Morula IVF

6 Makanan Untuk Mendukung Program Hamil Anda

March 17, 2023

6 Makanan Untuk Mendukung Program Hamil Anda

Untuk bisa hamil, setiap pasangan tentunya memiliki caranya sendiri-sendiri. Mulai dari konsultasi program hamil dengan dokter kandungan, hingga program hamil dengan bantuan teknologi terkini. Namun, semuanya tidak bisa jalan hanya dengan itu. Wanita yang ingin memiliki buah hati juga perlu didukung dari makanan untuk program hamil. Apa saja? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Makanan yang Sehat untuk Program Hamil 

Agar program hamil lancar, setiap pasangan perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk meningkatkan kesuburan. Berikut adalah daftar makanan yang sehat untuk program hamil, antara lain;

1. Jeruk 

Buah yang satu ini adalah salah satu makanan sehat untuk program hamil, yang tentunya jangan sampai Anda kelewatan. Jeruk memiliki kandungan kaya vitamin C, kalsium dan potasium. Selain itu, buah ini juga bisa membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan lebih baik dari sumber non-daging. Anda dapat memakan buah jeruk secara langsung, ataupun membuatnya menjadi jus agar lebih segar. 

2. Sayur Hijau

Makanan yang sehat untuk program hamil yang selanjutnya adalah sayuran hijau, seperti bayam, dan kangkung. Selain dipenuhi dengan banyak vitamin dan mineral, sayuran hijau juga mengandung folat. Wanita yang ingin program hamil dan dalam usia produktif membutuhkan setidaknya 400 mcg nutrisi asam folat setiap harinya. Selain dari makanan sayuran hijau, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen asam folat, yang banyak dijual di pasaran. 

3. Ikan Salmon

Makanan sehat untuk program hamil yang selanjutnya adalah ikan salmon. Namun, pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi sudah sepenuhnya matang. Ikan ini mengandung kaya asam lemak omega-4 esensial yang dapat meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita. Selain itu, juga terdapat selenium, yang berfungsi untuk pembentukan sperma yang sehat. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan ikan salmon pada diet harian Anda, ya!

4. Alpukat

Makanan sehat untuk program hamil yang berikutnya adalah alpukat. Buah ini dipercaya memiliki kandungan vitamin E yang bagus, dan bermanfaat untuk memperbaiki lapisan rahim. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang program hamil, wajib sekali untuk menambahkan alpukat dalam makanan wajib Anda. Untuk menikmati alpukat, Anda bisa membuat roti bakar ditambah dengan olesan buah alpukat, atau jadikan alpukat sebagai smoothie Anda setiap pagi. 

5. Telur

Makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan, dan tentunya merupakan makanan sehat untuk menunjang program hamil Anda. Telur merupakan sumber protein yang bagus, dan juga bisa membantu meningkatkan kesuburan Anda. Cara paling mudah untuk mengolah telur menjadi makanan lezat adalah dengan membuat telur dadar yang diisi dengan sayuran. Sangat lezat bukan?

6. Hati Sapi

Makanan untuk program hamil yang selanjutnya adalah hati sapi, yang merupakan sumber dari nutrisi folat. Selain itu, hati sapi juga mengandung vitamin A, serta vitamin B12 yang sangat penting untuk kesuburan pria dan telah terbukti penting dalam kesuburan wanita. Oleh karena itu, jangan lupakan hati sapi sebagai diet harian Anda ya! Olah hati sapi ini menjadi masakan lezat kesukaan Anda, seperti sambal hati goreng, ataupun semur hati. Selamat mencoba ya bunda!

Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil 

Selain makanan sehat untuk program hamil, Anda juga perlu mengetahui apa saja makanan yang dilarang untuk program hamil. Apa saja? Yuk kita lihat daftarnya!

1. Seafood yang Tinggi Merkuri

Makanan yang dilarang untuk program hamil yang pertama adalah seafood yang tinggi merkuri. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan laut bisa menjadi sumber protein yang bagus, namun terdapat beberapa ikan dan kerang yang mengandung merkuri. Kandungan merkuri yang terlalu tinggi dapat berpotensi bahaya pada tubuh. Hindari makanan seafood seperti hiu, mackerel, tuna mata besar, dan juga tenggiri. 

2. Daging dan Telur yang Tidak Matang

Bagi sebagian orang, sushi menjadi makanan yang disukai. Namun, bagi Anda yang sedang dalam program hamil, hindari terlebih dahulu makanan daging dan telur yang tidak matang. Oleh sebab itu, pastikan Anda memasak semua daging dan unggas sepenuhnya sebelum Anda konsumsi. Untuk telur, masak telur hingga kuning telur dan bagian putihnya mengeras. Sebab telur yang masih mentah bisa jadi terkontaminasi bakteri yang berbahaya.

3. Makanan dengan Lemak Trans Tinggi

Makanan yang dilarang untuk program hamil selanjutnya adalah makanan dengan lemak trans tinggi. Untuk Anda yang mendambakan buah hati, sebaiknya Anda menghindari terlebih dahulu makanan tidak sehat seperti junk food. Selain tidak baik untuk kesuburan, makanan dengan lemak trans tinggi juga dapat meningkatkan berat badan, yang menghambat Anda memiliki momongan. 

4. Alkohol

Selain makanan yang dilarang untuk program hamil, yang perlu Anda hindari adalah mengonsumsi alkohol. Melansir dari Your Fertility, minum alkohol yang berlebihan bisa menurunkan produksi testosteron, mengurangi libido, mempersulit ereksi serta menurunkan kualitas sperma pada pria. Selain pada pria, alkohol juga berpengaruh pada wanita yang ingin hamil. Sebab, dapat berbahaya bagi kesuburan wanita dan mempengaruhi hormon serta ovulasi. 

Nah, demikianlah artikel kali ini mengenai 6 makanan untuk program hamil Anda. Konsumsi makanan yang tinggi nutrisi, dan tetap rutin olahraga agar program kehamilan Anda sukses. Manfaatkan salah satu layanan program hamil Morula IVF, yaitu Intra Uterina Insemination yang bisa menjadi solusi bagi pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan.v

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung