Morula IVF

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita, Penting!

January 12, 2023

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita, Penting!

Menjaga kesehatan reproduksi sangat penting dilakukan setiap wanita, sebab hal tersebut merupakan aset yang berharga. Tak perlu bingung, Anda dapat memulai dari kebiasaan sederhana yang dilakukan sehari-hari. Agar mengenal lebih jauh tentang bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi wanita, Morula akan menjelaskan tips yang berguna agar organ reproduksi Anda tetap terjaga. 

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, kenali dulu apa saja yang termasuk organ reproduksi wanita. Alat reproduksi wanita mencakup vagina, klitoris, mulut rahim, rahim, tuba falopi, dan ovarium atau indung telur. Organ reproduksi wanita ini memiliki peran penting dalam hubungan seksual, produksi, dan perkembangan sel telur, menstruasi, kehamilan, serta proses persalinan.

Misalnya, jika terdapat gangguan pada organ-organ tersebut, maka sistem reproduksi wanita juga dapat mengalami gangguan. Tentu, hal ini akan berdampak pada munculnya gangguan seksual hingga sulit hamil.

Pengertian Kesehatan Reproduksi

Salah satu aspek dari kesehatan yang tak kalah penting adalah kesehatan reproduksi. Menurut pasal 71 UU Nomor 36 tahun 2009 menyatakan, kesehatan adalah keadaan sehat secara fisik, mental, dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan dan berkaitan dengan sistem, fungsi, dan proses reproduksi baik pada laki-laki ataupun perempuan.

Kesehatan Reproduksi adalah kondisi dimana ada kesejahteraan secara fisik, mental, dan sosial yang utuh. Bukan hanya terbebas dari penyakit atau kecacatan, namun dalam segala aspek yang berkaitan dengan sistem reproduksi, fungsi, serta prosesnya.

Menurut laporan dari World Health Organization (WHO), kesehatan adalah kondisi yang meliputi kesehatan fisik, mental, dan sosial yang berarti suatu keadaan yang bebas dari penyakit dan kecacatan. 

Sedangkan, menurut UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, menjelaskan bahwa kesehatan adalah keadaan sehat secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi

Kesehatan fungsi organ reproduksi sangat penting dan merupakan sebuah aset bagi wanita, sehingga Anda mesti menjaganya dengan baik. Berikut ini adalah referensi tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita, apa saja?

1. Membersihkan Organ Intim dengan Benar

Langkah pertama yang mesti dilakukan tentu saja rajin membersihkan organ intim dengan benar. Anda juga mesti memahami cara membersihkan vagina dengan benar. Tipsnya adalah dengan membasuhnya dari depan ke belakang (dari arah vagina menuju anus), terutama setelah buang air kecil dan buang air besar.

Jika vagina dibersihkan dengan tidak tepat, kuman dari anus berisiko terbawa menuju vagina. Hal inilah yang bisa menimbulkan infeksi pada vagina. Tak hanya itu, Anda tidak perlu menggunakan sabun khusus kewanitaan yang mengandung alkohol, pewangi, atau antiseptik untuk membersihkannya. Jenis sabun tersebut justru dapat menyebabkan iritasi dan membunuh bakteri normal di vagina. 

2. Konsumsi Makanan Sehat

Langkah selanjutnya adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang agar tubuh mendapatkan energi dan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh untuk menunjang kesehatan organ reproduksi.

Adapun asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan reproduksi wanita adalah protein, lemak sehat, antioksidan, dan serat. Selain itu, ada vitamin dan mineral, seperti selenium, folat, zat besi, dan zinc. Nutrisi-nutrisi itu bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu, telur, daging, ataupun ikan.

Anda juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum delapan gelas air per hari. Jika Anda masih gemar mengonsumsi kafein, lebih baik dibatasi maksimal 2 cangkir kopi per hari.

3. Mengelola Stres

Tahukah Anda tingkat stres juga mempengaruhi kesehatan reproduksi. Sebab, stres yang berlebihan dapat menyebabkan depresi, gangguan cemas, bahkan gangguan kesuburan. Sehingga, Anda mesti mengurangi tingkat stres agar tidak berdampak lebih lanjut pada kesehatan reproduksi. Apakah Anda sering merasa tertekan atau stres? Cobalah lakukan relaksasi atau hal-hal yang membuat Anda senang, seperti jalan-jalan, olahraga, pijatan, atau yoga.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan tetap ideal atau sesuai dengan indeks massa tubuh (IMT) juga salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi. Berat badan yang berlebihan (obesitas) dan sebaliknya berat badan yang terlalu rendah beresiko mengganggu ovulasi dan produksi hormon yang mengatur kesuburan seorang wanita. 

5. Lakukan Kebiasaan Sehat Lainnya

Beberapa kebiasaan di bawah ini perlu diperhatikan jika Anda ingin menjaga kesehatan organ reproduksi. Apa saja?

  • Berhenti merokok karena merokok dapat mengurangi jumlah dan kualitas sel telur dan mengganggu kesehatan rahim
  • Hindari minum minuman beralkohol yang dapat meningkatkan risiko gangguan ovulasi
  • Beristirahat yang cukup selama 7-9 jam per harinya
  • Hindari penggunaan obat-obatan dan suplemen obat herbal di luar resep dokter
  • Gunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan atau kebobolan
  • Hindari perilaku seks berisiko, seperti berhubungan tanpa kondom atau sering berganti pasangan seks untuk mencegah penyakit menular seksual

Manfaat Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi

Lalu, apa saja manfaat menjaga kesehatan alat reproduksi? Menjaga kesehatan reproduksi ini tak hanya berguna untuk mencegah penyakit di area tersebut, melainkan juga untuk meningkatkan tingkat kesuburan dan memperbesar peluang kehamilan. Sehingga, mulailah menjaga kesehatan organ intim Anda. Lakukan juga pemeriksaan diri ke dokter untuk melakukan tes lebih lanjut. 

Adapun manfaat lainnya dari organ reproduksi yang terjaga adalah:

  • Sistem reproduksi tidak terganggu dari penyakit yang timbul dan berbahaya
  • Mencegah bakteri atau kuman yang menempel pada alat reproduksi
  • Menjaga organ vital agar selalu sehat
  • Menghasilkan keturunan yang bagus dan sehat

Resiko Tidak Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi

Menjaga kebersihan alat reproduksi penting agar organ penting tersebut tetap sehat dan terhindar dari berbagai kuman penyebab penyakit. Ada berbagai masalah yang bisa terjadi bila vagina tidak rutin dibersihkan, seperti gatal, aroma tidak sedap, keputihan, hingga kanker vagina.

Bila Anda tidak rutin membersihkan vagina, bakteri dan jamur bisa saja menumpuk di area intim tersebut. Hal itu, tentu saja akan berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi, diantaranya seperti keputihan, aroma tidak sedap, gatal, luka infeksi, kanker vagina, ataupun radang vagina. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pentingnya menyadari organ reproduksi sebagai aset yang berharga. Sehingga, kesadaran Anda untuk terus menjaganya terus meningkat. Ada manfaat yang akan Anda dapatkan saat berhasil menjaga kesehatan organ reproduksi tersebut, begitupun sebaliknya.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung