cara meningkatkan jumlah sperma

Kesehatan dan kualitas sperma yang baik adalah salah satu penentu kesuburan pria. Maka dari itu, banyak pria yang mencari cara meningkatkan jumlah sperma. Kesuburan pria yang baik akan berpengaruh besar pada keberhasilan terjadinya kehamilan. Sementara, kualitas sperma pada setiap pria tidaklah sama. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti gaya hidup, kecukupan nutrisi, hingga penyakit tertentu.

Salah satu ciri atau kriteria sperma dengan kualitas yang baik adalah jumlah sperma yang normal. Rendahnya jumlah sperma menjadi salah satu indikasi adanya masalah kesuburan. Oleh karena itulah, sebagai pria seharusnya mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan jumlah sperma? Simak pembahasannya berikut ini.

Kriteria Kualitas Sperma yang Baik

Salah satu kriteria kualitas sperma yang baik adalah jumlah sperma yang normal. Namun selain itu ada beberapa ciri lainnya yang menunjukkan kualitas sperma yang baik, antara lain sebagai berikut:

1. Jumlah Sperma

Rata-rata jumlah sperma normal adalah 15-20 juta sperma per mililiter air mani yang dikeluarkan pria saat ejakulasi. Apabila tidak keluar dalam jumlah yang normal atau berkurang bahkan sangat sedikit, maka pasangan akan lebih sulit hamil karena jumlah sperma yang mampu bergerak hingga menuju sel telur lebih sedikit.

2. Pergerakan Sperma

Kualitas sperma yang baik juga dipengaruhi oleh kecepatan dan arah gerak sperma. Sperma yang berkualitas dan juga sehat adalah sperma yang memiliki kecepatan gerak yang baik dalam perjalanannya menuju sel telur dan membuahinya.

3. Bentuk Sperma

cara meningkatkan jumlah sperma

Bentuk sperma yang sehat adalah struktur kepala yang lonjong dengan ekor yang panjang. Panjangnya ekor tersebut akan membantu sperma bergerak menuju sel telur. Ini adalah bentuk normal dari sperma, jika jumlahnya banyak dengan bentuk seperti ini maka akan semakin mudah sperma-sperma tersebut bergerak mencapai sel telur.

Cara Meningkatkan Sperma

Sperma yang sehat dan berkualitas tidak hanya bermanfaat untuk kesuburan, namun juga kesehatan tubuh sendiri. Berikut ini beberapa cara meningkatkan sperma:

1. Menjaga Asupan Nutrisi

cara meningkatkan jumlah sperma

Untuk meningkatkan kualitas sperma bisa dilakukan dengan cara menjaga asupan makanan sehat dan bergizi setiap harinya. Seperti makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral.

2. Mengonsumsi Vitamin dan Mineral

Jenis vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, salah satunya adalah zinc dan vitamin D. Kandungan ini dapat meningkatkan jumlah dan memperbaiki pergerakan sperma. Beberapa makanan yang mengandung vitamin dan mineral ini antara lain ikan, daging merah, hati, dan kuning telur.

3. Mengonsumsi Suplemen Penambah Kualitas Sperma

Suplemen yang mengandung asam amino seperti suplemen D-aspartic (D-AA) dapat meningkatkan kadar testosteron, yaitu hormon seks pria yang berperan penting dalam memproduksi sperma. Bisa juga dengan suplemen herbal seperti fenugreek atau kelabat (Trigonella foenum-graecum), rujak polo (Tribulus terrestris), dan masih banyak lagi.

4. Rutin Berolahraga

cara meningkatkan jumlah sperma

Cara lainnya untuk meningkat kualitas sperma adalah dengan cara rutin berolahraga. Hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya berat tubuh tetap ideal, sehingga berpeluang kecil untuk mengalami berat badan berlebih atau obesitas yang bisa menurunkan kualitas sperma.

5. Hentikan Kebiasaan Buruk

Untuk menjaga kualitas sperma, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk yang tak sehat seperti merokok, stres, minum alkohol, mengonsumsi narkoba, melakukan seks yang tak sehat, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara meningkatkan jumlah sperma atau kualitas sperma. Hal ini semata-mata demi memiliki keturunan. Konsultasikan dengan dokter apabila  belum juga memiliki keturunan dalam waktu yang lama. Semoga informasi ini bermanfaat.