hormon androgen

Ketika membahas tentang kondisi tubuh atau kesehatan seseorang, Anda mungkin pernah mendengar istilah hormon Androgen. Apakah Anda sudah tahu pengertiannya? Atau mungkin masih bertanya-tanya tentang hal yang satu ini? Jika demikian baiknya simak pembahasannya kali ini secara lengkap.

Pengertian Lengkap

hormon androgenSecara umum, hormon androgen adalah hormon yang biasa ditemukan pada tubuh atau organ reproduksi laki-laki, sehingga sering disebut pula dengan hormon laki-laki. Namun jangan salah, dalam tubuh wanita pun terdapat unsur ini, tentu dalam jumlah yang tak begitu banyak.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebetulnya androgen merupakan sebutan dari kumpulan hormon. Dimana jenisnya yang paling aktif atau dominan adalah hormon testosteron. Pada laki-laki, testosteron diproduksi di testis atau sering pula disebut buah zakar. Sedangkan pada wanita, testosteron diproduksi di indung telur atau dikenal pula dengan sebutan ovarium.

Fungsi Hormon Androgen Pada Pria & Wanita

Fungsi Hormon Androgen pada Pria

hormon androgen

Inilah fungsi hormon ini bagi pria selengkapnya:

1. Berperan pada Proses Pubertas

Bagi laki-laki yang mengalami masa pubertas, ia pasti akan mengalami perubahan fisik. Hormon ini sendiri akan berpengaruh pada tumbuhnya kumis dan janggut, rambut di dada bagian atas, kaki, paha, serta perkembangan organ seksual, seperti halnya penis dan testis.

2. Membantu Produksi Sperma

Fungsi hormon lainnya adalah membantu proses kinerja dan organ reproduksi pria, seperti membuat pria tertarik pada lawan jenis, mengatur libido, serta produksi sperma.

3. Mengubah Karakter Suara

Perubahan pria yang satu ini tak heran, bukan? Hal tersebut karena pita suara akan lebih panjang dan tebal, sehingga suara lebih dalam juga berat. Nah, perubahan tersebut terjadi karena adanya peningkatan hormon di dalam tubuh pada masa pubertas.

4. Penunjang Pertumbuhan Jaringan Tubuh

Androgen juga berpengaruh pada tumbuhnya tulang, jaringan otot, pigmentasi pada kulit, produksi sebum, hingga produksi sel darah merah.

Pria bisa mengalami kekurangan androgen ini, yang umumnya terjadi pada proses penuaan atau seiring bertambahnya usia. Namun, ada pula beberapa yang terlahir genetic dengan kekurangan androgen dalam tubuh. Kondisi kekurangan hormon ini disebut hipogonadisme tersebut dapat menyebabkan disfungsi ereksi, penurunan libido, lemas, sulit berkonsentrasi, bahkan depresi.

Fungsi Hormon Androgen pada Wanita

hormon androgen

Hormon ini juga memiliki beberapa fungsi untuk wanita. Inilah beberapa fungsi tersebut:

1. Menjaga Fungsi dan Kesehatan Organ Tubuh

Hormon ini memiliki peranan pada beberapa organ dalam tubuh wanita, seperti tulang, payudara, dan organ reproduksi wanita.

2. Meningkatkan Daya Ingat juga Konsentrasi

Fungsi lainnya dari androgen dalam tubuh wanita adalah berpengaruh pada kemampuan wanita dalam mempelajari serta mengingat sesuatu, juga dalam hal daya konsentrasi dan memori.

3. Berperan dalam Sistem Reproduksi

Hormon ini juga memiliki kinerja dalam sistem reproduksi wanita. Tanpa adanya kadar hormon tersebut dengan seimbang, maka wanita lebih berisiko mengalami gangguan, seperti salah satunya PCOS atau sindrom ovarium polikistik yang membuat wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur, bisa menimbulkan risiko penyakit lain, bahkan sulit untuk hamil.

Demikian informasi mengenai hormon androgen dalam tubuh manusia yang penting diketahui dari sekarang. Jika terjadi sesuatu terkait hormon ini, Anda sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter agar bisa ditangani dengan prosedur yang baik dan benar. Bagi Anda yang sedang mendambakan hadirnya si buah hati, namun masih bertanya-tanya dan ingin berkonsultasi lebih dalam sekaligus ingin menjalankan program kehamilan, segera hubungi morulaivf.co.id yang telah tersedia di berbagai daerah untuk mendapat penanganan terbaik.