cara merasakan gerakan janin usia 3 bulan

Banyak para ibu hamil yang ingin tahu cara merasakan gerakan janin usia 3 bulan. Pada usia kandungan sudah hampir masuk trimester kedua biasanya keluhan di awal kehamilan akan mulai menghilang atau mereda. Bagi ibu hamil yang baru pertama kali merasakan masa kehamilan tentu akan sangat penasaran dengan gerakan janin yang ada di dalam kandungan.

Perlu diketahui terlebih dahulu seperti apa perkembangan janin pada usia kehamilan yang akan memasuki usia 4 bulan. Janin akan memiliki sistem otot dan usus yang sudah mulai terbentuk, beberapa tulang sudah mulai mengeras namun untuk bagian tulang punggung masih sangat lunak. Tangan dan kaki mulai tumbuh bahkan besar kemungkinan sudah ada permulaan kuku pada jari tangan dan kaki. Jenis kelamin pun bisa segera diketahui.

Apakah Janin Usia 3 Bulan Sudah Bergerak?

cara merasakan gerakan janin usia 3 bulan

Cara merasakan gerakan janin pada usia 3 bulan tidak mudah. Hal ini karena janin masih sangat lemah dan gerakannya juga belum sempurna sebab masih dalam tahap pembentukan fisik. Gerakan janin memang salah satu tanda bahwa di dalam kandungan calon bayi sedang tumbuh dengan sehat dan baik.

Biasanya gerakan baru akan terasa di usia janin yang sudah 16 minggu dan gerakannya masih sangat lembut. Untuk janin usia 12 bulan tentu belum bisa dirasakan karena memang pertumbuhan janin yang masih berproses. Untuk yang baru pertama kali masuk fase kehamilan, maka janin akan mulai terasa bergerak di minggu ke-18 sedangkan untuk yang sudah pernah hamil, usia 16 minggu sudah bisa merasakan gerakan janin meski masih sangat lembut.

Pertumbuhan janin memang terasa lambat dan membuat ibu hamil merasa tidak sabar untuk segera merasakan gerakan dan melalui proses persalinan apalagi jika baru merasakan kehamilan pertama kali. Janin yang belum masuk masuk trimester kedua tentu belum ada gerakan yang berarti namun pertumbuhannya tetap berjalan. Tulang-tulang sudah ada yang mengeras, jaringan tubuh, sampai bagian tubuh mulai terbentuk satu persatu.

Bagaimana Cara Merasakan Gerakan Janin?

1. Menggunakan USG

cara merasakan gerakan janin usia 3 bulan

Merasakan janin pada saat usia kandungan masih sangat muda tentu akan sangat sulit. Namun, ibu hamil tetap bisa mengontrol dan mengetahui perkembangan hingga pergerakan janin dengan bantuan sebuah alat yaitu USG. Untuk usia yang kandungan yang masih sangat muda baiknya menggunakan USG sehingga bisa mengetahui dengan jelas seperti apa dan sejauh mana janin berkembang. 

2. Ultrasonografi

cara merasakan gerakan janin usia 3 bulan

Sebelum ada USG ada juga alat yang bisa membantu ibu hamil untuk memantau pertumbuhan janin yaitu ultrasonografi. Itu adalah teknik diagnostik yang dibantu dengan pencitraan suara ultra sehingga bisa melihat kondisi bagian tubuh. Tentu hasil pemeriksaan menggunakan teknik ini hasilnya terbatas, yang bisa dipantau hanyalah detak jantungnya saja.

Jika memang sangat ingin tahu pergerakan janin hasil akan jauh lebih memuaskan jika menggunakan teknik pemeriksaan USG. Banyak hal yang bisa diketahui melalui USG selain pertumbuhan dan pergerakan janin, seperti air ketuban dan tali plasenta bisa dilihat melalui USG ini.

Itu dia dua cara merasakan gerakan janin usia 3 bulan. Baik USG atau ultrasonografi bisa membantu ibu hamil untuk bisa mengetahui dan memantau perkembangan calon bayi di dalam kandungan. Tentunya untuk melakukan pemeriksaan tersebut harus dilakukan ke dokter spesialis kandungan di rumah sakit. Sebab di rumah sakit peralatannya lebih memadai sehingga sudah pasti ada pemeriksaan USG bahkan sampai yang teknologi terbaru.