gerakan yoga untuk ibu hamil

Saat mulai memasuki trimester ketiga biasanya ibu hamil akan lebih banyak bergerak untuk memperlancar menyambut persalinan. Gerakan yoga untuk ibu hamil adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil. Gerakan yoga ini sangat membantu ibu yang sedang hamil untuk mengkondisikan otot tubuhnya saat menyambut persalinan. Inilah beberapa rekomendasi gerakan yoga yang bisa dilakukan.

Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil

1. Gerakan Bridge

gerakan yoga untuk ibu hamil

Posisi bridge merupakan gerakan yang ibu hamil lakukan dengan fokus mengangkat tubuhnya setelah terbaring. Posisi perut ada di atas, hal ini sangat baik dilakukan baik trimester pertama, kedua maupun ketika. Berguna untuk melatih otot paha, perut hingga otot vagina, yang akan membantu memperlancar persalinan nantinya.

Untuk melakukan gerakan bridge ini, ibu hamil harus terlentang dan meletakkan kedua tangan berada di samping. Selanjutnya angkat tubuh ke atas secara perlahan dengan semaksimal mungkin pinggul pun terangkat. Jangan memaksakan diri ketika tidak bisa maksimal, melakukan teknik bridge ini semampunya.

2. King Pigeon

Saat hamil biasanya ibu hamil akan merasa pegal pada bagian punggung dan pinggang terasa tidak nyaman. Maka posisi yoga king pigeon ini mampu memberikan terapi untuk mengurangi rasa sakit dan melenturkan otot panggul. Jadi posisi king pigeon ini membantu saat persalinan dan mengurangi sakit di punggung serta pinggang.

Ibu hamil bisa melakukan posisi king pigeon dengan duduk tegak dan meletakkan kaki bagian kiri ke belakang. Gerakan ini harus dilakukan secara perlahan agar bisa maksimal memberikan tekanan kepada otot panggul. Selanjutnya tahan gerakan tersebut beberapa menit untuk hasil yang maksimal.

3. Pose Garland

gerakan yoga untuk ibu hamil

Yaitu pose dimana ibu hamil melakukannya sambil berdiri, dengan membuka lutut selebar bahu dan jongkok dengan pelan. Pertahankan postur tubuh yang dilakukan dan gerakan kaki secara nyaman saat menopang berat tubuh yang dilakukan. Lakukan penyatuan tangan ke depan dada dan tubuh tetap lurus ke depan.

Pose garland atau malasan ini mampu memberikan keringanan dan menghilangkan rasa kaku di paha serta lutut. Juga memberikan kekuatan pada punggung serta meningkatkan fleksibilitas tubuh ibu hamil. Lakukan pose tersebut dengan bertahap dan cara yang benar agar tetap rasanya nyaman ketika tubuh menopang perut yang semakin berat.

4. Posisi Kupu-Kupu

Untuk ibu hamil pada tahapan trimester manapun maka posisi kupu-kupu ini bisa dilakukan dengan mudah. Caranya dengan diawali posisi duduk dan bukalah kaki serta tekuk hingga telapak kaki bersentuhan dekat dengan tubuh. Biarkan bagian paha terasa rileks kemudian pegang kaki dengan kedua tangan.

Selanjutnya lakukan gerakan lutut yang naik turun seakan meniru gerakan sayap kupu-kupu. Dengan melakukan gerakan ini maka akan mengurangi ketegangan di bagian paha. Jadi setelah melakukan posisi kupu-kupu, berjalan akan terasa lebih ringan dan nyaman.

5. Pose Kucing

gerakan yoga untuk ibu hamil

Jika ibu hamil sering mengeluh sakit pada punggung, maka pose kucing ini cocok dilakukan. Sakit punggung dipengaruhi dengan kehamilan semakin besar jadi punggung semakin besar menopang. Itulah kenapa ketika hamil bagian punggung yang terasa terbebani dan sering sakit.

Melakukan pose kucing ini mampu melenturkan otot-otot pinggul yang terasa tegang. Lakukan gerakan pose kucing ini dengan menekuk hingga meregang secara perlahan dan diulang. Dengan mempertahankan posisi tubuh meniru kucing dan kaki sejajar untuk menopang.

Beberapa pilihan gerakan yoga untuk ibu hamil tentu jadi rekomendasi untuk para ibu hamil. Dimana gerakan tersebut akan memberikan kemudahan serta melatih otot-otot tubuh ketika melakukan proses persalinan. Dimana seorang ibu hamil disarankan untuk bisa melakukan beberapa olahraga ringan yang ada.