Morula IVF

Ketahui Letak Janin yang Tepat dan Perkembangannya

November 4, 2022

Ketahui Letak Janin yang Tepat dan Perkembangannya

Banyak ibu hamil yang bertanya-tanya dimana letak janin dengan berbagai alasan. Salah satunya yaitu agar posisi tidur bisa diperbaiki. Dengan begitu rasa nyaman akan didapatkan tanpa takut melukai janin. Terkadang  timbul rasa cemas ketika perut terasa sakit atau pegal karena takut melukai sang buah hati.

Ibu hamil penting untuk mengetahui posisi bayi dalam kandungan. Mulai dari posisi kepala, posisi posterior, posisi sungsang hingga posisi melintang. Karena itu, ibu hamil harus selalu memeriksakan kandungannya melalui USG. Yuk, ketahui letak janin berikut ini!

Ketahui Letak Janin Dalam Perut

Seiring berkembangnya usia, janin akan mengalami pergerakan untuk memposisikan diri guna mempersiapkan kelahiran. Karena itu, kadang ibu hamil akan merasakan bayi yang dikandung bergerak-gerak di dalam perut.

Seorang ibu perlu mengetahui dimana letak janin perempuan atau letak janin laki-laki agar proses melahirkan bisa berjalan lancar. Jika posisi janin tidak sesuai hingga masa melahirkan maka prosesnya juga akan berjalan susah.

1. Letak Janin Usia 1 Bulan

Letak janin berada di dalam rahim/uterus. Posisi janin 1 bulan belum diketahui, di masa ini Anda belum bisa merasakannya karena masih berupa embrio berukuran kecil. Semakin lama janin akan sempurna dan ukuranya juga membesar. Contoh letak janin usia 1 bulan tepat di bagian perut bawah.

Jika Anda penasaran tentang rahim sebelah mana maka rahim berada di depan kandung kencing, yaitu di bagian bawah perut sedangkan seseorang yang sedang hamil muda posisi Janin dibawah. Seorang Ibu yang hamil 1 bulan,  janin masih dalam bentuk sel telur sehingga tetap di tuba falopi.

Posisi janin sebelah kiri atau kanan ini mempengaruhi jenis kelaminya. Bisa dikatakan kalau janin ada di sebelah kanan maka bayi laki-laki, sedangkan bisa di sebelah kiri maka perempuan.

2. Letak Janin Usia 2 Bulan

Pada kehamilan 4-5 minggu, perut Anda belum mengalami perubahan ukuran, karena itu sering tidak terdeteksi bila  sudah hamil 1 bulan. Biasanya, usia tersebut mengalami perubahan pada perut juga hanya kecil, dan mulai terlihat membesar ketika usia 3 bulan.

Sedangkan untuk posisi janin 5 minggu akan berpindah berada di sebelah kiri atas dalam kandungan. Seiring berjalanya waktu pergerakan janin akan terus terjadi, karena itu Anda perlu memantaunya.

Kira-kira, Letak janin usia 2 bulan di sebelah mana, ya? Ketika kandungan berusia 6 minggu, janin tetap ada di dalam rahim, dan kini memiliki ukuran sebesar kacang tanah, sekitar 1,6 cm dan berat 1 gram. Di bulan ini, janin akan mengalami banyak perkembangan seperti tampilan wajah bulan terbentuk kelopak mata dan hidung.

3. Letak Janin Usia 3 Bulan

Kandungan akan mulai membesar, karena struktur janin mulai terbentuk dilengkapi dengan mata mulut dan hidung. Tulang dan otot juga sudah terbentuk, kuku pada jari juga sudah mulai tumbuh. Alat kelamin juga sudah mulai terlihat ketika usia 3 bulan.

4. Letak Janin 4 Bulan

Di minggu ke 16 ini, gerakan janin sudah mulai terasa walau hanya kecil. Biasanya Anda akan mulai merasa geli di bagian perut.

5. Letak Janin Usia 5 Bulan

Pada masa ini, letak kepala janin usia 5 bulan biasanya ada di posisi transverse lie. Letak janin di perut sebelah mana pada usia ini? Kepala ada di samping kanan perut ibu posisi wajahnya sudah menghadap ke bagian atas perut.

Itu dia letak janin yang tepat dan perkembangannya. Anda perlu terus mengecek kesehatan kandungan hingga bulan ke 9. Kini, Anda sudah tahu letak janin di perut sebelah mana, jadi jangan lupa untuk selalu cek kehamilan agar proses bersalin lancar, ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung