gejala pcos

Memahami apa saja gejala PCOS dan kondisinya tentu menjadi hal penting bagi para wanita. Pasalnya, PCOS adalah gangguan kesehatan yang rentan menyerang wanita. Secara umum, kondisi ini merupakan adanya gangguan hormon pada wanita. Seperti halnya beragam gangguan atau masalah kesehatan lainnya yang biasanya diawali dengan ciri atau tanda tertentu. Inilah informasi lengkap mengenai PCOS tersebut. 

Apa Itu PCOS?

gejala pcos

Sindrom polikistik ovarium ini merupakan kondisi adanya gangguan hormon pada wanita di usia subur. Dimana mereka mengalami gangguan menstruasi serta memiliki kadar hormon maskulin (hormon androgen) yang berlebihan. Hormon tersebutlah yang membuat ovarium dari penderita PCOS banyak kantong-kantong berisi cairan.

Akibatnya, sel telur menjadi tidak berkembang sempurna bahkan juga gagal dilepaskan secara teratur. Akibat dari PCOS ini dapat menyebabkan seseorang mengalami ketidaksuburan juga kondisi yang lebih rentan terkena diabetes dan hipertensi.

Gejala yang Biasanya Menyertai Kondisi PCOS

PCOS sendiri biasanya ditandai dengan beberapa ciri atau gejala, diantaranya:

1. Gangguan Menstruasi

Biasanya, penderita PCOS mengalami gangguan menstruasi atau periode menstruasi yang tidak teratur maupun dalam jangka waktu yang panjang. Misalnya, seorang wanita yang mengalami masa haid kurang dari 8-9 kali dalam setahun. Keadaan dimana jarak antar haid dapat kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.

2. Hormon Androgen yang Meningkat

gejala pcos

Meningkatnya kadar hormon androgen pada wanita yang mengalami PCOS bisa menyebabkan atau mengakibatkan adanya gejala pada fisik yang terlihat seperti pria, dengan ciri:

  1. Pertumbuhan pola rambut pria (hirsutisme) yang banyak ditemukan pada bibir atas, dagu, sekitar puting, atau perut bagian bawah
  2. Munculnya jerawat
  3. Kebotakan seperti halnya pola kebotakan pria

3. Kista

Penderita PCOS juga biasanya menderita kista ovarium yang banyak dimana kantong-kantong kista tersebut dapat ditemukan pada sekitar sel telur (ovarium).

4. Warna Kulit yang Gelap

Tanda lain dari penderita PCOS biasanya adalah adanya warna kulit yang terlihat gelap dan penebalan kulit seperti beludru yang umumnya didapati pada daerah lipatan, seperti lipatan leher, selangkangan, tengkuk  dan bagian bawah payudara.

5. Gangguan Kesuburan dan Sulit Hamil

gejala pcos

PCOS menjadi salah satu gangguan kesuburan pada wanita, dimana ovulasi bisa tidak terjadi atau tidak teratur, sehingga pembuahan sel telur oleh sperma akan sulit didapatkan.

6. Obesitas

Adanya kondisi berat badan berlebih dapat menjadi salah satu gejala dari PCOS ini, dimana hampir setengah penderitanya mengalami kondisi obesitas ini, dengan ciri sebagai berikut:

  • Kegemukan sentral, yang ditandai dengan lingkar perut lebih dari 88 cm
  • Dislipidemia, yang ditandai dengan nilai trigliserida lebih dari 150 mg/dL, kolesterol baik (HDL) di bawah 50 mg/dL.
  • Adanya peningkatan tekanan darah, sehingga penderita PCOS dengan obesitas ini lebih berisiko terkena penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Kondisi PCOS ini harus diwaspadai, untuk itu bagi para wanita penting mengetahui serta memahami ciri atau gejala PCOS itu sendiri, seperti halnya yang telah dikutip dari laman Alodokter dan KlikDokter di atas. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda yang telah disebutkan, baiknya segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain itu, bagi Anda yang mengalami kondisi sulit hamil atau sedang berusaha akan hadirnya si buah hati di tengah-tengah keluarga, dapat juga berkonsultasi langsung di morulaivf.co.id yang tersebar di banyak daerah dengan dokter dan tenaga medis yang profesional juga berpengalaman di bidangnya.