Cemilan Sehat Ibu Hamil

Saat hamil, bukan berarti ibu tidak bisa makan cemilan. Sebab, ada berbagai cemilan sehat ibu hamil yang bisa dikonsumsi. Berbagai cemilan ini juga sangat mudah untuk dijumpai dan dibuat sendiri di rumah. Dengan cemilan yang sehat, ibu hamil bisa tetap menikmati makanan kecilnya dengan nutrisi yang tetap terpenuhi untuk tumbuh kembang janin. Lalu, apa saja cemilan sehat untuk ibu hamil?

Rekomendasi 6 Cemilan Sehat Ibu Hamil 

Inilah beberapa cemilan yang sehat dan bisa dengan mudah dijumpai dan dibuat sendiri di rumah oleh ibu hamil: 

1. Smoothies Buah

cemilan sehat ibu hamil

Cemilan sehat ibu hamil yang pertama adalah smoothies buah. Buah adalah makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi siapa saja. Bahkan buah adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar kesehatan senantiasa terjaga. Banyak sekali jenis buah yang bisa diolah jadi smoothies. Mulai dari pisang, buah naga, apel, alpukat, dan sebagainya. 

Biasanya agar rasanya lebih nikmat bisa dicampur dengan susu atau yoghurt yang juga bagus untuk ibu hamil. Selain kaya nutrisi dan aman, smoothies ini enak dan bisa membuat ibu hamil merasa kenyang. Bisa dikonsumsi saat sarapan atau cemilan ketika lapar. Cara membuatnya pun sangat mudah dan anti ribet. 

Cukup haluskan (blender) buah yang ingin dijadikan smoothies dengan tambahan sedikit yoghurt, madu, atau susu. Jika sudah, smoothies ini bisa langsung dikonsumsi. Namun jika ingin memberikan topping, bisa juga ditambahkan potongan buah diatas smoothies yang sudah jadi. Dijamin rasa smoothies tersebut bisa semakin enak dan segar! 

2. Overnight Oats

Camilan sehat yang kedua adalah overnight oats. Ini adalah campuran dari oat dengan beberapa jenis buah yang dicampur jadi satu. Setelah oat dan buah dicampur, dimasukkan ke dalam lemari es selama satu malam, baru dimakan keesokan harinya. Makanan yang masuk jenis cemilan ini sudah populer dan biasa dijadikan sebagai menu sarapan karena lebih menyehatkan daripada sereal yang instan.

Bahan yang digunakan bisa dipilih sendiri dan tentunya lebih fresh. Resep overnight oats sendiri sudah sangat banyak beredar serta mudah sekali cara membuatnya. Bisa menggunakan campuran yoghurt, selai kacang, dan campuran lain sesuai dengan selera si ibu hamil.

3. Kacang-kacangan

cemilan sehat ibu hamil

Cemilan sehat ibu hamil lainnya adalah kacang-kacangan. Kacang sangat bagus untuk janin dalam kandungan apalagi kacang almond, edamame, kacang mede, dan kacang kenari. Ini adalah makanan yang mengandung protein tinggi dan juga asam folat, dan bahkan bagus sekali untuk produksi ASI pada ibu menyusui. Selain bisa dimakan secara langsung bisa juga dinikmati dengan cara memakannya sebagai topping di beragam jenis makanan. 

4. Bubur Kacang Hijau

Ini adalah makanan dengan rasa enak dan cocok sekali dijadikan cemilan untuk ibu hamil yang mudah lapar. Kacang hijau baik untuk janin karena mengandung asam folat yang tinggi dan juga protein. Serat dan vitaminnya pun juga ada. Agar lebih sehat untuk ibu hamil, konsumsi kacang hijau dengan susu daripada dengan santan.

5. Granola

cemilan sehat ibu hamil

Granola adalah salah satu jenis makanan yang terdiri dari oat dan kacang-kacangan. Terdapat madu dan buah kering juga yang kemudian dipanggang setelah tercampur. Mengkonsumsi granola ini bisa dengan cara mencampurnya dengan susu seperti makan sereal, cocok untuk sarapan dan untuk cemilan ketika lapar.

6. Salad Buah

Cemilan sehat ibu hamil yang terakhir adalah adalah salad buah. Ini merupakan cemilan enak, mengenyangkan, tapi sehat. Cara membuatnya sangat mudah, biasanya untuk campuran salad buah diberi yoghurt. Pilih buah yang menjadi kesukaan masing-masing, potong dadu lalu campurkan dalam satu wadah dan tambahkan yoghurt lalu aduk secara merata. Rasanya sangat enak dan segar.

Buah sendiri sangat bagus jika dikonsumsi secara langsung, jadi salad ini sangat aman dan menyehatkan. Ragam buah yang dipakai bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janinnya.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi cemilan sehat ibu hamil yang enak dan aman dikonsumsi setiap hari. Dengan rekomendasi cemilan ini, ibu hamil diharapkan tetap bisa memenuhi nutrisi untuk janin dengan optimal. Hindari makanan berpengawet dan mengandung micin, karena itu bisa membahayakan kesehatan si janin yang ada di dalam kandungan.