih dibatasi oleh peserta yang tidak terbilang banyak. Oleh sebab itu diperlukan penelitian lebih lanjut juga agar kayu manis bisa jadi salah satu alternatif meyakinkan untuk mengatasi siklus haid tidak teratur.

6. Minum Cuka Apel Setiap Hari

Hasil penelitian tahun 2013 yang melibatkan 7 peserta menunjukkan bahwa mengkonsumsi cuka apel 15 ml setiap hari dapat mengembalikan menstruasi ovulasi pada penderita PCOS. Hal itu juga berhubungan dengan penurunan berat badan dan kadar gula darah saat mengkonsumsi cuka apel. Anda dapat mencampurkan madu dan air jika dirasa terlalu asam.

Itulah beberapa cara mengatasi haid tidak teratur secara lengkap dan alami. Dengan berbagai cara ini, diharapkan Anda bisa mengatasi permasalahan haid tidak teratur dengan alami. Namun, jika memang siklus haid belum teratur juga, akan sangat dianjurkan bagi Anda untuk berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, bisa diketahui dengan lebih jelas penyebab siklus haid tidak teratur dan langkah pengobatan yang bisa dilakukan.