Morula IVF

Rekomendasi Posisi Seks Agar Cepat Hamil, serta Tipsnya

December 29, 2022

Rekomendasi Posisi Seks Agar Cepat Hamil, serta Tipsnya

Salah satu keinginan banyak pasangan setelah menikah adalah memiliki anak. Namun terkadang, banyak yang butuh waktu lama untuk mendapatkannya. Sebabnya banyak, mulai dari kondisi kesehatan, kurang memahami masa subur, atau belum banyak tau bagaimana posisi seks agar cepat hamil. 

Nah, lewat artikel ini kita akan bagikan beberapa informasi tentang posisi atau gaya berhubungan seks yang tepat agar istri cepat hamil.

Posisi Seks Agar Cepat Hamil

Seorang ahli  endokrinologi reproduktif dari Charlottesville, Virginia, bernama Christopher Williams, M.D., mengatakan dalam bukunya yang berjudul The Fastest Way to Get Pregnant Naturally, seperti dikutip dari Parents, bahwa masih banyak pasangan suami istri yang minim informasi atau edukasi terkait kapan masa subur perempuan dan bagaimana posisi seks yang tepat agar cepat mendapat momongan.  

Dalam bukunya tersebut, William mengungkapkan bahwa posisi perempuan setelah berhubungan seks sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembuahan. 

Berikut ini adalah posisi-posisi yang perlu dilakukan perempuan saat setelah berhubungan intim, supaya proses pembuahan terjadi secara maksimal dan cepat hamil:

  • Berbaring sejenak setelah berhubungan intim, setidaknya 20 – 30 menit. Posisi ini bisa meningkatkan kemungkinan sperma masuk dan menyebabkan pembuahan.
  • Menaruh kepala di bawah dan mengangkat kedua kaki ke atas usai berhubungan intim.
  • Mengganjal pinggul dengan bantal setelah berhubungan intim. Posisi ini dapat membantu sperma untuk terus mengalir masuk ke rahim, sehingga meningkatkan peluang pembuahan.

Selain posisi yang harus dilakukan setelah berhubungan intim, ada juga gaya-gaya berhubungan seks yang berpengaruh pada tingkat keberhasilan kehamilan. Beberapa diantaranya:

1. Gaya Doggy Style

Posisi doggy ini, akan membuat proses penetrasi saat berhubungan seks menjadi lebih dalam dibandingkan gaya-gaya lainnya. Karena posisi ini sangat memudahkan aktivitas dan gerakan pada pria saat melakukan penetrasi.

Apabila penetrasi dilakukan lebih dalam, maka sperma yang keluar pun akan lebih dekat dengan leher rahim. Hal inilah yang jadi peluang besar untuk proses pembuahan.

2. Gaya Rear Entry

Journal of Sex & Marital Therapy pernah mengeluarkan hasil penelitian, bahwa posisi ini lebih efektif daripada misionaris. Karena penetrasinya yang lebih dalam. Gaya ini pun mudah untuk dilakukan. Perempuan tinggi tiduran menyamping dan membelakangi pasangan. Dengan begitu, praktik gaya ini punya peluang kehamilan yang juga lebih besar.

3. Posisi Gunting

Anda pernah mendengar gaya gunting? Nah jika belum pernah, Anda bisa mempraktikkannya dengan cara, badan Anda dan pasangan dalam posisi miring dan saling berhadapan. kemudian  kaki saling menyilang dan mengapit seperti gunting saat penetrasi. Posisi ini bukan hanya menambah suasana menjadi lebih romantis dan intens, tapi gaya menyamping ini juga memberikan kemudahan sperma menuju leher rahim untuk pembuahan.

4. Gaya Misionaris

Gaya ini adalah gaya seks yang paling umum. Posisi pria berada di atas perempuan, dan perempuan tidur telentang. Sehingga sperma yang keluar akan jauh lebih mudah menjangkau sel telur, dan tidak jatuh keluar. Kalau Anda mau hasilnya lebih optimal, coba ganjal bagian bokong perempuan dengan bantal, supaya sperma yang keluar lebih fokus menjangkau rahim perempuan.

5. Gaya Reverse Cowgirl

Anda tahu nggak, kalau ternyata ada lho perempuan yang mempunyai rahim atau kandungan dengan posisi terbalik. Nah, untuk pemilik rahim terbalik, sangat disarankan untuk menggunakan posisi cowgirl terbalik saat berhubungan intim, supaya sperma yang masuk lebih mudah menjangkau rahim.

Cara mempraktikkannya pun sama seperti posisi cowgirl pada umumnya, yaitu perempuan berada di atas pria, namun yang ini dilakukan dengan posisi terbalik saja. Caranya, perempuan berada di atas pria, tapi ia harus membelakangi sang pria.

Tips Agar Cepat Hamil yang Bisa Dicoba

Selain memperhatikan posisi usai berhubungan intim, ada beberapa hal yang juga perlu dilakukan oleh pasangan suami istri supaya cepat hamil. Berikut beberapa tipsnya:

1. Bersihkan Area Genital

Menjaga kebersihan area genital itu sangatlah penting, karena masalah kesehatan pada organ intim juga dapat berpengaruh dan menjadi penghalang dari keberhasilan pembuahan. Maka, biasakan untuk selalu membasuh vagina dan penis setelah kamu dan pasangan berhubungan seks ya, supaya terhindar dari infeksi bakteri atau jamur penyebab penyakit.

Dalam membersihkannya, hindari penggunaan sabun antibakteri atau cairan pembersih kewanitaan. Sebab, bahan kimia yang terkandung dalam produk tersebut bisa mengacaukan keseimbangan kadar pH di area intim, yang justru meningkatkan risiko infeksi dan iritasi. Pakailah hanya air bersih, dengan mengusapnya dari arah depan ke belakang, untuk menghindari berpindahnya bakteri dari anus ke organ intim.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Tanpa disadari, minum air putih secara teratur menjadi kunci agar kesehatan tubuh dan juga organ-organ tubuh bisa berfungsi secara optimal, termasuk organ reproduksi. Nah, faktor terpenting agar bisa mendapatkan kehamilan, seorang perempuan harus memiliki tubuh yang sehat. 

Naah, maka mulailah biasakan meminum air putih minimal 8 gelas sehari, terus setelah melakukan hubungan seksual, biasakan juga meminum segelas air putih, agar tubuh tetap terhidrasi. Faktanya air putih juga mampu membantu melancarkan peredaran darah lho, sehingga baik untuk mencegah kram otot atau kesemutan usai berhubungan intim.

3. Buang Air Kecil setelah Berhubungan

Untuk yang satu ini juga tidak kalah penting, terutama untuk perempuan. Ketika Anda berhubungan intim, bukaan vagina cukup rentan terpapar oleh bakteri. Paparannya bisa melalui tangan, anus, dan juga hal lainnya.

Maka penting buang air kecil setelah berhubungan seksual, karena punya manfaat dalam membantu pengeluaran bakteri melalui urine. Selain itu, buang air kecil setelah berhubungan intim juga dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, ini juga berlaku untuk laki-laki ya. Karena apabila tidak langsung dibersihkan melalui buang air kecil, bakteri yang masuk bisa berpindah ke uretra melalui lubang kemih.

4. Hindari Stres

Ini juga penting, dan mungkin juga sering kita dengar dari orang tua. Apabila Anda ingin melakukan program kehamilan, maka kuncinya harus relaks. Karena ketika Anda stress, dapat mengganggu pelepasan sel telur atau ovulasi. Dampaknya, tingkat keberhasilan sperma dalam membuahi sel telur menjadi kecil. Maka, kerjasama dan komunikasi itu penting bagi suami dan istri. Apalagi bagi Anda yang ingin cepat memiliki anak, maka banyaklah melakukan kegiatan yang bisa menghilangkan stres, baik kegiatan fisik maupun untuk kebutuhan mental.

5. Mengonsumsi Probiotik

Mungkin belum banyak yang tahu kalau makanan dan minuman yang mengandung probiotik, sangat bermanfaat dalam menyeimbangkan kadar bakteri, baik itu di penis maupun di vagina. Itulah sebabnya kamu disarankan untuk mengonsumsi probiotik setiap harinya, supaya organ intim tetap sehat dan terhindar dari infeksi bakteri jahat. Nah, beberapa makanan atau minuman yang kaya akan probiotik adalah tempe, kimchi, yoghurt dan juga kefir.

Gimana, sekarang sudah tahu kan posisi seks agar cepat hamil itu apa aja? Tinggal diikuti secara rutin sambil perhatikan tips-tipsnya. Selamat mencoba!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung