Logo Morula
Kembali

Pentingnya Menyiapkan Kehamilan Bagi Orangtua

/media/images/2014/12/04/keluarga 9.jpg

Anak adalah hadiah terindah bagi pasangan suami istri. Tak bisa dipungkiri, kehadiran anak, begitu didambakan dan ditunggu- tunggu. Kehadiran buah hati diharapkan dapat memperkuat ikatan suami istri.

Sayangnya, bagi sebagian orang, punya anak tidak selalu mudah. Karena itu demi hadirnya seorang anak, apapun rela dilakukan.

Tubuh perempuan sudah dirancang sedemikian rupa untuk menjadi tempat bagi tumbuh dan berkembangnya janin, hingga dia lahir di usia yang mencukupi yaitu sekitar 37 sampai 40 minggu.

Kesehatan janin termasuk pembentukan organ tubuh dan kelengkapan anggota tubuhnya, sepenuhnya tergantung pada kesehatan calon ibu dan ayah. Itu sebabnya, persiapan kesehatan menyeluruh harus dilakukan oleh pasangan jauh-jauh hari sebelum menikah.

Persiapan kehamilan diperlukan untuk:

  1. Memudahkan terjadinya pembuahan atau konsepsi.
  2. Menjalani kehamilan yang sehat. Menghindari atau meminimalkan komplikasi kehamilan.
  3. Melahirkan bayi yang sehat.
  4. Mempermudah pemulihan setelah melahirkan.
  5. Menjalani masa-masa pasca-persalinan dengan lebih menyenangkan.
  6. Meminimalkan munculnya masalah kesehatan yang akan dialami bayi di usia dewasanya kelak. 

Yang tak boleh dilupakan adalah persiapan pranikah. Faktor ekonomi kerap menjadi faktor terpenting bagi pasangan yang akan menikah. Karir dan penghasilan bagus yang akan menjamin ketersediaan sandang – pangan – papan bagi seluruh keluarga, memang penting.

Tapi ada hal lain yang juga tak kalah penting, yang justru kerap diabaikan dan disikapi dengan “nanti sajalah, kalau sudah menikah” adalah masalah kesehatan pasangan, berkaitan dengan tugas reproduksi sebagai umat manusia.

Kebanyakan orang tidak sepenuhnya tahu kondisi tubuhnya secara pasti. Mungkin dia tampak sehat, padahal menyimpan masalah kesehatan yang tak terdeteksi, misalnya penyakit-penyakit infeksi atau penyakit keturunan.Bagi pasangan yang ingin menikah, pemeriksaan pranikah membantu mengenali lebih dini hal-hal yang berpotensi mengganggu kesehatan beserta risikonya dan kemungkinan berkembangnya di masa mendatang.

Pasangan yang bertalian darah berisiko memiliki anak yang lahir membawa kelainan-kelainan atau penyakit-penyakit genetik. Itu sebabnya penting dilakukan tes untuk mengetahui penyakit genetik yang mungkin mereka miliki dan membantu mengatasinya. Pemeriksaan pranikah merupakan serangkaian tes menyeluruh yang disarankan dijalani oleh pasangan yang akan menikah.

Dengan mendaftar di Morula IVF, Anda akan mendapatkan
informasi terbaru tentang bayi tabung dan bisa berkonsultasi
gratis dengan kami.
Daftar Sekarang
Pudah punya akun?

Masuk ke Akun Anda

Lupa Akun Anda?

Link reset password telah dikirim ke alamat email Anda.

Email tidak masuk? Kirim ulang disini!

Password Anda berhasil diubah.

silakan login kembali

Buat Sandi Baru

Buat Sandi Baru

Daftarkan Akun Anda

Silahkan menunggu

Punya pertanyaan?

Jangan ragu, kami akan menghubungi Anda

Ajukan untuk dihubungi