Logo Morula
Kembali

Fakta yang perlu diketahui mengenai kehamilan multiple

/media/images/2016/03/30/Kehamilan Multiple.jpg

Kehamilan multiple artinya seorang wanita memiliki dua atau lebih bayi dalam satu kehamilan. Bayi-bayi ini bisa berasal dari telur yang sama atau dari telur yang berbeda. Bayi yang berasal dari telur yang sama disebut kembar identik. Hal ini terjadi ketika satu telur dibuahi oleh satu sperma, tetapi kemudian saat berkembang terbagi menjadi dua atau lebih embrio. Jika bayi identik, maka:

  • Berjenis kelamin sama
  • Memiliki golongan darah yang sama
  • Mungkin akan memiliki tipe tubuh serta warna kulit, rambut, dan matayang sama. Walaupun umumnya tidak akan selalu terlihat persis sama. Mereka juga akan memiliki sidik jari yang berbeda.

Bayi yang berasal dari telur yang berbeda disebut kembar fraternal. Hal ini terjadi ketika dua atau lebih sel telur dibuahi oleh sperma yang berbeda. Jika Anda hamil dengan program kehamilan berbantu, kemungkinan anda memiliki kehamilan gandafraternallebih besar. Obat kesuburan akan merangsang pertumbuhan beberapa telur sekaligus. Hal ini meningkatkan kemungkinan lebih dari satu telur Anda akan dibuahi. Ketika in vitro fertilisasi (IVF) digunakan untuk membantu seorang wanita hamil, dokter mungkin menempatkan beberapa embrio sehingga meningkatkan kemungkinan kehamilan multiple.

Jikabayikembar fraternal, maka:

  • Dapat memiliki jenis kelamin yang sama ataupun berbeda.
  • Dapat memiliki golongan darah yang sama maupun berbeda
  • Mungkin terlihat berbeda satu sama lain ataumemiliki kemiripan tertentu, seperti kemiripan yang dimiliki saudara dan saudari pada umumnya.

Pada dasarnya semua kehamilan memiliki resiko. Namun resiko kehamilan ini meningkat jika anda memiliki kehamilan multiple. Resiko akan lebih besar seiring jumlah bayi yang dikandung dalam waktu bersamaan. Resiko kehamilan triplet (kembar 3) lebih besar dari pada kehamilan ganda (kembar 2). Resiko ini bukan hanya resiko kehamilan pada ibu tetapi juga resiko pada bayi.

Resiko kehamilan antara lain:

  • Resiko preeklampsiameningkat pada kehamilan multiple (tekanan darah terlalu tinggi selama kehamilan disertai protein pada pemeriksaan urin)
  • Resiko gestational diabetes(jenis diabetes yang dapat terjadi saat Anda sedang hamil)
  • Resiko kelahiran terlalu dini / prematur
  • Ketika bayi lahir terlalu dini, organ mereka belum punya kesempatan untuk sepenuhnya berkembang. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru, otak, jantung, serta permasalahan pada mata. Hal ini berdampak pada kebutuhan perawatan NICU dibutuhkannya berbagai pemeriksaan lanjutan
  • Resiko keguguran. Keguguran dalam hal ini berarti bahwa Anda mungkin kehilangan satu atau lebih bayi Anda
  • Memiliki bayi lahir dengan cacat lahir dapat terjadi ketika ada sesuatu yang salah dengan gen atau kromosom. Kelainan genetik tertentu mungkin lebih mungkin terjadi pada kehamilan kembar

Perlu diingat bahwa masalah inimerupakan resiko yang mungkin ataupun tidak terjadi pada Anda. Setiap harinya,banyak wanita yang sedang hamil dengan kehamilan multiple memiliki kehamilan yang sehat dan melahirkan bayi yang sehat. Dokter Anda dapat mengetahui dengan pastijika anda memiliki kehamilan multiple.Dokter juga akan melakukan USG janin untuk memberikan gambaran yang jelas tentang berapa banyak bayi dalam rahim dan seberapa baik perkembangannya.

Jika Anda sedang hamil dengan lebih dari satu bayi,  Anda harus lebih sering control dibandingkan dengan jika Anda memiliki satu bayi. Masalah kesehatan yang terjadi dapat diatasi jika diketahui lebih dini.

Pikiran memiliki lebih dari satu bayi mungkin menakutkan, tetapi  ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat Anda dan bayi Anda sehat.

Saat Anda sedang hamil, pastikan untuk:

  • Kontrol rutin sesuai jadwal
  • Makan makanan yang sehat. Konsumsi makanan yang kaya asam folat, zat besi, dan kalsium. Nutrisi ini penting bagi pertumbuhan bayi Anda. Roti, sereal, daging, susu, keju, buah-buahan, dan sayuran adalah pilihan yang baik. Jika Anda tidak bisa makan cukup karena morning sickness, hubungi dokter Anda
  • Jangan merokok, minum alkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang
  • Kurangi konsumsi kafein
  • Hindari menggunakan obat-obatan, vitamin, atau herbal kecuali dokter Anda mengijinkan 
  • Bicarakan dengan dokter Anda tentang kegiatan yang boleh atau tidak boleh Andalakukan saat Anda sedang hamil
  • Banyak istirahat

Dengan persiapan yang baik,kerjasama dengan dokter dan dukungan dari keluarga,tantangan yang dialami ibu yang hamil dengan bayi kembar akan dapat diatasi.

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi