cara menyuburkan kandungan

Banyak pasangan yang sudah menikah mencari bagaimana cara menyuburkan kandungan yang efektif. Sebab, tidak sedikit pasangan yang kesulitan untuk memiliki keturunan. Hal ini disebabkan oleh adanya masalah kesuburan. Lalu, bagaimana cara menyuburkan kandungan yang efektif? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kesuburan. Mulai dari menjaga pola hidup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan lain sebagainya.

Terutama mengonsumsi makanan yang bergizi, ini termasuk hal yang perlu diperhatikan karena hal ini membentuk dasar dari strategi hidup sehat. Untuk mengetahuinya lebih jelas, simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan Nutrisi Penyubur Kandungan

Salah satu tips menyuburkan kandungan adalah mengonsumsi makanan bergizi. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat untuk mengoptimalkan kesuburan. Berikut ini kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan kandungan.

1. Asam Folat

Kandungan asam folat penting untuk menjaga kesehatan organ reproduksi dan membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida. Nutrisi ini baik dikonsumsi saat program hamil, setidaknya sebanyak 400 mcg selama satu bulan sebelum hamil.

2. Zat Besi

Selain asam folat, kandungan nutrisi yang memiliki manfaat atau berperan penting pada masa program hamil adalah zat besi. Bahkan, kandungan ini dibutuhkan pada awal kehamilan untuk mengalirkan oksigen ke janin.

3. Serat Alami

Kandungan nutrisi serat alami dapat ditemukan di buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga bisa menjadi makanan penyubur kandungan. Misalnya semangka, asparagus, kale, kangkung, dan goji berry.

4. Lemak

Wanita bisa mengonsumsi lemak nabati yang sehat untuk menyuburkan kandungannya. Lemak nabati terdapat dalam kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun.

5. Karbohidrat Kompleks

Salah satu kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan adalah karbohidrat kompleks. Mengonsumsi karbohidrat kompleks dapat menjaga kesehatan kesuburan. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan dari sereal, beras merah, quinoa dan millet.

6. Protein

Protein bisa ditemukan pada daging ayam dan ikan yang juga mengandung sumber zinc dan zat besi yang bisa menjadi makanan penyubur kandungan. Selain daging ayam dan ikan, sumber protein juga bisa didapatkan dari telur.

7. Yodium dan Kalsium

Yodium berperan untuk membantu tubuh lebih aktif memproduksi hormon tiroid yang berfungsi mengendalikan metabolisme. Sedangkan, kalsium berperan untuk menjaga sistem reproduksi berfungsi dengan lancar.

Tips Menyuburkan Kandungan

Bagi pasangan yang kesulitan memiliki keturunan, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan permasalahannya. Jika masalah yang terjadi terletak pada ketidaksuburan, maka beberapa tips menyuburkan kandungan berikut ini bisa dilakukan.

1. Menjaga Pola Hidup Sehat

cara menyuburkan kandungan

Untuk meningkatkan kesuburan, maka perlu untuk menjaga pola hidup sehat. Antara lain seperti rutin berolahraga (setidaknya 3 kali dalam sepekan), mengonsumsi makanan bergizi, dan menghindari kebiasaan tak sehat seperti merokok, sering begadang, atau minum kopi.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Nutrisi dalam makanan memiliki peran penting untuk meningkat kesuburan. Oleh karena itu, selain berolahraga dan menghindari kebiasaan tak sehat, mengonsumsi makanan bergizi juga bisa menyuburkan kandungan.

3. Hindari Stres

cara menyuburkan kandungan

Menjalani masa awal pernikahan pasti memiliki tantangannya tersendiri. Perlu adaptasi dan kompromi untuk menyelesaikan permasalahan yang tak jarang menimbulkan stres. Namun, usahakan untuk mengelola stres dengan baik karena stres bisa menimbulkan gangguan psikis dan hormonal yang mempengaruhi kesuburan wanita.

4. Perhatikan Siklus Ovulasi

Untuk memperbesar peluang kehamilan, penting untuk mengetahui masa ovulasi. Dengan mengetahui masa ovulasi, maka pasangan dapat mengetahui waktu terbaik untuk melakukan hubungan seks, yakni dua atau tiga hari sebelum memasuki masa ovulasi.

5. Menjaga Berat Badan

cara menyuburkan kandungan

Menjaga berat badan agar tetap ideal dapat meningkatkan kesuburan, karena hormon estrogen yang berpengaruh dalam proses kehamilan dipengaruhi oleh lemak tubuh. Maka dengan berat badan yang ideal, peluang kehamilan lebih besar.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menyuburkan kandungan. Untuk mengoptimalkan kesuburan, perlu adanya kerjasama antar keduanya. Jadi, baik istri maupun suami juga mengusahakan sebaik mungkin untuk peluang kehamilan yang lebih besar.