gestasi adalah

Gestasi erat kaitannya dengan proses terjadinya kehamilan. Namun, tidak sedikit orang yang masih belum memahami tentang gestasi dan istilah-istilah dalam kehamilan lainnya. Padahal, hal ini penting untuk diketahui oleh semua orang, terutama ibu hamil. Gestasi adalah sebuah periode yang penting bagi ibu hamil. Banyak yang mengira bahwa usia gestasi sama dengan usia janin, padahal keduanya berbeda. Untuk mengetahuinya lebih jelas, simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Gestasi

Gestasi merupakan waktu antara konsepsi (proses pembuahan sel telur) dan persalinan. Periodenya menandakan berapa lama seorang wanita hamil. Umumnya, bayi dilahirkan antara 38 dan 42 minggu kehamilan.

Untuk bayi yang dilahirkan sebelum memasuki periode gestasi 37 minggu dianggap sebagai prematur, sedangkan bayi yang dilahirkan setelah periode gestasi 42 minggu disebut postmatur.

Cara Menghitung Usia Gestasi

Pada umumnya, terjadinya pembuahan sel telur tidak dapat diketahui secara pasti. Maka dari itu, usia gestasi biasanya digunakan untuk mengukur usia kehamilan dan memantau perkembangan janin di dalam kandungan.

Cara menghitung usia gestasi dapat dihitung secara manual berdasarkan haid pertama haid terakhir (HPHT) atau menggunakan ultrasonografi (USG). Perhitungan secara manual dapat dilakukan dengan cara diukur dalam beberapa minggu dari hari pertama periode haid terakhir.

Haid terakhir tersebut dihitung sebagai bagian dari kehamilan, meskipun sebenarnya tidak benar-benar hamil. Dengan kata lain, haid tersebut adalah sinyal bahwa tubuh sedang bersiap untuk proses kehamilan. Selain itu, menghitungnya bisa juga melalui tes USG, dokter akan mengukur kepala dan perut bayi untuk menentukan usia gestasi.

Usia gestasi terbagi menjadi dua periode yaitu periode embrionik dan periode janin. Periode embrionik yaitu ketika embrio ditanamkan pada dinding rahim, yaitu dari minggu ke-5 kehamilan hingga minggu ke-10. Sedangkan periode janin yaitu minggu ke-10 hingga pada kelahiran.

Perbedaan Usia Gestasi dan Usia Janin

Terkadang, belum banyak orang yang mengetahui bahwa usia gestasi dan usia janin adalah hal yang berbeda. Usia gestasi dihitung sejak hari pertama periode haid terakhir seorang wanita hamil atau secara teknis termasuk sekitar dua minggu di mana wanita itu tidak hamil.

Sementara itu, usia bayi atau usia janin lebih merujuk pada usia bayi yang sebenarnya dimulai pada saat pembuahan. Oleh karena itulah, biasanya akan menjadi dua minggu kurang dari usia gestasi.

Cara Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL) Menggunakan Usia Gestasi

Sebenarnya, cara yang paling akurat untuk mengetahui HPL adalah dengan menghitungnya menggunakan USG pada trimester pertama. Namun, ada metode lain yang bisa digunakan untuk mengetahui HPL, yakni menggunakan usia gestasi. Caranya perhitungan gestasi adalah:

  • HPHT + 7 hari – 3 bulan + 1 tahun = HPL

Cara Menjaga Kehamilan yang Sehat

Ada banyak sekali perubahan yang terjadi pada saat kehamilan. Mulai dari perubahan fisik, hingga perubahan hormon. Tak jarang, masalah bisa mengintai ibu hamil dan janin misalnya diabetes gestasional dan hipertensi gestasional. Keduanya berisiko menyebabkan kelahiran prematur, masalah pernapasan pada bayi, berat badan lahir rendah, hingga preeklampsia.

Agar kehamilan berjalan dengan baik dan sehat, tentu ibu hamil harus menjaga kehamilannya dengan sebaik mungkin. Berikut ini beberapa cara untuk  menjaga kehamilan yang sehat:

1. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

gestasi adalah

Ibu hamil perlu lebih banyak nutrisi, karena ada satu jiwa lagi yang dihidup di dalam tubuhnya. Sehingga nutrisi yang dikonsumsi akan disalurkan juga pada janin guna menunjang tumbuh kembangnya. Ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan, sayu-mayur, biji-bijian, ikan tanpa mekuri, susu rendah lemak, atau yogurt.

2. Rutin Berolahraga

gestasi adalah

Jenis olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil seperti berenang dan berjalan kaki. Berolahraga secara rutin akan membuat ibu hamil merasa lebih bertenaga dan sehat bugar.

3. Istirahat yang Cukup

gestasi adalah

Seringkali ibu hamil merasa kelelahan, usahakan untuk istirahat yang cukup. Agar dapat beraktivitas seperti biasa lagi di kemudian hari. Jangan terlalu memforsir diri, mintalah bantuan suami atau asisten di rumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau yang lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian gestasi. Ternyata, gestasi adalah sebuah periode konsepsi atau pembuahan sel telur hingga persalinan. Jika kesulitan untuk menghitung usia gestasi, bisa juga meminta bantuan dokter dengan menggunakan USG untuk menghitung usia gestasi.