cara menghilangkan stretch mark saat hamil

Cara menghilangkan stretch mark saat hamil banyak dicari oleh wanita, terutama ibu hamil. Sebab, kondisi ini memang umum terjadi, meski tidak semua wanita hamil mengalaminya. Stretch mark pada wanita yang sedang hamil biasanya terjadi karena kulit yang meregang. Nah, bagi yang mendapatkan stretch mark di masa kehamilan, tidak usah cemas. Ada cara menghilangkan stretch mark saat hamil yang bisa dicoba sendiri di rumah. 

Cara Menghilangkan Stretch Mark Ketika Hamil 

cara menghilangkan strech mark saat hamil

Stretch mark pada ibu hamil tidak bisa dihilangkan dengan mudah. Bekasnya akan masih sedikit tertinggal meski sudah diobati dengan obat oles atau lotion. Olesan salep atau lotion biasanya hanya untuk menyamarkan guratan. 

Hal ini karena stretch mark ada karena kolagen yang ada pada lapisan dalam kulit meregang hingga robek. Nah, agar stretch mark bisa benar-benar tersamarkan guratannya sampai tidak terlihat, mari simak ulasannya berikut.

1. Hyaluronic Acid

Cara menghilangkan stretch mark saat hamil adalah dengan menggunakan lotion yang mengandung hyaluronic acid. Ini salah satu bahan kimia yang biasanya ada pada toner atau serum untuk wajah. Ternyata bahan tersebut juga bagus untuk menghilangkan stretch mark saat hamil. 

Kandungan asam hyaluronic bisa membuat kulit jadi lebih tahan pada regangan. Kandungan bisa membuat produksi kolagen meningkat begitu juga dengan jaringan ikat pada kulit. Jadi saat mencari obat oles atau lotion coba cari yang ada kandungan hyaluronic acid.

2. Centella Asiatica

Kandungan ini merupakan ekstrak tanaman yang cukup terkenal bagus untuk perawatan kulit wajah. Ternyata ekstrak tanaman daun pegagan ini juga bisa menghilangkan stretch mark saat hamil. Intinya ekstrak tanaman daun pegagan ini membantu mengoptimalkan stimulasi jaringan ikat dalam tubuh. Aktivitas hormone steroid dalam tubuh pun juga lebih terkontrol. Perlu diketahui bahwa hormone steroid inilah yang menyebabkan stretch mark muncul.

3. Vitamin C

Vitamin yang bagus untuk kulit adalah vitamin C dimana bisa membuat kulit jadi lebih elastis dan kuat. Jadi untuk cara menghilangkan stretch mark saat hamil adalah dengan menggunakan lotion yang mengandung banyak vitamin C. Vitamin ini bisa membuat produksi kolagen meningkat sehingga kulit jadi lebih elastis dan juga kuat. Vitamin C ini juga bisa membuat kulit jadi lebih cerah.

4. Vitamin E

Selain vitamin C ada juga vitamin E yang bisa membuat kulit lebih sehat. Vitamin E ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen serta membuat kulit jadi lebih lembab. Lotion stretch mark yang mengandung vitamin E juga disarankan karena memang bagus untuk perawatan kulit. Produksi kolagen yang meningkat dan vitamin E ini bisa mengikat air untuk menghidrasi lapisan kulit, sangat cocok digunakan untuk menghilangkan stretch mark saat hamil.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya ini bisa menstimulasi sel ikat sehingga kulit bisa memproduksi kolagen. Untuk merawat kulit, lidah buaya ini bisa mengurangi kerutan dan melembutkan kulit stretch mark. Kerutan pada kulit bisa berkurang sehingga tekstur guratan akan halus secara perlahan. Tak hanya itu saja lidah buaya ini juga bagus sekali untuk melembabkan kulit.

6. Minyak Zaitun dan Kelapa

Dua jenis minyak ini sudah terbukti sangat bagus untuk mengatasi stretch mark saat hamil. Kedua minyak ini mengandung vitamin E yang banyak sehingga bisa meningkatkan produksi kolagen dan glikosaminoglikan pada kulit. Minyak kelapa membantu sekali cara menghilangkan stretch mark saat hamil dengan efektif. Carilah lotion atau obat oles yang mengandung minyak kelapa dan minyak zaitun untuk mengatasi stretch mark. 

7. Laser

Cara terakhir jika semua cara sebelumnya dicoba namun stretch mark tak kunjung hilang maka lakukan laser. Terapi laser ini bisa membantu menghilangkan stretch mark namun tentunya harus dilakukan setelah masa persalinan. Sayangnya untuk orang yang berkulit gelap efek sampingnya adalah perubahan warna kulit atau bisa belang.

Nah, bagi ibu hamil yang cemas dengan stretch mark membandel coba cara-cara di atas dengan sabar dan telaten. Perlahan akan tersamarkan dan hilang lagi. Ibu hamil juga bisa berkonsultasi langsung kepada dokter kandungan terkait bagaimana menghilangkan stretch mark yang aman dan tidak membahayakan janin ataupun kesehatan ibu sendiri. 

Ibu hamil harus tetap menjaga kesehatan seperti dengan macam-macam olahraga untuk ibu hamil dan berbagai asupan gizi untuk ibu hamil yang tips-tipsnya bisa dilihat melalui laman web morulaivf.co.id ini. Tetap semangat demi kesehatan kita dan bayi tercinta.