ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama

Ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama adalah masa paling penting yang wajib diketahui. Pada tahap trimester pertama ibu hamil pasti mengalami sejumlah perubahan baik fisik maupun mental sehingga berpengaruh pada aktivitas sehari-hari juga. Oleh sebab itu, memastikan kesehatan janin pada trimester pertama adalah hal yang sangat penting guna memastikan pertumbuhan dan perkembangan janin di tahap berikutnya. 

Ciri-ciri Janin Sehat Pada Trimester Pertama 

Ada 5 tanda ciri janin sehat pada trimester pertama kehamilan yang bisa dikenali sebagai berikut.

1. Perkembangan Awal Janin

ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama

Tahap trimester pertama merupakan tahap awal perkembangan fisik janin. Terlihat lingkaran hitam di bagian wajah pada janin sehat yang akan bertumbuh kembang menjadi mata dan bagian wajah lain. Selain itu, rahang bawah, mulut, dan tenggorokan bagian dalam juga akan berkembang pada tahap ini.

Ciri janin sehat pada trimester pertama juga ditandai dengan terbentuknya plasenta yang berfungsi menyalurkan nutrisi dari ibu hamil ke janin dan menyalurkan kotoran dari janin yang ada dalam kandungan keluar.

2. Gerakan Janin

Ciri janin sehat juga bisa dilihat dari gerakan janin. Janin yang sehat akan melakukan tendangan. Mungkin pada bulan pertama masih belum terasa, namun seiring berjalannya waktu tendangan akan lebih sering dirasakan ibu hamil terutama saat trimester kedua kehamilan. Gerakan janin ini juga bisa dikontrol melalui USG. Jika pergerakan bayi terasa pasif, segera periksakan kandungan Anda ke dokter untuk membantu memastikan kesehatan janin.

3. Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil

ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama

Ibu hamil dengan janin yang sehat sangat wajar apabila berat badannya naik sekitar 1–2 kg pada trimester pertama dan 2-2,5 kg di trimester selanjutnya. Kenaikan berat badan ini terjadi secara bertahap sesuai pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, apabila berat badan ibu hamil naik secara drastis dan tidak wajar, segera periksakan ke dokter untuk memastikan kesehatan ibu dan janin.

4. Ukuran Janin Normal

Secara umum, janin yang sehat akan tumbuh sekitar 5 cm setiap bulan. Sementara berat pada janin yang sehat bertambah 700 gram setiap minggu. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah bahwa angka tersebut bukan merupakan patokan utama sebab ukuran setiap janin berbeda bergantung pada kondisi fisik ibu hamil. 

Namun, untuk menentukan ukuran janin yang terpenting adalah adanya penambahan ukuran di setiap bulan pada trimester pertama. Salah satu upaya untuk memastikan penambahan ukuran janin dalam kandungan adalah dengan pemeriksaan USG oleh dokter kandungan.

5. Hormon Progesteron dan Estrogen Naik

ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama

Hormon penting dalam kehamilan adalah hormon progesteron dan estrogen. Hormon progesteron secara umum akan menghasilkan 20 lebih banyak saat hamil dibanding wanita sehat yang tidak sedang hamil. Sementara hormon estrogen dibutuhkan dua kali lipat lebih banyak saat hamil. Artinya, kedua hormon tersebut jika naik secara optimal maka itu bisa dijadikan salah satu ciri memastikan janin sehat pada trimester pertama

Demikianlah beberapa ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama yang perlu Anda ketahui saat hamil. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan terutama pada trimester pertama untuk memastikan tumbuh kembang janin Anda. Hal itu dapat membantu Anda untuk mengetahui kesehatan diri dan janin. Dengan begitu, apabila ada sesuatu hal agar dapat mendapat penanganan yang tepat sehingga bayi lahir dengan sehat dan normal. Jangan lupa juga untuk memberi asupan nutrisi yang bergizi untuk mendukung kesehatan bayi.