Morula IVF

Apakah Berbahaya Keputihan Seperti Ampas Tahu? Cek Faktanya Berikut!

December 7, 2022

Apakah Berbahaya Keputihan Seperti Ampas Tahu? Cek Faktanya Berikut!

Keputihan merupakan sesuatu yang lazim dialami oleh wanita. Tekstur dan warna keputihan  normal yaitu transparan dan lengket. Namun, ada juga wanita yang mengalami keputihan seperti ampas tahu. Apakah hal ini bisa membahayakan kesehatan wanita? Intip fakta mengenai keputihan seperti ampas tahu berikut ini. Simak yuk!

Penyebab Keputihan Seperti Ampas Tahu

Keputihan yang seperti ampas tahu perlu diwaspadai, karena merupakan tanda-tanda dari penyakit berikut ini: 

1. Vaginosis Bakterialis

Melansir laman NHS, vaginosis bakterialis merupakan penyebab umum dari keputihan tidak normal. Ini bukanlah infeksi menular seksual (IMS), namun bisa menyebabkan risiko terkena IMS seperti klamidia. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak menimbulkan gejala. 

Selain vaginosis bakterialis yang bisa menyebabkan keputihan, gejala lain yaitu warna keputihan yang berubah, seperti menjadi putih keabu-abuan, encer dan berair. Keputihan seperti ampas tahu ini pada umumnya tidak menyebabkan rasa sakit atau gatal pada wanita. 

2. Klamidia

Penyebab lain dari keputihan seperti ampas tahu adalah penyakit klamidia. Penyakit menular seksual ini seringkali menyebar melalui seks vaginal, oral, maupun anal tanpa alat kontrasepsi. Anda bisa tertular penyakit ini melalui air mani atau cairan vagina seseorang yang terinfeksi bakteri klamidia. Selain bisa didapatkan dari pasangan seksual, jika ibu hamil mengalami klamidia, ia juga bisa menularkannya kepada janin. 

Beberapa gejala yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Keputihan tidak normal
  • Pendarahan diantara siklus menstruasi
  • Haid yang sakit
  • Sakit perut disertai dengan demam
  • Sakit saat berhubungan seksual 
  • Adanya rasa gatal atau terbakar di sekitar vagina

3. Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis, yang jika tidak diobati akan menyebabkan komplikasi penyakit. Selain itu, juga bisa mempengaruhi kehamilan, dan meningkatkan risiko tertular HIV. Orang-orang dengan lebih dari 1 pasangan seksual kemungkinan lebih berisiko untuk menderita trikomoniasis. 

4. Herpes Genital

Anda mungkin merasakan keputihan seperti ampas tahu tapi tidak berbau. Ini bisa menjadi tanda herpes genital, yaitu penyakit menular seksual yang melibatkan virus herpes simpleks tipe 1 dan 2. Tipe 2 inilah yang bisa ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang sudah terinfeksi virus ini. Jika tidak ditangani dengan baik, herpes genital ini dapat berkembang menjadi infeksi menular seksual yang lainnya dan gangguan pada kandung kemih. 

Bahaya Keputihan Seperti Ampas Tahu

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa, keputihan seperti ampas tahu bisa menjadi tanda beberapa penyakit menular seksual, yang jika tidak ditangani dengan tepat bisa berbahaya. Salah satunya adalah bisa menyebabkan kanker serviks atau ovarium. Oleh karena itu, jika Anda mengalami keputihan seperti ampas tahu yang gatal tapi tidak berbau, pastikan Anda melakukan konsultasi dengan dokter Anda. 

Cara Mengatasi Keputihan Seperti Ampas Tahu

Jika Anda mengalami keputihan seperti ampas tahu, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasinya. Yuk simak!

1. Banyak Minum Air Putih

Percaya atau tidak, konsumsi air putih yang cukup setiap harinya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga bermanfaat bagi organ intim Anda. Air putih bisa membantu Anda untuk mengatasi infeksi vagina. Minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari untuk memenuhi asupan air Anda. 

2. Hindari Produk Kewanitaan

Saat ini, sudah banyak produk yang ditawarkan untuk organ intim Anda. Mulai dari pembersih kewanitaan dan produk pemutih. Pasalnya, kandungan dalam produk tersebut seringkali dapat merusak mikrobiota alami di dalam vagina. Pastikan Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai produk kewanitaan yang ingin Anda pakai. 

3. Konsultasi Dokter

Jika Anda mengalami keputihan seperti ampas tahu, dan tidak hilang dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter mengenai penyebab jelasnya keputihan Anda. Hindari obat keputihan yang dijual secara bebas di pasaran karena belum tentu kandungan dalam obat tersebut aman bagi Anda. 

Itulah ulasan kali ini mengenai keputihan seperti ampas tahu. Jika Anda mengalami hal ini, pastikan Anda segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mengetahui penyebab keputihan secara jelas. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung