olahraga untuk program hamil

Rutin melakukan olahraga untuk program hamil tentu saja bisa meningkatkan peluang Anda untuk bisa memiliki keturunan. Selain menyehatkan tubuh berolahraga tersebut juga membantu wanita bisa lebih cepat mendapatkan kehamilan. Menurut studi yang pernah ada bahwa olahraga mampu meningkatkan ovulasi, melancarkan haid dan mempersiapkan tubuh untuk kehamilan.

Olahraga membantu wanita untuk mendapatkan tingkat kesuburan yang lebih tinggi. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari agar metabolisme tubuh menjadi lebih bagus sehingga produksi hormon juga meningkat sehingga membantu pertumbuhan dari ovum atau sel telur. Dengan begitu maka wanita akan menjadi lebih subur dan lebih mudah hamil.

6 Jenis Olahraga untuk Program Kehamilan

Berbagai usaha dilakukan oleh wanita demi mendapatkan momongan salah satunya bisa melalui olahraga. Anda yang sedang berencana untuk hamil bisa meningkatkan peluangnya dengan rutin melakukan olahraga berikut ini.

1. Lari atau Jogging

olahraga untuk program hamil

Olahraga yang murah dan mudah yaitu lari atau jogging merupakan salah satu dari olahraga yang bisa membantu kesuksesan program hamil Anda. Cukup lakukan jogging ringan 2 hingga 5 kali seminggu dengan durasi 30 menit saja. Kalau memang dirasa mampu bisa tingkatkan durasi lari menjadi satu jam tiap sesi. Jogging bisa memperbaiki mood sehingga stres hilang yang secara tidak langsung akan meningkatkan kesuburan Anda.

2. Bersepeda

Beruntung bagi Anda yang suka melakukan olahraga naik sepeda karena bisa juga diambil manfaatnya untuk program hamil. Manfaat dari bersepeda antara lain memperkuat otot perut, panggul, punggung dan juga pangkal paha. Olahraga tersebut akan membantu persiapan tubuh untuk hamil yaitu menopang berat badan yang tentunya akan bertambah pesat selama kehamilan.

3. Senam Kegel

olahraga untuk program hamil

Para wanita tentunya sudah tidak asing dengan senam kegel. Beberapa manfaat dari senam kegel ini adalah mengencangkan otot pada panggul, vagina dan kandung kemih. Biasanya senam kegel dilakukan selama kehamilan agar saat persalinan nanti menjadi lebih mudah dan lancar. Ternyata senam kegel juga bermanfaat untuk menjalankan program kehamilan. Supaya mendapatkan manfaat yang maksimal lakukan senam kegel sebanyak 3 kali dalam seminggu secara rutin.

4. Pilates

Mayoritas kaum  wanita melakukan pilates agar mendapatkan tubuh yang langsing. Padahal pilates memiliki manfaat yang lebih dari itu yaitu membantu kelancaran program hamil. Pilates melatih tubuh lebih fleksibel, meningkatkan ketahanan otot serta persendian. Rutin melakukan pilates juga membantu Anda menjadi lebih rileks dan terhindar dari rasa stres.

5. Yoga

olahraga untuk program hamil

Tahukah Anda bahwa stres termasuk faktor yang bisa mengurangi kesuburan sehingga menjadi lebih sulit untuk hamil. Nah, dengan olahraga yoga maka Anda bisa menjadi lebih tenang dan rileks sehingga stres bisa berkurang. Gerakan pada yoga dipercaya bisa melancarkan sirkulasi darah pada panggul dan merangsang produksi hormon sehingga membantu proses pembuahan sel telur.

6. Berenang

Olahraga lainnya yang juga sangat bagus untuk dijalani selama program kehamilan adalah renang. Selain menyehatkan dan menyegarkan tubuh, berenang bermanfaat untuk menjaga berat tubuh tetap ideal sehingga tidak obesitas. Perlu diketahui berat badan yang berlebihan berpotensi menurunkan kesuburan wanita dan bisa memicu PCOS. Bagi Anda yang memang sedang menjalankan program kehamilan disarankan untuk melakukan olahraga renang setidaknya 2 hingga 3 kali dalam satu minggu.

Manakah jenis olahraga untuk program hamil yang dirasa paling cocok dengan kondisi Anda? Lakukan olahraga tersebut secara rutin demi suksesnya program hamil dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Lengkapi dengan konsumsi makanan yang bergizi agar program kehamilan sukses dan lancar.