ciri-ciri masa subur

Ciri ciri masa subur salah satunya mengalami perubahan pada serviks. Ketika seorang wanita melakukan program hamil, penting untuk mengetahui masa subur. Hal itu untuk menunjang tingkat keberhasilan kehamilan lebih tinggi sebab sel sperma akan lebih mudah dan cepat untuk membuahi sel telur. Lantas, bagaimana ciri-ciri masa subur wanita saat program hamil? Berikut ulasannya.

Ciri-ciri Masa Subur Pada Wanita

1. Perubahan Pada Serviks

Ciri wanita subur saat program hamil berlangsung yang pertama adalah adanya perubahan pada serviks. Organ ini akan berubah menjadi sensitif, lebih lembut, dan sedikit lebih terbuka. Perubahan tersebut terjadi karena vagina mengeluarkan lebih banyak pelumas yang disebabkan oleh proses sekresi. Hal ini membuat sebagian wanita kesakitan saat ia dan pasangan melakukan hubungan seksual.

2. Suhu Basal Tubuh Naik

ciri-ciri masa subur

Menjelang ovulasi, suhu basal tubuh wanita biasanya akan sedikit menurun kemudian akan naik saat ovulasi. Sebelum ovulasi, suhu basal tubuh berkisar antara 36,1–36,4ºC lalu akan naik kurang lebih 0,4–1 derajat atau berkisar antara 36,4–37ºC. Pengukuran suhu basal ini efektif dilakukan saat bangun tidur di pagi hari.

3. Libido Meningkat

Ketika wanita memasuki masa subur saat program hamil, salah satu yang ia rasakan adalah libido atau gairah seks meningkat. Hal ini justru saat yang baik untuk melakukan hubungan intim dengan harapan kehamilan. Perlu diketahui, saat libido tinggi, Anda akan sangat ingin melakukan hubungan seksual tanpa disadari dibanding saat-saat normal.

4. Perubahan Cairan Serviks

ciri-ciri masa subur

Pada saat ovulasi, cairan serviks akan berubah warna dan teksturnya. Warna cairan serviks putih bening dan teksturnya kental seperti putih telur. Untuk mengecek perubahan tersebut, masukkan jempol dan jari telunjuk secara bersamaan dan mengatup, kemudian renggangkan keduanya secara perlahan. Jika cairan tersebut molor atau melebar sekitar 2–5 cm, maka saat itu Anda tengah mengalami ovulasi.

5. Keluar Bercak Berwarna Coklat Kemerahan

Ciri-ciri masa subur selanjutnya adalah munculnya bercak warna coklat, meski tidak semua wanita mengalami hal ini. Bercak berwarna merah kecoklatan terjadi disebabkan oleh folikel yang mengelilingi dan melindungi sel telur terlepas sehingga menimbulkan sedikit pendarahan. Kondisi ini masih aman dan sebagai tanda bahwa wanita sedang dalam masa subur. Jadi, baik untuk Anda yang sedang merencanakan promil. Namun, jika bercak terus menerus muncul, sebaiknya periksakan ke dokter untuk memeriksa kondisi yang sebenarnya.

6. Nyeri Panggul atau Perut Bagian Bawah

ciri-ciri masa subur

Ciri-ciri masa subur wanita saat program hamil selanjutnya adalah nyeri panggul atau perut bagian bawah. Kondisi ini terjadi karena proses pelepasan sel telur dan tidak akan terjadi lama. Jika kondisi ini mengganggu, beristirahatlah sebentar dan minum minuman hangat. Tak perlu langsung meminum obat anti nyeri. Namun, jika rasa nyeri terjadi lebih lama dan semakin berat, segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang tepat.

7. Nyeri Payudara

Saat wanita tengah ovulasi, salah satu tanda yang bisa Anda rasakan adalah nyeri payudara. Selain itu, area sekitar payudara Anda lebih lunak dan sensitif. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi sebelum ke sesudah masa subur atau ovulasi.

Itulah 7 ciri ciri masa subur wanita saat program hamil. Periksa dan catatlah perubahan yang terjadi setiap hari untuk memperlancar program hamil agar harapan Anda segera tercapai. Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami hal-hal yang tidak wajar selama program hamil supaya mendapat saran yang tepat dari dokter.