Logo Morula
Kembali

Peningkatan Keberhasilan Memiliki Buah Hati Melalui PGS (pre-implantation genetic screening)

/media/images/2015/10/01/Day-5-biopsy.jpg

  • Angka keberhasilan In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung sebagai salah satu  program kehamilan berbantu yang menjanjikan kemungkinan kehamilan terbaik, saat ini relatif belum optimal.
  • Perkembangan teknologi analisa kromosom, salah satunya array-Comparative Genomic Hybridization (aCGH), memungkinkan laboratorium untuk melakukan pemeriksaan kromosom dari hanya satu sample sel dengan lebih mudah, menjadi solusi dalam usaha meningkatkan keberhasilan IVF.
  • PGS (Pre-Implantation Genetic Screening) merupakan tindakan pemeriksaan kromosom pada embrio dengan teknologi aCGH yang dilakukan sebelum embryo transfer atau penanaman embrio ke dalam rahim terbukti memberikan dampak positif bagi kesuksesan program IVF..
  • Morula IVF Jakarta bekerjasama dengan Reproductive Health Science Australia menghadirkan PGS (Pre-Implantation Genetic Screening) sebagai terobosan dalam upaya peningkatan keberhasilan IVF di Indonesia.

 

Hadirnya In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung telah diterima sebagai salah satu teknologi reproduksi kehamilan berbantu yang dapat menjanjikan kemungkinan kehamilan terbaik. Walaupun demikian, hingga saat ini keberhasilan program IVF berada pada tingkat yang relatif belum optimal.

Didukung oleh berbagai kemajuan teknologi pada bidang medis maupun laboratorium embriologi yang menunjang sistem kultur embrio yang lebih optimal, saat ini keberhasilan program IVF yang berada pada tingkat yang cukup baik, berkisar antara 40%. Akan tetapi dengan sistem yang terbaik sekalipun, angka keberhasilan program IVF masih sangat terbatas. Hal ini berkaitan dengan kelainan kromosom embrio yang menempati  80% dari penyebab kegagalan program IVF. Embrio yang aneuploidy (mempunyai kelainan kromosom) tidak dapat berkembang dengan normal, oleh sebab itu identifikasi kelainan kromosom sebelum embrio transfer merupakan hal yang penting dalam menentukan keberhasilan IVF.

Berbagai penelitian dan metode dikembangkan untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya adalah dengan melakukan biopsy sel yang diambil dari embrio. Metode ini merupakan metode yang dapat mengetahui dengan pasti apakah embrio yang akan ditanamkan memiliki kelainan kromosom atau tidak. Saat ini hadir teknologi terbaru berupa array-Comparative Genomic Hybridization (aCGH) yang memungkinkan analisa kromosom lebih mudah untuk dilakukan. Dengan  aCGH, laboratorium dapat memperoleh hasil analisa kromosom dari satu sample sel hanya dalam hitungan jam saja (maksimal 24 jam).

PGS (pre-implantation genetic screening) atau screening genetika pre-implantasi merupakan tindakan pemeriksaan kromosom pada embrio dengan teknologi aCGH yang dilakukan sebelum embrio transfer atau penanaman embrio ke dalam uterus/rahim.Tujuan dari PGS adalah untuk mengidentifikasi embrio aneuploidy sehingga hanya embrio dengan jumlah kromosom normal yang ditanamkan kembali ke dalam rahim. PGS dapat meningkatkan keberhasilan implantasi dari 30% menjadi 60-70%.

Selain meningkatkan keberhasilan IVF, kelebihan dari PGS antara lain:

-          Menurunkan biaya penyimpanan freezing embrio karena hanya embrio dengan jumlah kromosom normal saja yang disimpan

-          Memungkinkan dilakukannya single embrio transfer sehingga menurunkan kemungkinan kehamilan multipel (kembar maupun tiplets) yang merupakan kehamilan beresiko

-          Mengeliminasi faktor usia ibu sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan IVF (dengan PGS tingkat keberhasilan IVF pada wanita usia yang lebih tua sama dengan wanita usia muda) 

Saat ini Bundamedik Healthcare System melalui rantai klinik bayi tabung Morula IVF Indonesia bekerjasama dengan Reproductive Health Science Australia menghadirkan PGS untuk PERTAMA KALINYA DI INDONESIA sebagai terobosan dalam meningkatkan keberhasilan IVF.

Morula IVF Jakarta merupakan satu-satunya klinik pelayanan fertilitas terpadu yang telah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium khusus yang memadai dalam mendukung proses pelaksanaan screening genetika pre-implantasi (PGS) bagi pasangan yang membutuhkan.

Saat ini Morula IVF Jakarta memberikan promo paket program IVF + PGS yang hemat hingga 9 juta rupiah. Promo ini akan berlangsung hingga 31 Desember 2015. Klik Link ini untuk melihat Promo Paket Promo PGS Morula.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat datang langsung ke Morula IVF Jakarta, yang berlokasi di Gedung BIC Jl. Teuku Cik ditiro No. 12 Menteng, Jakarta Pusat, atau dapat menghubungi hotline Morula IVF Jakarta di 082111516039 (Risa), 08111638873 (Febe).

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi