habits that make you infertile

Bagi pasangan suami istri, memiliki keturunan merupakan tujuan utama. Akan tetapi untuk bisa hamil dan mendapatkan keturunan, pastinya baik suami maupun istri harus memiliki kesehatan dan kesuburan yang baik. Maka dari itu sangat penting untuk menghindari kebiasaan yang membuat mandul dari sekarang.

Kesuburan menjadi faktor utama untuk terjadinya kehamilan pada pasangan suami istri. Akan tetapi, tidak semua orang diberikan kesuburan yang baik sehingga beberapa orang tidak jarang memiliki masalah dengan risiko kemandulan. Perlu Anda ketahui, kemandulan bisa terjadi karena berbagai faktor salah satunya adalah karena kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Lalu apa saja kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa menyebabkan kemandulan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Kebiasaan Sehari-hari yang Berisiko Membuat Mandul

Kemandulan atau infertilitas tidak hanya disebabkan karena faktor genetik atau kondisi tubuh saja. Akan tetapi risiko kemandulan bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang ternyata kurang sehat dan sangat berpengaruh terhadap kesuburan. Di bawah ini beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko kemandulan baik pada pria maupun wanita.

1. Sering Konsumsi  Makanan Tidak Sehat

Salah satu kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa menyebabkan kemandulan adalah makan makanan tidak sehat. Ada beragam jenis makanan yang menyebabkan mandul salah satunya adalah makanan junk food atau makanan cepat saji. Junk food umumnya mengandung terlalu banyak lemak dan garam yang bisa meningkatkan risiko obesitas.

Pada pria, makan makanan yang tidak sehat juga bisa menurunkan jumlah dan kualitas sperma secara drastis. Hal ini pastinya akan membuat Anda kesulitan untuk membuahi sel telur sehingga risiko kemandulan pada pria menjadi lebih besar akibat mengkonsumsi makanan tidak sehat ini.

2. Sering Begadang

Tidur merupakan kebutuhan penting bagi manusia untuk menjaga tubuh tetap sehat. Sering begadang atau kurang tidur ternyata juga memiliki risiko terhadap kesuburan khususnya bagi wanita. Wanita yang kurang tidur berpotensi mengalami gangguan pada siklus menstruasi yang bisa menyebabkan pada kemandulan. 

Tidak hanya untuk wanita, pria yang sering begadang juga berpengaruh besar terhadap kualitas sperma yang dihasilkan. Menurut jurnal Medical Science Monitor, pria yang tidur kurang dari 6 jam sehari memiliki kualitas dan jumlah sperma yang sedikit. Hal inilah yang membuat kebiasaan begadang menjadi salah satu penyebab lelaki mandul.

Baca juga: 8 Pantangan Makanan untuk Sperma Encer, Anda Wajib Tau!

3. Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan saja akan tetapi juga berpengaruh besar terhadap kesuburan. Kebiasaan merokok yang terlalu sering bisa menyebabkan kualitas dan jumlah sperma pada pria menjadi menurun. Sedangkan pada wanita, merokok bisa berpengaruh terhadap sel telur dan rahim sehingga akan kesulitan untuk mengalami pembuahan.

4. Kurang atau Kelebihan Olahraga

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rutin berolahraga. Akan tetapi, tahukah Anda jika olahraga juga bisa menjadi salah satu kebiasaan yang membuat mandul? Benarkah demikian?

Olahraga yang baik adalah yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Kurang berolahraga bisa membuat tubuh menumpuk lemak sehingga menyebabkan obesitas. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kemandulan baik bagi pria maupun wanita.

Akan tetapi, olahraga yang dilakukan secara berlebih ternyata juga tidak bagus untuk kesuburan. Olahraga dalam intensitas berat yang dilakukan lebih dari 1 jam sehari justru bisa mengganggu kesuburan wanita maupun pria. Jadi pastikan lakukan olahraga dengan porsi yang pas agar bagus untuk kesehatan dan kesuburan.

5. Konsumsi Kafein Berlebih

Siapa disini yang gemar sekali minum kopi? Eits, hati-hati ya,, konsumsi kafein berlebih ternyata bisa menyebabkan apa itu mandul, loh. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi kafein lebih dari 300 mg dalam sehari bisa berakibat menurunkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita. Tidak hanya itu, bagi wanita hamil, kafein juga berisiko menyebabkan keguguran, loh.

Perlu Anda ketahui, kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja. Akan tetapi kandungan ini juga bisa Anda temukan di dalam teh, soda hingga minuman berenergi. Jadi ada baiknya hindari berbagai makanan dan minuman yang mengandung kafein tersebut karena bisa menjadi penyebab mandul pada wanita maupun pria.

6. Stres

Kebiasaan lain yang juga bisa berpengaruh terhadap kesuburan adalah sering stres. Pada wanita, sering stress bisa berpengaruh terhadap siklus menstruasi yang nantinya akan berdampak pada kesuburan. Sedangkan pada pria, terlalu sering stres bisa membuat kualitas dan kuantitas sperma menjadi menurun.

Dibandingkan harus mencari tahu cara menyembuhkan mandul, ada baiknya jaga kondisi mental tetap sehat dari sekarang. Terlebih lagi bagi pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil, sangat disarankan untuk selalu tenang dan menghindari stress. Selain bisa menyebabkan kemandulan, stress juga bisa mengurangi gairah seksual.

7. Kegiatan Seks yang Tidak Sehat

Kebiasaan buruk lainnya yang juga bisa menyebabkan kemandulan adalah melakukan seks yang tidak sehat. Umumnya, orang yang sering berganti pasangan saat bercinta, akan mengalami masalah yang berkaitan dengan kesuburan. Seks yang tidak sehat juga sangat erat hubungannya dengan penyakit menular seksual yang merupakan penyebab utama suami mandul akan tetapi juga bisa terjadi pada wanita. 

Kegiatan seks yang tidak sehat bisa menyebabkan infeksi pada organ reproduksi. Kondisi ini bisa menyebabkan saluran tuba fallopi pada perempuan menjadi tersumbat. Tidak hanya itu, penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan keguguran jika sampai terjadi kehamilan. Bahkan lebih parahnya lagi, janin yang ada di dalam kandungan bisa berbahaya karena berisiko terkena infeksi dari penyakit infeksi orang tuanya.

Baca juga: Manfaat Ejakulasi Untuk Kesehatan Pria yang Perlu Diketahui

Cara Menjaga Kesuburan Pria dan Wanita

Kemandulan merupakan salah satu momok baik bagi pria maupun wanita. Pasalnya dengan kondisi tersebut, akan sulit untuk mendapatkan keturunan. Maka dari itulah, penting untuk menjaga diri dari kebiasaan yang membuat mandul dan pastikan selalu jaga kesehatan dan kesuburan.

Untuk mencegah kemandulan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesuburan, seperti:

  • Jaga Pola Hidup Sehat

Salah satu cara untuk menghindari risiko suami mandul menurut Islam dan menjaga kesuburan adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Hal ini bisa Anda mulai dengan makan makanan yang sehat, olahraga dan istirahat cukup, serta hindari rokok dan alkohol. Konsumsi lebih banyak sayur dan buah karena kaya akan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan kesuburan.

  • Jaga Berat Badan

Orang yang mengalami obesitas berisiko besar mengalami masalah dengan kesuburan terutama pada pria. Obesitas akan membuat kualitas dan kuantitas sperma menjadi menurun. Maka dari itu, jika ingin menjaga kesuburan agar mudah mendapatkan keturunan, pastikan selalu jaga berat badan ideal.

  • Hindari Stres

Satu lagi cara menjaga kesuburan bagi wanita dan pria adalah dengan menghindari stres. Stres sangat berpengaruh terhadap hormon kesuburan baik bagi pria atau wanita. Wanita yang stres biasanya akan berdampak pada siklus menstruasi yang tidak stabil. Sedangkan pria yang stres, membuat kualitas sperma menjadi tidak bagus. Untuk menjaga cek hormon untuk program hamil, usahakan untuk menghindari stres dengan selalu berpikir positif.

Itulah kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari ternyata bisa menyebabkan kemandulan. Maka dari itu, penting dari sekarang untuk menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesuburan. Pastikan juga hindari berbagai kebiasaan yang membuat mandul karena akan merugikan Anda di masa depan.