Logo Morula
Kembali

Menilai Cadangan Sel Telur

/media/images/2016/07/25/cadanganovarium.png

Hasil pengujian cadangan ovarium atau ovarium reserve sering dipandang oleh pasien sebagai kabar baik maupun kabar buruk. Kabar buruknya adalah untuk pasien dengan cadangan ovarium yang rendah, kemungkinan suksesnya kehamilan atau suatu terapi infertilitas sangat terbatas. Ketika dihadapkan dengan informasi tersebut, pasangan perlu memahami lebih jauh apakah arti dari hal ini.

Apa cadangan ovarium atau ovarium Reserve?

Istilah "cadangan ovarium" mengacu pada jumlah sel telur seorang wanitadan sangat erat kaitannya dengan potensi reproduksi. Secara umum, semakin besar jumlah telur yang tersisa, semakin baik kesempatan untuk hamil. Sebaliknya, cadangan ovarium yang rendah mengurangi kemungkinan pasien untuk memperoleh keturunan.Namun demikian perlu dipahami bahwametode pengujian cadangan ovarium yang tersedia saat inihanya dapat menyediakan informasi jumlah sel telur yang tersisa,tetapi tidak dapat memberikan gambaran mengenai KUALITAS sel telur.

Sebagai seorang wanita, pasokan sel telur secara bertahap menurun dari waktu ke waktu hinggasel telur habis saat menopause. Bahkan sebelum kelahiran jumlah sel telur wanita mulai berkurang jumlahnya. Saat usia kehamilan mencapai 20 minggu, embrio seorang wanita mengandung sekitar tujuh juta telur. Saat lahir, jumlah telur sudah menurun hingga ±200.000. Jumlah telur terus menurun sesuai dengan usia seorang wanita, hingga tidak ada telur yang tersisa (menopause).

Untungnya, secara alami wanita dilengkapi dengan banyak pasokan telur ekstra. Jumlah telur yang dimiliki seorang wanita saat lahir jauh melebihi jumlah rata-rata siklus menstruasi yang akan dialami selama hidupnya. Karena itu, ketika perempuan menjalani perawatan kesuburan untuk meningkatkan produksi telur, tidak berarti akan mengalami menopause dini. Resiko menopause dini sama besarnya pada wanita yang menjalani perawatan kesuburan maupun yang tidak.

Usia seorang wanita merupakan metode yang paling sederhana sekaligus paling penting dalammemprediksi potensi reproduksinya. Walaupun pada teorinya ovarium akan bereaksi terhadap usia dengan cara tertentu, ada kalanya didapatijumlah cadangan sel telur tidak seperti yang diperkirakan. Itu sebabnya pemeriksaan cadangan ovarium adalah bagian mendasar dari evaluasi awal infertilitas dari segala usia.

Tedapat berbagai metode yang dapat dipergunakan untuk menilai potensi reproduksi seorang wanita. Metode tersebeut dibagi menjadi metode pasif maupun dinamis. Metode pengujian pasif melibatkan pengukuran kadar hormon pada periode tertentu tanpa dilakukan intervensi (pemberian terapi). Sedangkan metode pengujian yang lebih dinamis melibatkan stimulasi hormon melalui suntikan. Berikut adalah beberapa tes khusus untuk kedua metode tersebut.

Pengujian cadangan ovarium pasif:

  • mengukur tingkat FSH dan LH

  • mengukur tingkat estradiol

  • mengukur tingkat Inhibin-B

  • mengukur volume ovarium

Pengujian cadangan ovarium dinamis:

  • clomiphene citrate challenge test

  • gonadotropin-releasing hormone agonist stimulation test

Walaupun terdapat banyak metode untuk memperkirakan cadangan ovarium seorang wanita, hasil tes yang yang menunjukkan cadangan ovarium rendah atau terbatas harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan lebih lanjut dalam periode waktu tertentu. Hal ini dikarenakan pengalaman klinis terhadap berbagai tes tersebut masih berkembang. Cadangan ovarium dapat berbeda dari waktu ke waktu sehingga cara yang terbaik untuk mengkonfirmasi hasil suatu pemeriksaan adalah dengan melakukan pemeriksaan tambahan. Konsultasikan dengan dokter anda untuk melihat tes mana yang paling cocok dan paling bermanfaat bagi Anda.



Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi