Logo Morula
Kembali

Implantation bleeding

/media/images/2016/10/05/implantation bleeding.jpg

Implantation bleeding atau perdarahan implantasi merupakan istilah yang belum banyak diketahui.

Implantation bleeding adalah perdarahan bercak berwarna merah muda atau kecoklatan yang disebabkan karena implantasi/ tertanamnya embrio/ sel telur yang sudah dibuahi ke dinding dalam rahim. Hal ini tidak selalu terjadi pada setiap kehamilan, kurang lebih hanya 1/3 wanita yang mengalami pendarahan implantasi pada awal kehamilannya. Pendarahan implantasi sebagai salah satu tanda-tanda awal kehamilan umumnya terjadi 6-12 hari setelah telur dibuahi. Terjadinya perdarahan implantasi tidak membahayakan bayi, dan sebagian besar wanita yang mengalami pendarahan implantasi pada awal kehamilan, tetap memiliki kehamilan yang sehat dan normal.

Perdarahan bercak mungkin merupakan pendarahan implantasi yang menjadi tanda terjadinya kehamilan tetapi hal ini juga dapat menjadi tanda mulainya periode menstruasi. Sulit untuk membedakan antara keduanya, sehingga hal ini sering menjadi hal yang menghawatirkan. Banyak wanita yang salah menilai hal ini sebagai awal periode menstruasi, terutama bila siklus menstrusinya tidak teratur.

Jumlah perdarahan, lamanya dan warna bercakdapat membantu Anda menentukan apakah Anda akan mengalami menstruasi normal atau jika Anda mungkin mengalami pendarahan implantasi.

Umumnya, perdarahan yang disebabkan oleh implantasi akan berwarna coklat atau merah muda. Perdarahan yang terjadi juga sangat ringan dan terjadi dalam waktu singkat. Perdarahan tidak terus menerus melainkan dapat datang dan pergi serta terjadi dalam jumlah yang sangat sedikit. Beberapa wanita juga mengeluhkan kram perut ringan pada periode ini. Karena pendarahan terjadi hanya beberapa hari setelah pembuahan , tanda kehamilan lainnya juga belum muncul.

1.Aliran

Perbedaan utama antara pendarahan implantasi dan menstruasi adalah aliran. Perdarahan yang disebabkan oleh implantasi sangat ringan dan tidak akan semakin berat, sedangkan menstruasi umumnya dimulai dengan perdarahan ringan dan menjadi semakin berat dari waktu ke waktu. Perdarahan dari implantasi tidak akan disertai bekuan darah seperti pada menstruasi normal.Sederhananya, pendarahan implantasi sangat ringan dan tetap ringan. Jika konsistensi aliran mendapat lebih berat, Anda mungkin mendapat haid.

2. Warna

Spotting/ flek atau perdarahan yang berwarna coklat atau merah muda mungkin merupakan tanda dari implantasi. Beberapa wanita bahkan mungkin mengalami darah coklat gelap. Perdarahan berwarna merah terang adalah tanda menstruasi.

3.Cramping

Menstruasi dan pendarahan implantasi keduanya dapat menyebabkan kram dan nyeri perut. Kram menstruasi umumnya lebih intens dari kram yang disebabkan oleh implantasi. Jika Anda mengalami kram perut yang ringan atau samar yang tidak meningkat intensitasnyadengan disertai flek warna pink terang atau debit coklat, ini merupakan perdarahan yang mengarah pada perdarahan implantasi.Mengapa implantasi dapat menyebabkan kram? Telur yang telah dibuahi akan menempel pada lapisan rahim mengakibatkan kontraksi otot-otot rahim. Ketika kontraksi ini terjadi , ujung saraf akan terganggu dan menyebabkan nyeri yang terasa mirip dengan kram menstruasi . Kram bisa berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari .

4.Konsistensi

Perdarahan dari implantasi umumnya akan berlangsung selama satu sampai dua hari, tetapi beberapa wanita mungkin mengalami hal ini lebih lama. Setiap wanita dan kehamilan berbeda, sehingga lama perdarahan dapat bervariasi.Pada perdarahan implantasi, flek umumnya datang dan pergi. Sedangkan pada menstruasi perdarahan akan terus berlangsung sepanjang durasi penuh periode Anda ( biasanya 4-7 hari ). Flek/ spotting dapat disebabkan oleh banyak hal selain perdarahan implantasi. Sebagian besar penyebab flek umumnya tidak berbahaya, namun ada juga yang harus ditangani dengan serius. Jika anda sedang mencoba untuk hamil dan mengalami gejala seperti perdarahn implantasi, maka tidak perlu panik karena hal tersebut bisa jadi sepenuhnya normal. Kunjungi dokter anda untuk evaluasi lebih lanjut.

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi