cara menjaga kehamilan

Cara menjaga kehamilan sangat penting dilakukan. Dianugerahi sang buah hati merupakan hadiah terindah untuk melengkapi pernikahan sepasang suami istri. Tentu hal tersebut menjadi hal yang ditunggu-tunggu apalagi untuk sepasang suami istri yang baru saja menikah. Namun sayangnya banyak juga sepasang suami istri yang susah mendapatkan momongan dikarenakan oleh beberapa faktor.

Beberapa faktor seperti kelelahan akibat pasangan yang mempunyai kesibukan masing-masing, pernah mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, hingga lemahnya kandungan sehingga menyebabkan keguguran berulang. Lalu bagaimanakah menjaga kehamilan dengan baik dan benar? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Tips Menjaga Kehamilan

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan sang buah hati. Salah satunya dengan berkonsultasi ke dokter untuk program kehamilan. Anda bisa mengunjungi klinik promil terpercaya di dalam negeri seperti Morula IVF dan mencari tahu apa itu program bayi tabun pada website nya morulaivf.co.id. Program bayi tabung dari Morula IVF ini bahkan efektif hingga lebih dari 85% mempunyai kesempatan untuk hamil.

Tahap selanjutnya ketika Anda sudah berhasil mengandung sang buah hati, Anda wajib untuk menjaga kehamilan Anda sedari trimester 1, karena trimester awal ini justru dianggap kehamilan yang sangat rawan karena pembentukan dan perkembangan awal untuk organ janin Anda di dalam kandungan. Dengan memperhatikan beberapa tips menjaga kehamilan berikut ini, diharapkan Anda bisa menerapkannya agar janin Anda sehat hingga melahirkan nanti.

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi, Cukup Nutrisi dan Multivitamin

cara menjaga kehamilan

Dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung asam folat, vitamin, hingga kalsium agar dapat mengurangi resiko anemia bahkan morning sickness hingga kelelahan. Mengkonsumsi makanan bergizi juga berpengaruh pada perkembangan otak janin, berat lahir yang cukup, serta menghindari resiko cacat lahir. Berikut beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk perkembangan janin Anda :

  • Zat besi : Brokoli, bayam, ikan salmon, kacang merah
  • Vitamin C : jeruk, strawberry, tomat
  • Protein : Kacang-kacangan, kedelai, daging, ayam, telur matang
  • Kalsium : Sawi, kangkung, susu kedelai, hingga susu yang sudah di pasteurisasi
  • Asam folat : Apokat, asparagus, bayam, pisang
  • Zinc : kepiting, udang, tiram
  • Lemak sehat : minyak zaitun dan biji-bijian

2. Rajin Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Kandungan 

Para bunda yang sedang mengandung, diwajibkan untuk rajin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan sekitar 2 minggu sekali. Dan melakukan tes sampel darah, urin, tekanan darah, berat badan, foto USG, hingga tes skrining pada janin.

3. Olahraga Ringan dan Senam Kehamilan 

cara menjaga kehamilan

Rajin melakukan gerakan senam seperti yoga untuk mengendurkan otot-otot yang tegang selama kehamilan berlangsung, mengurangi sakit punggung, mengurangi stress, mengurangi sembelit, memperbaiki kualitas tidur yang sering terganggu saat kehamilan.

4. Menjaga Berat Badan dan Mengurangi Stres

Anda sangat perlu menjaga berat badan stabil kurang lebih dengan kenaikan 11-15 kg. Karena jika berat badan dibawah rate maka bisa dikatakan Anda kekurangan asupan gizi untuk janin Anda, sedangkan jika berat badan berlebih akan menimbulkan resiko preeklampsia dan diabetes. Dipercaya jika Anda mampu menjaga berat badan Anda tetap stabil ditambah berat janin Anda juga stabil, Anda akan lebih mudah saat melahirkan.

Anda juga harus mengurangi stress berlebihan apalagi ketika muncul morning sickness yaitu dengan meluangkan waktu lebih untuk saling berkomunikasi dengan pasangan, meminta pasangan Anda untuk membantu pekerjaan rumah hingga memijat bagian tubuh Anda yang pegal, menjaga kualitas tidur, dan rajin menghirup udara segar pagi untuk relaksasi. 

5. Menghindari Konsumsi Obat Sembarangan, Rokok serta Alkohol

cara menjaga kehamilan

Ketika hamil, Anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat-obatan sembarangan, terlebih ketika Anda mengalami mual berlebihan atau mengalami flu saat hamil. Anda perlu mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

Diusahakan untuk menghindari konsumsi minuman makanan beralkohol, mengandung kafein berlebihan, hingga menghindari menjadi perokok aktif maupun pasif. Untuk menghindari adanya cacat lahir dan kelahiran prematur pada bayi Anda.

Itulah 5 cara menjaga kehamilan efektif yang bisa Anda terapkan guna menghindari resiko keguguran, preeklampsia, cacat lahir, hingga kelahiran prematur. Semoga bermanfaat untuk Anda para calon ibu ya!