Morula IVF

Haid Anda Tidak Teratur? Ketahui Tanda-tanda Hamil Berikut ini

November 4, 2022

Haid Anda Tidak Teratur? Ketahui Tanda-tanda Hamil Berikut ini

Seringkali wanita mengetahui tanda hamil melalui siklus bulanan yang telat. Haid yang terlambat mengindikasikan bahwa sel telur telah dibuahi oleh sperma. Namun, bagaimana untuk wanita yang haidnya tidak teratur? Berikut adalah tanda-tanda hamil lainnya bagi wanita yang tidak teratur haidnya. Simak yuk!

Tanda Hamil Bagi Haid Tidak Teratur

1. Buang Air Kecil yang Sering

Tanda awal kehamilan bagi wanita yang tidak teratur haidnya adalah intensitas buang air kecil yang sering. Hal ini merupakan gejala di awal kehamilan yang diakibatkan oleh hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang meningkat. 

Hormon ini dapat menyebabkan intensitas buang air kecil yang sering dan ukuran rahim yang meningkat. 

2. Ukuran Payudara Berubah

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa haid Anda tidak teratur tapi positif hamil. Tanda hamil lainnya adalah ukuran payudara Anda yang berubah. 

Terkadang payudara bisa terasa sakit dan tidak jarang ibu hamil perlu untuk mengubah ukuran bh mereka menjadi lebih besar. 

3. Kelelahan

Tanda kehamilan lainnya untuk wanita yang haidnya tidak teratur adalah rasa kelelahan yang terus-menerus. 

Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh hormon kehamilan yang menyebabkan Anda mudah mengantuk. Untuk mengurangi gejala ini, ibu hamil dapat olahraga ringan secara rutin seperti yoga. 

4. Mood Swing

Suasana hati yang mudah berubah-ubah merupakan tanda kehamilan lainnya. Kondisi ini sangat normal bagi ibu hamil karena hormon dalam tubuh yang semakin meningkat selama masa kehamilan. 

Untuk mengatasi perubahan mood swing selama kehamilan, pastikan Anda istirahat dengan cukup dan Anda bisa melakukan olahraga ringan bersama pasangan

5. Pendarahan Implantasi

Beberapa wanita mengalami pendarahan selama implantasi, yang dapat terjadi sekitar satu atau dua minggu setelah pembuahan. Tanda-tanda implantasi dapat dengan mudah disalahartikan, seperti pendarahan yang ringan dan kram pada perut. 

Tidak seperti menstruasi, pendarahan implantasi bukanlah gumpalan darah. Selain itu, dapat dibedakan dari warna. Warna dari darah implantasi cenderung terang, dan darah haid berwarna kemerahan. 

Penyebab Hamil Dengan Haid yang Tidak Teratur

Banyak dari wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur antara masa remaja dan menopause. Menstruasi yang tidak teratur sering terjadi selama remaja dan perimenopause (masa transisi ke menopause).

Penyebab lainnya dari menstruasi yang tidak teratur meliputi:

  • Gangguan makan, seperti anoreksia
  • Diabetes yang tidak terkontrol
  • Obat-obatan tertentu
  • Stres
  • Sindrom ovarium polikistik

Waktu yang Tepat Untuk ke Dokter

Kehamilan di saat haid yang tidak teratur mungkin dapat menimbulkan tanda tanya bagi Anda. Pastikan Anda ke dokter ketika mengalami gejala-gejala di bawah ini;

  • Menstruasi Anda sebelumnya tiba-tiba menjadi teratur
  • Jika Anda belum menstruasi selama 90 hari atau lebih
  • Anda mengalami menstruasi lebih dari 7 hari
  • Rasa sakit yang hebat selama menstruasi 

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, pastikan Anda periksa ke dokter, dan nantinya dokter akan bantu menentukan penyebab menstruasi Anda tidak teratur dan akan menyarankan tindakan tertentu.

Itulah pembahasan kali ini mengenai tanda-tanda hamil bagi wanita yang haidnya tidak teratur. Selain dengan gejala-gejala di atas, Anda juga dapat melakukan test pack setelah 1 minggu berhubungan seksual. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung