haid tidak teratur

Wanita seringkali mengalami permasalahan haid tidak teratur yang mana seharusnya hal tersebut berjalan dengan lancar setiap bulannya. Jika haid tidak berjalan teratur, maka akan menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan bagi wanita. Untuk mengatasi permasalahan ini, wanita wajib mengetahui berbagai macam penyebab tidak teraturnya haid yang sangat mengganggu keseharian mereka.

Faktor-Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur

Banyak sekali faktor yang menyebabkan tidak teraturnya haid. Hal tersebut bisa terjadi karena ada permasalahan dalam diri wanita maupun karena faktor lingkungan dan makanan. Lantas, apa saja yang bisa menyebabkan haid terganggu dan tidak teratur? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Tingkat Stress yang Tinggi

haid tidak teratur

Banyak faktor penyebab haid jadi terganggu. Penyebab salah satunya adalah tingkat stress yang terlalu tinggi. Ketika wanita mengalami stress, secara otomatis pikiran mereka akan bekerja lebih berat. Ini akan mengganggu semua sistem metabolisme dalam tubuh manusia termasuk juga haid.

Oleh sebab itu, ketika waktu haid akan tiba, sebisa mungkin wanita harus merasa bahagia. Jangan terlalu banyak memikirkan sesuatu yang mana dapat mengganggu pikiran dan kesehatan. Ini akan sangat berbahaya karena haid yang harus dikeluarkan setiap bulan tidak bisa keluar sehingga bisa menyebabkan penggumpalan darah di dalam rahim.

2. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Perlu diketahui jika penggunaan alat kontrasepsi juga bisa menyebabkan haid yang terputus-putus dan tidak teratur. Hal tersebut biasanya akan terjadi bagi wanita yang menggunakan alat pencegah kehamilan hormonal baik berupa pil, suntikan, dan juga implan. Di samping menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, alat kontrasepsi ini juga akan mengganggu siklus antara 2 haid wanita misalnya saja timbul flek yang tidak diinginkan.

Untuk alat kontrasepsi dalam rahim atau yang populer dikenal dengan spiral, hal ini tidak akan begitu mengganggu haid. Akan tetapi, wanita akan lebih sering merasa nyeri saat masa haid tiba.

3. Pola Hidup yang Kurang Pas

haid tidak teratur

Faktor penyebab berikutnya adalah pola hidup yang diterapkan wanita. Hal ini berupa konsumsi makanan maupun seberapa sering seorang wanita melakukan olahraga. Kedua hal tersebut jika tidak dilakukan secara seimbang akan mengganggu siklus haid yang terjadi.

Terlalu sering melakukan olahraga akan membuat haid wanita menjadi tidak teratur. Di samping itu, mengonsumsi makanan-makanan yang banyak bersoda juga akan cenderung membuat haid kurang lancar serta terputus-putus.

4. Adanya Gangguan Hormon Tiroid

Hormon tiroid merupakan hormon yang bertanggung jawab terhadap proses metabolisme dalam tubuh manusia. Pada seorang wanita, jika hormon jenis ini mengalami gangguan, maka siklus haid mereka juga akan cenderungbermasalahr. Namun, hal ini jarang terjadi dan hanya ditemui pada wanita tertentu saja. Namun begitu, jika wanita mengalami gangguan ini, alangkah baiknya mereka melakukan pemeriksaan kelenjar hormon tiroid ke dokter.

5. Obesitas

haid tidak teratur

Jangan kira jika tubuh yang terlalu gemuk tidak akan menimbulkan dampak pada siklus haid. Obesitas dapat menyebabkan ketidakteraturan dalam haid karena jumlah timbunan lemak melebihi batas normal yang seharusnya. Lemak-lemak tersebut akan digunakan untuk membentuk hormon reproduksi. Lebih lanjut, jika lemak terlalu banyak, haid pun akan menjadi terganggu.

Penyebab haid tidak teratur memang wajib diperhatikan oleh semua wanita. Sebisa mungkin hal tersebut harus terdeteksi dengan cepat dan bisa langsung ditemukan solusinya supaya siklus haid menjadi normal kembali. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jagalah kesehatan reproduksi wanita dengan memperlancar haid yang ada.