gejala autoimun

Autoimun adalah masalah kesehatan yang wajib dihindari. Cara menghindarinya dengan mengetahui gejala autoimun sejak dini. Setiap kondisi medis seseorang atau ketika orang tersebut sedang mengidap sebuah penyakit, biasanya ditandai dengan serangkaian tanda tertentu, tanda atau ciri yang disebut gejala. Beragam penyakit, salah satunya autoimun memiliki gejala umum yang menjadi sinyal bagi seseorang untuk segera memeriksakan dirinya pada fasilitas kesehatan.

Gejala Umum Autoimun

Inilah beberapa gejala umum autoimun yang harus Anda waspadai:

1. Kelelahan

gejala autoimun

Salah satu ciri penyakit yang satu ini adalah dikenal dengan mudahnya tubuh merasa kelelahan meski baru saja bangun dari tidur atau istirahat selama 8-9 jam. Kondisi lelah fisik juga mental ini bisa muncul karena terjadinya anemia atau penyakit peradangan kronis lainnya. Peradangan kronis tersebut merupakan salah satu gejala penyakit autoimun yang sebaiknya tidak disepelekan karena dapat berakibat fatal.

2. Nyeri dan Bengkak pada Sendi

Nyeri otot dan pegal pada sendi pun bisa menjadi gejala penyakit autoimun, karena kondisi tersebut bisa muncul saat sistem kekebalan tubuh terganggu. Terlebih jika kita mengalaminya tanpa melakukan aktivitas fisik yang berat, hal tersebut tentu harus diwaspadai.

3. Masalah pada Kulit

gejala autoimun

Ciri lainnya dari penyakit autoimun adalah terjadinya masalah pada kulit atau peradangan. Kulit dapat terlihat ruam, kemerahan, gatal, maupun dapat berupa kemunculan bercak tanpa sebab jelas. Memang tidak semua masalah kulit adalah tanda penyakit autoimun, namun kita patut lebih waspada jika tekstur kulit berubah, warna kulit berubah, kulit jadi bersisik, atau bengkak secara tiba-tiba.

4. Sakit Perut atau Adanya Masalah Pencernaan

Gangguan pada pencernaan atau kondisi sakit perut seperti halnya perut, kram, kembung, dan diare memang terbilang penyakit umum dan biasa terjadi. Namun, kondisi tersebut juga dapat menjadi gejala awal dari autoimun. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya mikroflora pada saluran cerna seseorang.

5. Berat Badan Turun Tanpa Sebab yang Jelas

gejala autoimun

Secara umum, turunya berat badan dipengaruhi oleh pola makan, gaya hidup serta olahraga yang dilakukan oleh seseorang. Namun, jika berat badan turun secara tiba-tiba, kita patut untuk mewaspadainya karena Beberapa penyakit autoimun ditandai dengan berat badan turun atau naik drastis. Selain beberapa poin di atas, gejala dari autoimun sendiri, bisa ditandai dengan kondisi:

  • Demam
  • Kelenjar bengkak
  • Rambut rontok
  • Sulit konsentrasi
  • Kesemutan di tangan dan kaki

Sebetulnya, setiap jenis penyakit autoimun ini akan memiliki gejalanya masing-masing sesuai dengan jenis penyakitnya. Gambaran di atas yang dilansir dari lama Alodokter juga Halodoc dan Bangkapos.com tersebut merupakan gejala yang umum terjadi, namun bisa saja menjadi ciri atau tanda kondisi medis lainnya. Jadi jika mengalaminya sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk diagnosis yang penanganan yang lebih tepat. karena untuk diagnosis penyakit ini, tidak bisa dilakukan dalam sekali waktu atau secara singkat. 

Dokter harus melakukan serangkaian tanya jawab seputar gejala autoimun juga keluhan yang dialami oleh pasien dan tentunya sejumlah tes untuk memastikan seperti apa kondisinya. Untuk itu, jika mengalami kondisi medis atau merasakan keluhan tertentu sebaiknya kita langsung memeriksakan diri dan tak perlu ragu untuk bertanya pada dokter maupun fasilitas kesehatan terdekat untuk mengetahui informasi serta mendapat solusi yang pas. Dan untuk informasi mengenai program kehamilan serta bayi tabung bisa langsung melalui morulaivf.co.id dengan puluhan dokter yang profesional dan berpengalaman di bidangnya.