cara meningkatkan kualitas sperma

Bagi para pasangan yang saat ini ingin memiliki keturunan dan dalam program hamil, ada baiknya mengetahui cara meningkatkan kualitas sperma. Sebab, kualitas sperma adalah salah satu faktor penting yang menentukan apakah promil bisa berhasil atau tidak. Sperma yang sehat tidak hanya dilihat dari kesehatan organ reproduksi pria saja, tapi ada banyak faktor yang juga diperhatikan. 

Nah, meningkatkan kualitas sperma pria ini bisa menaikkan peluang juga kehamilan pasangan. Sperma harus sehat dan kualitasnya bagus sehingga pembuahan bisa berjalan dengan baik. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kualitas sperma itu? 

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Sebetulnya sperma yang sehat dan berkualitas baik itu sangat erat hubungannya dengan kesehatan tubuh orang itu sendiri. Jadi cara meningkatkan kualitas sperma tidak jauh dari menjaga kesehatan tubuh, nah ini dia beberapa cara yang bisa dicoba:

1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

cara meningkatkan kualitas sperma

Kualitas sperma bisa ditingkatkan dengan cara menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta seimbang. Jangan sampai tubuh tidak mendapatkan asupan yang cukup akan sayur dan buah. Usahakan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah dan sereal. 

Selain menyehatkan sperma itu bisa memenuhi kebutuhan serat dan vitamin untuk tubuh. Tak hanya itu konsumsi juga makanan tinggi protein dan omega 3 agar kualitas sperma bisa meningkat. Hal ini karena protein dan omega 3 merupakan bahan baku pembentukan sperma dan meningkatkan jumlah sperma.

2. Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Lalu selanjutnya adalah memperhatikan vitamin dan mineral. Ini bagus sekali untuk meningkatkan kualitas sperma terutama zinc dan vitamin D. Kedua zat itu nanti membantu untuk meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma. Makanan yang banyak zinc dan vitamin D adalah daging, kerang, olahan susu, dan sereal.

3. Menjalankan Pola Hidup Sehat

cara meningkatkan kualitas sperma

Ini adalah hal yang paling penting dan sering diremehkan banyak orang. Pola hidup sehat yang berpengaruh pada kualitas sperma. Untuk bisa meningkatkan kualitas sperma sebaiknya lakukan olahraga secara rutin untuk meningkatkan kadar testosteron. Menjaga berat badan juga penting karena bisa meningkatkan kesuburan pria dan jumlah air mani.

Jauhi rokok dan alkohol serta kelola stress dengan baik dan benar. Pastikan untuk tidak berganti-ganti pasangan untuk mencegah penyakit menular seksual. Pakaian dalam yang ketat juga harus dihindari karena bisa memperlambat produksi sperma.

Seperti Apa Kualitas Sperma yang Baik?

cara meningkatkan kualitas sperma

Inilah beberapa kriteria yang bisa menentukan apakah sperma memiliki kualitas yang baik atau tidak: 

1. Jumlah sperma

Sperma yang sehat ada pada angka 15 hingga 120 juta sperma per mililiter air yang dikeluarkan saat ejakulasi. Jika jumlah sperma sangat sedikit maka akan sangat sulit bagi pasangan untuk hamil karena jumlah sperma yang bisa bergerak sampai ke sel telur juga lebih sedikit.

2. Pergerakan sperma

Lalu ada juga kecepatan serta arah gerak dari sperma itu sendiri. Sperma yang berkualitas dan sehat, kecepatannya pun baik untuk bisa menuju pada sel telur lalu terjadi pembuahan. Jika kecepatan sperma tidak maksimal maka akan sulit terjadi pembuahan pada sel telur.

3. Bentuk Sperma

Bentuk sperma yang sehat mempunyai struktur kepala yang lonjong dan ekornya panjang. Ekor itu nanti membantu sperma untuk bisa bergerak menuju sel telur. Jika jumlah sperma dengan bentuk yang normal banyak maka kemungkinan untuk hamil pada pasangan lebih tinggi.

Nah, itu dia beberapa cara meningkatkan kualitas sperma sekaligus menjaga kualitasnya. Program hamil akan sangat bergantung pada kesehatan sperma. Jadi mulailah atur pola makan dan terapkan gaya hidup sehat. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan keturunan juga bisa menjadi semakin besar.